Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Antusias Warga Jakamulya Beli Beras Murah SPHP, Pembelian Berjalan Tertib dan Lancar


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekas -  Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah mendapatkan alokasi pendistribusian kebutuhan pangan dari Bulog. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya kolaborasi antara Pemkot Bekasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat untuk mengadakan pasar murah bagi masyarakat. Seperti pemerintah Kota Bekasi yang menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di setiap Kecamatan se- Kota Bekasi, seperti yang dilaksanakan di Saung Bang Jupri RW 03 Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu 20/3/2024).

Dalam gelaran Gerakan Pangan Murah itu Herbert Panjaitan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian  dan Perikanan hadir langsung memantau pelaksanaan  GPM tersebut dan melihat langsung antusias masyarakat serta situasi alur antrian pembelian Bahan Pangan Pokok, terutama untuk antrian pembelian Beras SPHP 5Kg. 

Berdasarkan hasil pantauan langsung, Herbert Panjaitan mendapati bahwa antrian masyarakat saat membeli beras sudah berkurang dan terlihat tertib dan lancar. 

"Hari ini Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanaan menggelar Gerakam Pangan Murah, ini merupakan salah satu upaya menekan laju inflasi, dan merupakan bukti kehadiran pemerintah Kota Bekasi di tengah masyarakat. Yang kami rencanakan tujuh gelombang dan ini yang ke tiga kalinya yang kami rencanakan  sampai bulan Juni. Saat ini pelaksanaanya juga lebih teratur, tidak ada masyarakat yang berdesakan dalam mengantri karena alurnya sedemikian rupa diatur sehingga pelaksanaan lebih tertib," ujar Herbert Panjaitan. 

Sementara itu Menurut  Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, antrian yang berkurang mengindikasikan bahwa ketersediaan dan pasokan beras sudah mulai terkendali. Dalam pelaksanaan pembelian beras Camat juga memerintahkan untuk diprioritaskan Ibu hamil dan Lansia. 

"Seperti yang kita saksikan bersama bahwa antrian sudah mulai landai apakah ini juga sudah diindikasikan bahwa pasokan dan stock beras sudah mulai membanjiri pasaran atau bisa juga masyarakat sudah lebih bisa mengatur waktu dan strategi untuk memanfaatkan GPM,  dalam. Antrian sendiri diperioritaskan Ibu Hamil dan Lansia. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas  ketahanan pangan, pertanian  dan perikanan dan juga Bulog yang menyalurkan beras murah ke masyarakat, termasuk kepada ketua RW 03 yang telah menyediakan tempat dan juga warga masyarakat yang mau antri dengan tertib kami  ucapkan terimakasih," ujar Camat. 

Sebagai informasi tambahan, dalam GPM juga tersedia Bahan Pangan Pokok lainnya seperti Minyak Goreng, Daging Ayam, Daging Sapi, Gula Pasir, dan Telur dari para supplier dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau sebagai upaya stabilisasi harga.

Pembagian beras harga murah ini juga menjadi langkah nyata pemerintah Kota Bekasi dalam mendukung program pangan nasional dan memastikan ketersediaan bahan pangan yang cukup bagi masyarakat. 

Sementara itu, menurut H. Bahrudin Lurah Jakamulya, kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat. 

"Semoga kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti disini, pemerintah selalu hadir untuk warganya.  program bazar pangan murah bertujuan untuk mencegah inflasi, menurunkan harga pangan, sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat," kata Lurah. 

Masih kata Lurah," Kami ucapkan terima kasih kepada Perum Bulog atas bantuan dan kerja sama yang luar biasa ini dengan dilaksanakan bazar atau gerakan pangan murah yang diselenggarakan di seluruh kecamatan Kota Bekasi khususnya hari ini di Kelurahan Jakamulya Kecamatan  Bekasi Selatan. Semoga kerja sama ini dapat berjalan baik." Ucap H.Bahrudin. 

Acara  Gerakan Pangan Murah  tersebut dihadiri Herbert Panjaitan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Tati Hartati Kepala bidang ketersediaan dan distribusi pangan dinas ketahan pangan, pertanian dan perikanan, Karya Sukmajaya Camat Bekasi Selatan dan jajaran, Lurah se Kecamatan Bekasi Selatan, Pihak Bulog, berbagai pihak terkait seperti Koramil 01/ Kranji , Polsek Bekasi Selatan yang dihadiri Iptu Sugiman Panit 1 Binmas mewakili Kapolsek, Ketua FKRW, RT, RW, Bimaspol, Babinsa, dan para tokoh masyarakat setempat. 

Proses pembagian dilakukan secara tertib dan transparan untuk memastikan setiap keluarga yang sudah mendapat kupon mendapatkan beras yang sudah ditentukan. 

Dalam kegiatan Gerakam Pangan Murah, Kusnaeni salah satu warga RT 03 RW 012 Jakamulya  mengungkapkan kegembiraannya bisa membeli  beras dengan harga murah. 

"Ini lebih murah 2 kantong hanya 106.000, jelas lebih murah daripada dipasaran, semoga kegiatan seperti ini berlanjut, harga bis astabil apalagi ini menjelang bulan puasa, kami terimakasih juga kepada bapak lurah dan jajaran lainnya," ucapnya. (Agus W)