Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Dokter Yenni Zulhamidah: Efikasi Vaksin Sinovac 3-6 Bulan

"Setelah itu lebih baik dilakukan vaksinasi lagi," ujar dr. Yenni.


REFORMASI-ID | Kesehatan - Koordinator tenaga kesehatan pada pelaksanaan Vaksinasi Merdeka gerai mandiri Ponpes Kanzul Mubaarok, dr. Yenni Zulhamidah, M.Sc, mengungkapkan kegiatan vaksinasi yang dilakukan di lingkungan ponpes pada Jumat (6/8/2021) sebagai upaya menciptakan herd immunity di lingkungan pesantren.

Dengan divaksin,  tujuannya ialah agar jika terpapar Covid-19 tidak terjadi keparahan dan fatalitas.

"Vaksin yang digunakan adalah Sinovac, dan sampai saat ini efikasi vaksin sinovac masih cukup memberikan perlindungan dari terjadinya keparahan dan fatalitas COVID 19 varian Delta," terang dr. Yenni.

Dikatakannya vaksin Sinovac harus dilakukan 2 kali karena untuk memberikan stimulasi pengenalan dan peningkatan sistem imun yang spesifik terhadap COVID-19.

"Vaksin 1 dan 2 harus sama untuk memaksimalkan tujuan kekebalan," kata dr. Yenni.

Lebih lanjut dr. Yenni menjelaskan, perlindungan vaksin terhadap tingkat keparahan dan fatalitas COVID-19 bisa 3 sampai 6 bulan.

"Setelah itu lebih baik dilakukan vaksinasi lagi," ujar dr. Yenni.

Adapun setelah divaksinasi masih bisa tertular COVID-19, dikatakannya dengan sudah tervaksin maka diharapkan dapat mengurangi tingkat keparahan dan mencegah terjadinya fatalitas.

"Dan kami berpesan bagi yang sudah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar memutus rantai penularan virus Covid-19. Bagi yang belum divaksin segera melakukan vaksinasi dan tetap menjaga protokol kesehatan," tutur dr. Yenni Zulhamidah.



Sebagaimana tampak pada saat kegiatan vaksinasi, warga tampak antusias mengikuti Vaksinasi Massal yang digelar DPD LDII Kota Bekasi yang bekerja sama dengan Polres Metro Bekasi Kota ini.

Ketua DPD LDII kota  Bekasi H. Ari Wijanarko mengungkapkan peserta vaksinasi mencapai 600 orang.

"Alhamdulillah animo masyarakat begitu besar, peserta vaksinasi ini 600 orang," ujar Ari.

Lanjutnya, "pelaksanaan vaksinasi ini dalam rangka mendukung program pemerintah. Bahkan sejak awal pandemi Covid-19 ini kami dari LDII terus mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan," kata Ari Wijanarko.

Apabila masih masih banyak warga belum vaksin dan banyak permintaan,  kegiatan vaksinasi massal bisa diadakan lagi.

Gerai mandiri Vaksinasi Merdeka Ponpes Kanzul Mubaarok dilaksanakan di lingkungan Ponpes di kelurahan Jatirasa, kecamatan Jatiasih Kota Bekasi, Jawa Barat.