Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga Lansia Kelurahan Jakasampurna, Bertempat di Kantor RW dan Dilakukan Door to Door

Lurah Edi Djunaedi, Kasi kesos Harun, jajaran koramil, Ketua RW, Nakes, Pamor Foto bersama usai pelaksanaan Vaksin Lansia


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Aparat TNI dari Koramil 01 Kranji Kodim 0507 Bekerjasama dengan Kelurahan Jakasampurna melakukan kegiatan vaksinasi secara door to door kerumah warga dan vaksinasi bertempat di kantor RW 07 Jalan Anggrek Raya, Perumnas 1 Kelurahan Jakasampurna, kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Selasa (15/2/2022).

"Kantor RW ini sangat berguna, sangat bermanfaat, segala kegiatan sudah kami laksanakan dikantor ini, sebelumnya kami fungsikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19, dan hari ini di tempat ini berlangsung vaksinasi Lansia yang diselenggarakan oleh Koramil 01 Kranji Kodim 0507 Bekasi Kota," ujar ketua RW. 07, M Nasier.

"Setelah kami mendapat surat dari pak lurah Jakasampurna untuk memberitahukan kepada warga lanjut usia yang belum divaksin baik dosis 1 dan 2, selanjutnya kami bekerjasama dengan ketua RT untuk menkondisikan para Lansia mengikuti vaksin. Di RW. 07 itu kurang lebih ada 60 lansia dari 12 RT, dan sudah 60 persen yang sudah divaksin, dan untuk hari ini 23 Lansia yang divaksin, alhamdulillah berjalan lancar," jelas Nasir.

Hadir dalam kegiatan vaksin lansia, Edi Djunaedi lurah Jakasampurna, Harun, Kasi Kesos, Pelda Haryadi, Babinsa Jakasampurna, M Nasier, Ketua RW. 07 dan para pengurusnya,  Pamor RW. 07, Pamor RW. 08, Pamor RW. 011, Para ketua RT dan di hadiri dari Koramil 01 Kranji sebagai penyelenggara.



Sementara itu Pelda Haryadi, Babinsa Jakasampurna menyampaikan  bahwa kegiatan vaksin lansia diselenggarakan Koramil 01/Kranji Kodim 0507 Bekasi Kota, untuk menciptakan herd immunity.

"Acara ini diselenggarakan oleh Kodim 0507 bersama 4 pilar. Kami dari Koramil sebagai pelaksana dibantu tenaga kesehatan dari kodam. ini vaksinasi untuk lansia dengan vaksin Astrazeneca dosis 1. Tentunya kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan herd immunity. Kegiatan ini dilaksanakan di RW 07 kelurahan Jakasampurna. Dalam kesempatan ini kami ucapkan terimakasih atas kerjasamanya," tandas Haryadi.

Sukarno salah satu lansia usia 80 tahun yang tinggal di RT. 02, RW. 07 merasa senang didatangi lurah dan rombongan, walaupun awalnya kaget, dirinya merasa diperhatikan dengan kehadiran lurah Jakasampurna. Usai divaksin sukarno menyampaikan ucapan terimakasih.

"Saya senang sudah disuntik vaksin, terimakasih pak lurah, pak RW dan semua atas kehadiranya, semoga semua sehat ya," kata Sukarno.

Pelaksanaan vaksinasi lansia di kelurahan Jakasampurna dimanfaatkan oleh Edi Djunaidi, lurah Jakasampurna untuk sosialisasi kesehatan dan edukasi  bagi lansia dan warga yang ditemui saat kunjungan door to door ke rumah warga.

"Hari ini vaksinasi lansia yang diselenggarakan oleh Koramil 01/Kranji Kodim 0507 dan bertempat di kelurahan Jakasampurna, memang vaksinasi ini untuk memenuhi target Kemenkes, karena di Kota Bekasi ini Lansia yang vaksin masih dibawah 60  persen. Jadi pada prinsipnya pemerintah ini memfasilitasi warganya supaya tetap sehat dimasa pandemi,  jadi selain melakukan vaksin ditempat seperti dikantor RW ini, sesuai arahan PLT Walikota kami juga menyisir lansia door to door sesuai data yang ada. Karena kita semua tahu lansia itu usia yang sangat rentan,  jadi perlu dibantu. Adapun untuk lansia yang selama ini memiliki penyakit penyerta atau komorbid diharapkan kontrol dulu ke dokter, pastikan dokter memberikan keterangan layak vaksinasi," ujar Edi.

Lebih lanjut Edi Djunaedi menyampaikan, bahwa selain kegiatan vaksinasi lansia, disampaikan juga sosialisasi protokol kesehatan pada warga yang dijumpai saat door to door ke rumah warga.

"Jangan bosan-bosan melakukan sosialisasi protokol kesehatan,  patuhi 5M yaitu patuhi protokol kesehatan memakai masker, Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumuman, Menghindari kontak dan Membatasi  mobilisasi," pungkas Edi.

Reporter: Agus Wiebowo