Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Rechecking di Kelurahan Jatibening Baru, Tim Lakukan Kunjungan Penilaian Terakhir



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Kelurahan Jatibening Baru (JBB) bersama dengan Kelurahan Jaticempaka terpilih mewakili Kecamatan Pondokgede dalam rangka Lomba Kinerja Kelurahan Tahun 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kota Bekasi. 

Penilaian untuk kelurahan Jatibening baru bertempat di Aula Kantor Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/03/2023). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah, kepala Bagaian tata pemerintahan Kota Bekasi Lia Erliani dan OPD gang terlibat dalam  penilaian, Danramil, Kapolsek, Lurah Sekecamatan Pondokgede, kordinator PP, korlap Satpol PP, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, Karang taruna, KNPI, LPM, BKM, PKK, Ketua RW, RT Karang Taruna dan para tokoh. 

Tim penilai Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Kota Bekasi tahun anggaran 2023 dari Setda Pemerintah 0kota Bekasi yang diketuai Kapala bagaian Tata pemerintahan, Lia Erliani. 

Tim penilai yang dipimpin Lia Erliani didampingi Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dan Lurah Jatibening Baru H. Mulyadi beserta staff, berkeliling meninjau langsung  wilayah yang menjadi objek penilaian. 

"Ini adalah lomba kinerja kelurahan tingkat kota Bekasi, dan yang masuk ke tahap penilaian untuk klarifikasi ke lapangan, ada 10 kelurahan, dan Pondokgede ini ada 2 kelurahan yaitu Jaticempaka dan dan Kelurahan Jatibening Baru," Kata Lia. 

Menurut Lia ada 3 kriteria penilaian pada lomba itu yaitu meliputi pelayanan Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

“Penilaiannya dilihat dari administrasinya, bagaimana kemudian lurah mampu membangun sinergi dengan seluruh komponen baik internal maupun eksternalnya, bagaimana dia membangun hubungan koordinasi dengan perangkat daerah, dengan atasannya,” imbuhnya. 

Lia kembali menuturkan bahwa Inovasi lurah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugasnya juga menjadi titik penilaian.

Lomba Kinerja Kelurahan ini dilakukan secara berjenjang, pertama penilaiannya dilakukan di tingkat kecamatan. dari masing-masing kecamatan kemudian mengirimkan 2 perwakilan untuk menjadi perwakilan masing-masing kecamatannya ke tingkat kota.

Dari 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi, hanya 10 kelurahan dari 8 kecamatan yang dinyatakan lolos seleksi sejak tingkat kecamatannya.

Sementara itu dalam akspose Lurah Jatibening Baru menyampaikan, bahwa Kelurahan Jatibening Baru selalu  bersinergi bersama tiga pilar, yaitu TNI, Polri, dan para OPD untuk memberikan pelayanan-pelayanan terpadu kepada masyarakat, serta pembangunan maupun kemasyarakatan menciptakan rasa aman dan nyaman.

Kelurahan yang dalam pelayanan yang dilakukan dengan cara jemput bola Selaras dengan tagline "MAJU" serta gotong royong.

Untuk klarifikasi lapangan, kelurahan Jatibening baru memiliki inovasi-inovasi yang di kunjungi tim penilai untuk dilakukan Rechecking. Adapun lokasi Klarifikasi Lapangan seperti disampaikan, yaitu di RW 06 Bank Sampah dan Pos Keamanan (Siskamling), dinRW 04 Kampung KB, RW 10 Posyandu, Rumah Sehat, UMKM dan Toga. 

“Kita disini sangat menyambut baik tim penilai, dan memang kita mempunyai potensi-potensi di wilayah kami, untuk di lombakan,” kata H.Mulyadi lurah Jatibening Baru. 

Namun, H. Mulyadi berharap kelurahan mendapatkan  juara, akan tetapi semua dikembalikan kepada juri, baginya peran aktif dari masyarakat Jaticempaka adalah hal yang terpenting.

“Yang terpenting lagi adalah kami dapat memberikan pelayanan terbaik juga kepada masyarakat, dan yang terpenting lagi adalah kami dapat memberikan pelayanan secara responsif disetiap waktu,” jelasnya. 

