Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah Bersama Dubes Azerbaijan Gelar Santunan Yatim Piatu dan Duafa



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi -Yayasan Indonesia sejahtera Amanah (INSAN) menggelar santunan rutin untuk anak yatim piatu dan duafa. Kegiatan santunan yang dilakukan oleh Lembaga sosial ini berlangsung  di Jl. Bintara 14 RT. 005 / RW. 009 Nomor. 33A, Kelurahan Bintara, Kecamatan, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Minggu (5/12/2021). 

Ketua umum Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah, Jumad Hernawan kepada media menyampaikan bahwa yayasan yang dikelola adalah lembaga sosial.

" Hari ini adalah kegiatan rutin sebenarnya, rutin kami memberikan santunan pada anak yatim piatu dan duafa. Hanya hari ini bagi kami sangat istimewa karena kedatangan  tamu Dubes Azerbaijan dan jajaran. Dan dari segi jumlah yang kami santuni hari ini lebih banyak." Imbuhnya. 

Lanjut jumad," Jadi kami ini bergerak dibidang sosial dan memiliki kepedulian tinggi dalam bidang Pendidikan, Sosial, Keagamaan, Kemanusiaan. Umumnya untuk masyarakat kurang mampu secara ekonomi, khususnya Yatim Piatu dan Dhuafa. Tugas kami disini mengarahkan agar menjadi generasi yang kuat berkualitas, sejahtera, amanah, peduli terhadap sesama, tentunya harapan kami terwujudnya insan Indonesia yang sejahtera, berintegritas, amanah dan peduli, acara hari ini sendiri acara silaturahim dan pembagian santunan seperti biasa, selain itu acara hari ini didedikasikan untuk H.E Mr. Heydar Aliyev (National Leader Azerbaijan) yang sudah almarhum."

Sebelum pemberian santunan, tausyiah oleh Ustadz Petir menyinggung bab santunan anak yatim piatu dan Duafa. 



" Islam sangat memuliakan anak yatim. Bahkan tercatat ada 22 ayat tentang anak yatim dalam Alquran," kata Ustadz Muhammad Rais. 

Lanjutnya, "anak yatim adalah seseorang yang kehilangan ayahnya sebelum mencapai usia dewasa. Menanggung anak yatim berarti mengurusi segala keperluan hidup, mengasuh, mendidik, dan menyantuni."  

Ustadz Petir kemudian mengutip firman Allah subhanahu wa ta'ala.  "Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah, " memperbaiki mereka adalah baik," (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Alquran surat Adh-Dhuha ayat 6, Allah SWT menyebutkan Nabi Muhammad SAW adalah seorang yatim.

"Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Ibnu Majah dikatakan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam, "Sebaik-baik rumah dikalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik, dan sejelek-jelek rumah dikalangan kaum Muslimin adalah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan tidak baik," terang ustadz.

Lanjutnya," Selain hari ini memberikan santunan juga kita kirimkan surat Al-fathehah, dengan mengirimkan surat Al-fathehah kepada ahli kubur, kepada Almarhum Mr. Heydar Aliyev National leader Azerbaijan, maka akan dilapangkan kuburnya, apalagi disini didoakan anak-anak yatim, Alam kuburnya akan terang benderang. Dan mari kami mengajak semua untuk memulyakan anak yatim, yang pada punya usaha santuni anak yatim, biar usahanya maju biar usahanya berkah."

Dalam tausiahnya Ustadz Petir juga menyentil Dubes Azerbaijan melalui penerjemahnya untuk membantu pembangunan Yayasan Indonesia Sejahtera Amanah yang dibangun di Tangerang.

Duta Besar Republik Azerbaijan, H.E Mr. Jalal Sabir Oglu Mirzayev dalam sambutannya mengungkapkan kegagumannya pada semangat anak-anak Indonesia. Jalal Mirzayev menganggap Indonesia adalah rumah keduanya. 

"Saya berterimakasih atas sambutan yayasan Insan, dan saya kagum semangat anak-anak Indonesia, semoga kedepan anak-anak ini bisa memberikan kontribusi yang baik bagi bangsa Indonesia. Selama dua tahun bertugas kami sangat mengagumi orang-orang Indonesia, kami sudah berkeliling Indonesia, kami kagum keramahan mereka. dan hari ini kami mencicipi  masakan khas Indonesia yang disuguhkan yayasan, kami makan beserta staf. Selain itu kami sampaikan bahwa pentingnya kenapa anak-anak harus diberikan  akses pendidikan, mereka itulah yang akan tumbuh dan memajukan negara Indonesia." Jelas Jalal Mirzayev. 

Keberadaan dan tumbuh kembangnya yayasan tak luput dari peran Donatur. Salah satu Donatur Puradi  yang biasa panggil Adi kepada media menyampaikan. 

"Sejak tahun 2017 saya sering ke yayasan Indonesia sejahtera amanah, dan sampai tahun 2021 ini saya lihat mengalami perkembangan yang bagus," ujarnya.

" Dalam kesenpatan ini saya sampaikan ke teman-teman untuk berbagi ke anak yatim supaya usaha-usahanya berkah," Tutup Puradi. 

Puradi adalah seorang pengusaha martabak Cimplung yang aktif dalam kegiatan sosial. 


Reporter: Agus W