Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Ketua RW. 009 Duren Jaya Bersama RS Graha Juanda Gelar Penyuluhan Bahaya Kanker Payudara




REFORMASI-ID| Bekasi - Ketua RW. 009 Duren Jaya, Wiwit Subagyo S.kom bersama Dokter Spesialis Bedah, Rs. Graha Juanda Bekasi, dr. Lius Marson Ling Sp.B mengadakan penyuluhan, edukasi tentang bahayanya kanker payudara kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut bertemakan, "Deteksi Dini Kanker Payudara" yang berlangsung di Balai warga RW. 009, Duren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. Minggu (13-11-2022).

dr. Lius Marson Ling menjelaskan bahwa kanker payudara merupakan suatu jenis tumor ganas yang berkembang pada sel payudara. Kanker ini dapat tumbuh jika terjadi pertumbuhan yang abnormal dari sel-sel payudara. 

"Sel-sel tersebut membelah diri lebih cepat dari sel normal dan berakumulasi, yang kemudian membentuk benjolan atau massa," ungkapnya.

Lanjut dr. Lius, pada stadium yang lebih parah, sel-sel abnormal ini dapat menyebar melalui kelenjar getah bening ke organ tubuh lain. Ada terdapat beberapa faktor risiko yang diduga menjadi pemicu kondisi ini, yaitu:

Jenis kelamin wanita jauh lebih tinggi dibandingkan pria, usia yang bertambah paling banyak pada usia di atas 50 tahun dan mulai menopause pada usia lebih tua, yaitu setelah usia 55 tahun. Pada stadium dini penyakit ini dapat tidak menunjukkan gejala tertentu. 

"Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan 'SADARI' atau, Periksa Payudara Sendiri setiap bulannya,"imbuh dr. Lius kepada awak media.

dr. Lius Marson Ling yang tergabung dalam anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Ahli Bedah itu memaparkan, ada beberapa gejala kanker payudara yang bisa dialami pengidapnya.

Benjolan atau pengerasan pada payudara yang berbeda dari jaringan sekitar darah, perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan dari payudara, puting tertarik masuk (retraksi atau inversi) ke dalam serta benjolan atau pembengkakan di bawah ketiak.

Kabid Keperawatan RS Graha Juanda Bekasi, Ali menambahkan, di RS Graha Juanda semua alat lengkap, dari tempat tidur pasien hingga kamar tidur.

"Kira-kira kurang lebih ada 100 kamar tidur yang siap dalam menampung pasien," ujarnya.

Ali juga mengatakan respon cepat di UGD Rs. Graha Juanda Bekasi yang paling utama. Pihaknya dalam memberikan pelayanan tidak hanya yang ber KTP Bekasi namun juga dari luar daerah dapat dilayaninya dengan baik.

"Buat siapa saja, latar pekerjaan apa saja, seperti pemulung warga tidak mampu, kami dari RS Graha Juanda siap membantu mas karena disitu ada dana zakat yang diperuntukan bagi yang tidak mampu, rs graha siap mengcover,"beber Ali. 

Ketua RW. 009, Duren Jaya, Wiwit Subagyo sangat mengapresiasi tentang adanya acara kegiatan penyuluhan dan edukasi pencegahan dini kanker payudara tersebut.

"Edukasi tentang bahaya nya kanker payudara sangat penting. Bahkan penyakit kanker payudara juga bisa menyebabkan kematian, jadi sekali lagi, kami warga RW. 009  sangat berterima kasih dan mengapresiasi akan penyuluhan dan edukasi tentang bahayanya kanker payudara," ucapnya.

Wiwik Subagyo yang juga Ketua JPKP DPD Kota Bekasi berharap bagi kaum wanita khususnya ibu-ibu RW. 009 dapat mencegah terjadinya kanker payudara. 

"Mudah mudahan kedepan, warga yang sudah diberi Ilmu pengetahuan oleh dr. Ling bisa berguna dan bermanfaat dan bisa memberikan edukasi kepada warga yang lain,"tutur Wiwit subagyo mengakhiri.
(CP/red)