Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Tim Monev Kota Bekasi Sambangi Bintara Jaya Bekasi Barat, TP PKK Optimis Menang



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera,  maju serta mandiri,  kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Hal ini disampaikan Plt TP PKK Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto, saat menghadiri monitoring dan evaluasi 5 Lomba 10 program pokok PKK di Kelurahan Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat Senin (29/5/2020). 

"Mari kita sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah, PKK hidup tumbuh dari bawah, mari kita sejahterakan masyarakat kita sendiri, di sekitar kita, di sebelah rumah kita. Dengan perlombaan seperti dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pelaksanaan Gerakan PKK Keluarga Sehat, tanggap, dan tangguh. Para kader diimbau agar nantinya dapat mempraktikkan berbagai pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan tersebut, "jelas Plt TP PKK Wiwiek Hargono. 

Camat Bekasi Barat Gutus Hermawan Bersama Lurah Jakasampurna Edi Junaidi dan Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bekasi Kota Rizal Alghazza

Rifqiyanti Ketua TP PKK Kelurahan Bintara Jaya dalam ekspose program dan kegiatanya menyampaikan, bahwa dengan hadirnya tim monev program PKK dari Pemerintahan Kota Bekasi adalah untuk memonitoring dan menilai program - program PKK Bintara Jaya sebagai perwakilan Kecamatan Bekasi Barat. 

Menurut Rifqiyanti ada beberapa yang nanti akan dinilai oleh tim moitoring dan evaluasi dari Kota Bekasi yang sudah disiapkan seperti, Administrasi PKK dari sekretaris Pokja 1 sampai 4, Paredi (simulasi) Pola asuh anak di jaman era globalisasi, Rumah dilan (rumah ketrampilan) termasuk UMKM, Taman baca /perpustakaan, Aku Hatinya PKK (Amalkan, kukuhkan, halaman tertib indah dan nyaman), Toga (taman obat keluarga), rumah sehat dan Posyandu. 

"Semua kami laksanakan sesuai rencana dan program yang telah diatur, jadi kami optimis menang," tutur Rifqiyanti. 

Salah satu dan paling banyak menjadi objek penilaian ada di RW 004, semua tertata rapi, seperti saat memasuki objek penilaijan, Plt TP PKK Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto di sambut dengan prosesi pengalungan bunga oleh ketua RW 004 Ronny Indrawan dan  Ketua PKK RW 004 Karuniana. Selanjutanya yeyel yel di hati PKK.

Ibu-ibu PKK RW 004 dengan busana tradisional ala petani dengan caping menempel di kepala, dalam setiap moment mengikuti tim Monitoring dan Evaluasi, ibu-ibu PKK dengan setia membawakan lagu dengan lirik Ikan di dalam Kolam yang di populerkan oleh El Corona Gambus dan Madena Music, sampai-sampai asyik joget bareng dan mengundang reaksi Plt TP PKK Wiwiek Hargono Tri Adhianto yang memberikan hadiah bagi 3 orang pemenang dengan joget terheboh. 

Kesuksesan acara penilaian oleh tim Monitoring dan Evaluasi di Bintara Jaya tidak luput dari peran ketua RW 004 Ronny Indrawan. Dalam wawancara dengan LUGAS/MRI, Edy menyampaikan bahwa kesuksesan terjadi karena semua unsur berperan.

"Kegiatan ini kami siapkan matang bersama PKK, Posyandu dan semua yang ada di RW 004, semua telah kami penuhi dengan baik dan yakin serta optimis kami menang," tegas Sonny. 

Gutus Hermawan, Camat Bekasi Barat mengucapkan terima kasih kepada semua yang menghadiri kegiatan  Monitoring dan evaluasi dari pemerintah kota Bekasi.Ucapan terimakasih ditujukan kepada para tamu undangan yang memenuhi lokasi acara Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan tim dari kota Bekasi, yaitu para Lurah se-Kecamatan Bekasi Barat, ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Para Ketua RW, Ketua FKRW, linmas, BKM, LPM, ketua RT, Ketua Sektor Pokdarkamtibmas Bayangkara dan jajaran, Karang Taruna, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga.

Dalam wawancara dengan LUGAS/MRI, Lurah Bintara Jaya Sit Nurhayati, menyampaikan bahwa kesuksesan terjadi karena semua unsur berperan. 

"Kegiatan ini kami siapkan matang bersama PKK, Posyandu, para pengurus RW, RT maupun Karang taruna, jadi setelah ada pemberitahuan pak lurah, kami langsung berbenah dan mempersiapkan segala sesuatunya, alhamdulillah bisa terlihat saat ini, ya walaupun kekurangan itu pasti ada, sebagai ketua RW  kami  yakin Kami bisa menang karena semua syarat sudah kami penuhi,"  mengatakan, bahwa penilaian oleh tim monitoring dan evaluasi wilayah yang menjadi objek penilaian adalah Jakamulya yang merupakan wilayahnya dirinya merasa bersyukur dan bangga. 

" Kegiatan hari ini adalah kegiatan yang positif, bahkan bisa nanti wilayah lain mencontoh kegiatan serupa seperti di sini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, semua objek penilaian disiapkan dengan baik. Kami libatkan semua unsur yang ada.

"Jadi, target capaian realisasi dari TP PKK bisa lebih optimal, apalagi dalam kegiatan ini ditambah adanya produk UMKM, seperti minuman kelapaJeli, kembang teleng maupun produk kerajinan dari limbah dan lainnya yang merupakan produk warga sendiri, kita sudah berupaya  semaksimal dan berlaku yang terbaik, kita libatkan semua, tentunya sebagai lurah kami sangat berterimaksih kepada ketua RW, PKK, Posyandu  Karang taruna dan semua yang terlibat. Kita sudah berupaya memberikan yang terbaik, adapun hasil kita serahkan." tutup Siti Nurhayati.