Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Di Lokasi Vaksinasi Merdeka Kapolsek Jatisampurna Berikan Edukasi Manfaat Vaksin


REFORMASI-ID | Kota Bekasi -  Kapolsek Jatisampurna, Kota Bekasi, Iptu Santri Dirga, S.T.K, S.I.K. tinjau pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan di SD - SMP Yayasan Strada Nawar Jalan Raya Mes AL Kelurahan Jatiranggon, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Kamis (5/8/2021).

Pada saat peninjauan kapolsek Jatisampurna Satri Dirga turut menyapa dan memberikan edukasi kepada  warga termasuk para pelajar  terkait manfaat vaksinasi.

"Apa sih yang ditakuti, jangan takut, lagi pula vaksin itu aman dan halal, vaksin memang tidak membuat orang terhindar dari terpapar Covid, akan tetapi bagi orang yang sudah divaksin sebanyak 2x, hal tersebut dapat meningkatkan antibodi dan immunitas, jadi ketahanan tubuhnya tetap terjaga seandainya orang tersebut terpapar Covid-19," tegas Kapolsek.

Santri Dirga yang merupakan kapolsek termuda di wilayah hukum Metro Jaya itu menyampaikan bahwa Pemerintah bersama TNI-Polri akan terus bersinergi dalam upaya mensukseskan program Pemerintah pusat dalam mewujudkan Indonesia sehat Indonesia maju terbebas dari covid-19.

" Bersama pemerintah TNI dan Polri terus bersinergi mensukseskan pelaksanaan vaksin ini, kami juga di bantu Ormas, relawan, karang taruna, para Nakes dari berbagai universitas dan semua saja yang terlibat, tentunya kami sangat berterimakasih," ucapnya.

Kapolsek menjelaskan, "Dinamakan vaksin Merdeka karena momentnya tepat sekali di bulan Agustus kita memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, targetnya adalah nanti tanggal 17 Agustus itu sudah tercapai kondisi Herd Immunity ataupun kekebalan kelompok masyarakat Indonesia. Paling tidak 70 persen dari masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya di Kota Bekasi. Lebih khusus lagi wilayah saya sendiri yaitu Jatisampurna."


"Untuk di Jatisampurna sendiri Kita buka 5 Gerai yaitu, Kolam Renang Family Park Perum Citra Grand, Kelurahan Jatikarya, SD -  SMP Strada Nawar Kelurahan Jatirangga, SMUN 7 Kelurahan Jatisampurna, SDN Jatisampurna lll Kelurahan Jatiraden, SMK Yadika ll," lanjutnya.

Lebih lanjut, "Jadi kenapa 5 Gerai. Kita sesuaikan dengan jumlah Kelurahan yang ada 5, masing-masing Gerai sehari 200 orang jadi total ada 1000 sehari yang dialokasikan untuk warga Jatisampurna."

" Untuk vaksin pakai Astra Zeneca untuk dewasa atau 18 tahun keatas dan sinovac untuk 12 sampai 17 tahun. Nakes sendiri hasil kerjasama Polres Metro Bekasi Kota dengan beberapa sekolah, contohnya untuk di Jatisampurna sendiri ada STIKES Medistra, Universitas islam As-syafi'iyah dan ada Poltekes Kemensos Jakarta lll. Jadi ada 3 sekolah yang membantu kita menjadi vaksinator." Jelas Kapolsek.

Terkait sosialisasi, edukasi protokol kesehatan dan kegiatan vaksin, Santri Dirga menegaskan, "Selain pakai media sosial, ada moment penting yaitu saat pelaksanaan vaksin. Jadi saat orang di sekitar Gerai dan antri disitulah kita sosialisasi dan edukasi, kita berikan edukasi pada orang tua, pada anak-anaknya ataupun guru-gurunya. Selain itu kita dari Polsek juga turun ke rumah-rumah warga, jadi kita pro aktif memberikan sosialisasi dan edukasi."

Kapolsek berharap warga Kota Bekasi tidak ada lagi yang mengkhawatirkan atau takut terhadap vaksinasi, bagi warga yang belum melakukan vaksinasi, diharapkan untuk segera mendaftarkan diri melalui RT/RW dan Kelurahan setempat dengan melakulan proses screening terlebih dahulu.


Reporter: Agus Wiebowo