H. Mulyadi selaku Lurah Jatibening Baru  menambahkan bahwa lomba kinerja Kelurahan ini sudah di laksanakan mulai dari tahap awal sampai dengan hari ini  pengecekan langsung dilapangan.

Kita masuk 10 besar, ada beberapa RW yang kita unggul kan di sana dalam arti berkaitan dengan potensi yang ada walaupun se Kelurahan Jatibening Baru potensi nya memang hampir merata. 

"Tentunya ini atas kerjasama mulai dari RT, RW, PKK, Posyandu dan seluruh pihak dari stakeholder yang ada di Kelurahan Jatibening Baru sampai terwujud lah kami ini menjadi 10 besar yang sekarang dilombakan, mudah-mudahan hasilnya bisa maksimal," ungkapnya 

Kedepannya pastinya kita akan melakukan perbaikan-perbaikan, dengan hadirnya team kesini pastinya ada sedikit yang harus kita perbaiki.

"Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan baik dari segi pelayanan dan peningkatan UMKM nya agar Jatibening Baru ini menjadi kelurahan yang semakin maju," terangnya.

Di lokasi yang sama, Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah menyampaikan, kinerja aparatur kelurahan sudah baik. 

"Kinerja yang baik tidak hanya saat ada penilaian saja, namun peningkatan kerja harus menjadi budaya, adapun menang," tegas Camat. 

"Saya juga sangat apresiasi terhadap para penilai kinerja dari Kota Bekasi yang sudah sangat profesional dalam melakukan penilaian. Adapun untuk evaluasi penilaian ini akan membawa perubahan yang lebih baik lagi di kecamatan Pondokgede yang tentunya punya misi dan visi, itu harus terwujud dengan menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan profesional dengan alur pemikiran maju ke depan yang lebih baik lagi," Jelasnya. 

Penilaian hari ini adalah yang kedua setelah sebelumnya di Jaticempaka. 
Penilaian lomba kinerja kelurahan adalah simulasi untuk kita semua di wilayah. Sejauh mana tingkat pembinaan di wilayah itu berjalan. 

"Semoga kelurahan Jatibening Baru ini lebih optimal lagi dalam pelayanan. Lomba kinerja ini adalah bagaian terpenting dari pencapaian  capaian progres misi misi Kota Bekasi cerdas kreatif maju, sejahtera dan ihsan. dan yang paling penting sejauh mana pengabdian kepada masyarakat dan mengimplementasikan apa yang kita peroleh selama ini bahwa dengan lomba ini bisa melihat kondisi di masyarakat dapat terlayani dengan baik baik oleh Jajaran ASN maupun  non ASN sebagaimana penguatan fungsi-fungsi pemerintahan di dalam  pembangunan, pelayanan maupun pemberdayaan terhadapnya seluruh komponen masyarakat," Jelas zainal yang mengakhiri dengan sebuah pantun. 

Makan siang di Jatibening Baru, jangan lupa minum air madu, Sahabat Juri Jadi penentu, Semoga Jatibening Baru menjadi Nomor satu.

Slamet Prasetyo, sebagai ketua RW 006 Perumahan Sari Gaperi Kelurahan Jatibening Baru mengaku senang wilayahnya menjadi objek penilaian. Dirinya mengaku senang dan berterimakasih kepada semua pihak, dari plt Walikota Bekasi, Camat, lurah, PKK, Posyandu, karang taruna dan semua elemen masyarakat lainya. 

" Penilaian ini memacu kami untuk lebih optimal lagi dalam berbuat, kepercayaan sampai wilayah kami mendapat kunjungan dan diikutkan dalam penilaian berkat partisipasi semua, masyarakat yang selalu peduli untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan indah." Tutur Ketua RW.

Ketua RW yang pernah menyabet dua penghargaan dari Camat maupun Plt Wali Kota Bekasi ini sangat perhatian terhadap  lingkunganya, ramah terhadap sesama dan aktif dalam bersosial. 
Hal ini dibenarkan Kemat Sadli katua LPM yang saat acara penilaian mendampingi Slamet Prasetyo. 

"Alhamdulillah RW kita ini (pak slamet) yang mana beliau juga Ketua FKRW, beliau sangat aktif, sinergi dengan berbagai pihak berjalan lancar, aktif dan bisa memberdayakan potensi yang ada." tutup Kemat Sadli.