Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Ini Pesan Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Untuk Panwascam Pilkada




REFORMASI-ID | Jakarta – Anggota Badan Adhoc Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 se-kota Jakarta Timur resmi dilantik dan disumpah oleh Ketua Bawaslu Jakarta Timur, Willem J Wetik, pada Jumat (24/05/2024) di Hotel Vasaka, Cawang, Jakarta Timur.

Ketua Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur, Willem J Wetik, dalam sambutannya mengingatkan para pengawas untuk bergerak lebih sigap dan cepat dalam melaksanakan tugas pengawasan pemilihan serentak 2024, khususnya Pilkada di wilayah Jakarta. "Tahapan pemilihan sudah berjalan, oleh karena itu diperlukan kerjasama yang baik dengan stakeholder di kecamatan agar fasilitasi dari masing-masing kecamatan dapat terlaksana dengan baik dan mendukung kinerja Panwascam secara keseluruhan," ujar Willem.

Willem juga menambahkan bahwa dengan komposisi anggota Panwascam yang terdiri dari 9 orang baru dan 21 orang petahana, seharusnya tidak sulit untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang efektif dengan para stakeholder.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur, Ahmad Syarifudin Fajar, dihubungi via pesan WhatsApp, kepada para Panwascam yang baru dilantik Ahmad menekankan tiga poin utama yang harus diperhatikan oleh anggota Panwascam.

"Pertama, kalian harus lebih memahami terkait regulasi. Mau tidak mau, kita harus bergerak cepat karena tahapan sudah berjalan. Kalian sudah dilantik, maka nanti kalian akan menjadi rujukan bagi kawan-kawan PKD dan PTPS terkait permasalahan yang terjadi selama proses tahapan. Ini adalah sebuah tantangan, dan kalian yang sudah dilantik harus bisa menjawabnya," jelas Ahmad.

"Kedua, pesan moral yang ada dalam naskah pelantikan adalah sebuah konsekuensi yang harus diemban. Sudah sepatutnya bukan hanya menjaga marwah pribadi tetapi juga menjaga marwah lembaga," tambahnya.

"Ketiga, kerja kita selama pemilihan menggunakan hari kalender. Maka selama di kalender ada angkanya, itulah tugas yang harus kita jalankan," tutup Ahmad.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur, Faradilla, juga menyampaikan pesan kepada para Panwascam yang dilantik. Ia menekankan pentingnya penguatan kolaborasi dalam kerja-kerja pengawasan dengan sekretariat di masing-masing kecamatan.

"Yang lebih penting lagi, Panwascam terpilih harus memiliki integritas dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan pemilu. Diharapkan Panwascam bisa bekerja sama dengan baik, baik dengan sekretariat Panwascam maupun sekretariat di tingkat kota sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing, khususnya dalam membantu dan memperlancar tugas-tugas kesekretariatan," ujar Faradilla.

Dengan pelantikan ini, diharapkan proses pengawasan Pilkada 2024 di Jakarta Timur dapat berjalan lancar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

(Red)