Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Bencana dan Konflik Sosial Membayangi Warga Disekitar TPA Burangkeng




REFORMASI-ID|Kab. Bekasi - Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan ( PRABU-PL)  mengamati kekacauan yang terjadi akibat over load sampah di TPA Burangkeng akan memicu bencana dan konflik sosial.

Ketua Persatuan Pemuda Burangkeng Peduli Lingkungan Carsa Hamdani mengatakan dengan tegas bahwa selama ini masalah overload TPA Burangkeng  tidak serius di tangani oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi sehingga masalah tak kunjung usai. 

Dia menyampaikan bahwa kemacetan dan antrian panjang sampai malam kemarin, Rabu 21 September 2022  menjadikan bertambahnya masalah dengan banyaknya warga wilayah desa lain terganggu kemacetan panjang  truk sampah. 

Ditambah lagi banyaknya  laporan warga bahwa sampah di TPA Burangkeng  sudah sangat menggunung dan tidak stabil, sehingga menjadikan rawan longsor dan dikhawatirkan rumah warga sekitar, serta  kantor UPTD TPA Burangkeng akan segera terkena longsoran sampah. Para pemulung dan operator Backhoe juga sangat beresiko dengan keselamatan mereka jika timbunan sampah tersebut sampai longsor. 


Selain itu kemacetan yang diakibatkan kekacauan dalam pengelolaan sampah TPA Burangkeng menjadi beban ekonomi tersendiri bagi para supir truk dan crew sampah karena harus seharian menanggung biaya operasional dan kelelahan.

Menurut Carsa, Bekasi Berani yang di gaungkan PJ Bupati Bekasi hanya euphoria tapi kenyataannya nol besar. Kenapa PJ Bupati Bekasi  tidak melakukan keberanian menyelesaikan masalah over load di TPA Burangkeng yang sangat  jelas secara kasat mata.  Kajian mandiri juga sudah kami berikan sebagai kontribusi kami membantu pemerintah kepada PJ Bupati untuk bahan pendukung dan mempermudah percepatan perbaikan kondisi TPA Burangkeng. 

Tapi apa yang terjadi ,  masih saja Pemerintah Daerah seolah tidak mau mengambil resiko dan malah pihak-pihak lain yang tidak tau apa-apa tentang TPA Burangkeng dilibatkan, ini aneh tegas Carsa.

Carsa Hamdani berpesan khusunya bagi pemerintahan Daerah Kabupaten Bekasi, Baik Bupati dan DPRD jika darurat sampah di TPA Burangkeng ini tidak segera mengambil keputusan yang taktis, strategis dan serius, maka bencana dan konflik sosial  sangat mungkin terjadi.

(Red)