Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Lebaran Betawi Dengan Tema "Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju"




REFORMASI-ID | Jakarta, Lebaran Betawi kembali digelar pada Hari ini & Besok di Monumen Nasional (Selatan Monas) dengan mengusung tema “Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju” yang menawarkan ragam atraksi khas sekaligus menjadi ajang silaturahmi untuk warga Jakarta. Sabtu, 22 Mei 2023.

"Di Lebaran Betawi ini, bukan hanya orang Betawi saja, tapi untuk semua warga Jakarta dapat bertemu dan saling berinteraksi, termasuk dengan  Pemda DKI,” jelas Riano P Ahmad, Wakil Ketua Majelis amanah persatuan kaum Betawi  dalam halaman akun resmi Instagram @dkijakarta.

Ahmad menjelaskan, Lebaran Betawi merupakan satu kegiatan kearifan lokal dari masyarakat Betawi dalam menyambut hari raya idul Fitri, dan disajikan berbagai atraksi yang digelar pada Lebaran Betawi ini antara lain "hantaran” atau “anteran" sebagai tradisi masyarakat Betawi saat Lebaran, yang digambarkan lewat kunjungan seorang anak kepada orang tuanya, atau orang yang lebih muda kepada yang lebih tua.

Atraksi lainnya yang disuguhkan seperti Pementasan lenong, Tari topeng, atraksi silat, Pameran foto jakarta zaman dulu, pembua an dodol, makan khas Betawi & ditutup dengan pemutaran film layar tancep.

Untuk hari puncak ada di hari Minggu besok mengingatkan CFD, dan  pertunjukkan dibuka dengan tradisi palang pintu yang dilanjutkan Parade Budaya Betawi meliputi ondel-ondel, rombongan penari, pesilat dan ditutup penampilan Lenong Betawi. Kang Joni mengucapkan terima kasih adanya festival lebaran Betawi ini, karena untuk mengingat sejarah Betawi dan menjadi motivasi anak anak muda serta memperkenalkan budaya budaya Betawi keanak anak kite.

Kang jon warga bekasi ini juga berantusia datang kemonas dari pukul 07:00 wib pagi, hanya ingin melihat seru seru di akhir pekan dimoment Monas, & kang jon juga mengharapkan tetap terus festival lebaran Betawi ini tiap tahunnya diselenggarakan.

Untuk warga Jabodetabek yang ingin menyaksikan gelaran Lebaran Betawi dapat mengunjungi Hari ini di Monas pada 20-21 Mei 2023 mulai pukul 08.00 WIB secara gratis. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner dan membeli ragam aksesori khas Betawi di lokasi itu.

Sebagai informasi, Lebaran Betawi merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) yang secara teknis pelaksanaan didukung Pemprov DKI Jakarta. (Joshua)