Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Hari Bhakti Bhayangkara ke-75, Polsek Bekasi Selatan Gelar Vaksin Gratis 07-30 Juni 2021

REFORMASI-ID |  Kota Bekasi - Dalam rangka Hari Bhakti Bhayangkara untuk Negeri, memperingati  HUT POLRI ke-75, Polsek Bekasi Selatan gelar vaksin gratis untuk masyarakat. Kegiatan vaksinasi dilakukan dari tanggal 07 - 30 Juni 2021, setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Lokasi vaksin gratis di Polsek Bekasi Selatan,.Jalan Pulo ribung Raya, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan.

Kegiatan ini dilakukan untuk membantu percepatan program vaksinasi dan menekan angka Covid-19 sekaligus mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin. Seperti yang di sampaikan Kapolsek Bekasi Selatan, Kompol Imam Syafi'i, S.H.,  di lokasi vaksin mapolsek bekasi selatan ,Jumat (11/06/2021)
 
" Sampai dengan hari ini sudah hari yang ke-5 Polsek Bekasi Selatan menyelenggarakan vaksin gratis. Dan hari ini yang di vaksin warga Kelurahan Jakasetia dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Margajaya," tutur Kapolsek.

"Kegiatan ini dalam rangka menyambut hari ulang tahun kepolisian republik Indonesia yang ke-75, pimpinan memerintahkan kita untuk melaksanakan pelayanan kepada masyarakat berupa gebyar vaksin bagi masyarakat kecamatan Bekasi Selatan yang membutuhkan,  kemudian kita bagi kepada para bhabinkamtibmas untuk mendata wilayah Kelurahan masing-masing dengan kuota maksimal 50 karena memang kuota kita terbatas, kita sebenarnya mau untuk bisa melayani seluruh masyarakat, namun karena memang kemampuan kita terbatas, kita dibatasi setiap harinya 50 orang,  secara bergantian 5 Kelurahan. Dengan kegiatan ini tentunya untuk membantu percepatan program vaksinasi bisa menekan laju perkembangan vaksinasi dan menekan angka covid-19 dan mengajak masyarakat melakukan vaksin," jelasnya.

Lanjutnya, "Kami juga Memberikan kesadaran kepada masyarakat situasi pandemic ini sebagai salah satu ikhtiar kita untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat vaksin harus kita laksanakan, dan masyarakat harus ada vaksin dan lakukan untuk kebutuhan mereka sendiri.

Lebih lanjut Kapolsek menegaskan, "Pesan kami masyarakat jangan percaya kepada hal-hal yang belum tentu kebenarannya, ada berita bahwa vaksin dampak nya begini dampaknya begitu, ternyata tidak terbukti.Jadi ini memang sebagai salah satu ikhtiar pemerintah maupun kepolisian dalam rangka menyadarkan masyarakat. Kita di  Polres Metro Bekasi kota terdiri dari 9 Polsek, semua Polsek mengadakan vaksin gratis, jajaran polres juga tetap mengadakan, tapi kita juga menyadari untuk kompetensi pendidikan  bukan domain polisi, maka dari itu kami bekerjasama dengan dinas Kesehatan Kota Bekasi, dalam rangka menarik dalam pelayanan masyarakat, kita menyiapkan inovasi berupa Foto Booth, jadi masyarakat setelah selesai melaksanakan vaksin bisa bersua foto di sini supaya ada apa kenangan."

Apt.Yuliartha Ika putri. S.farm,. M.farm Kepala UPTD Puskesmas Margajaya, menjelaskan, hari ini adalah kegiatan vaksinasi warga dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara. Polsek Bekasi Selatan merupakan perpanjangan dari polres bekerjasama dengan puskesmas yang ada di wilayah kerja Polsek Bekasi Selatan untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi.

"Hari ini sesuai jadwal yang telah disepakati, kami tim UPTD Puskesmas Margajaya yang bertugas di Polsek Bekasi Selatan," ujar Yuliartha.

"Adapun Nakes yang kami turun kan 4 orang (dokter, paramedis, vaksinator, administrasi) APD yang kami gunakan masker, sarung tangan dan apron, untuk prosedurnya  yaitu, Pasien mengambil no.antrian, pasien di catat data diri sesuai KTP atau domisili," ucapnya.

Lanjutnya, "pasien ditensi dan skrining dari dokter tentang kondisi pasien saat ini riwayat penyakit yang diderita pasien, apakah lagi dalam pengobatan, apakah ada riwayat hipertensi, diabetes, asma, pengentalan darah, jika kondisi pasien sehat dan tidak ada penyakit yang menjadi larangan untuk divaksinasi. Pasien akan divaksin oleh vaksinator, setelah divaksin pasien disuruh menunggu 30 menit untuk observasi efek samping sambil menunggu kartu jadwal vaksinasi dosis 2, setelah diobservasi dan pasien tidak ada keluhan dan sudah menerima kartu jadwal vaksinasi dosis 2 pasien dipersilahkan pulang. Tapi jika pasien ada gejala efek samping maka akan di rujuk ke RS terdekat. Adapun Vaksin yang dipakai saat ini masih sinovac.
 
"Kami berpesan untuk yang belum divaksin tidak perlu takut untuk divaksin karena sampai saat ini belum ada kasus efek samping yang berat akibat vaksinasi Covid, lebih baik mencegah daripada mengobati, untuk masyarakat jangan lupa Prokes dan lebih baik menghindari kerumunan, jaga pola makan yang sehat, hindari stress karena stress dapat menurunkan imun, jika tidak terlalu mendesak harus keluar rumah lebih baik di rumah saja," tandas Yuliartha Ika Putri.

Sementara itu dua kakak beradik Audrey vanessa dan  Agrido william warga kelurahan Jakasetia usai di vaksin memberikan kesaksiannya.

"Kami sangat senang dengan adanya vaksin ini, semoga kedepannya seluruh masyarakat Kota Bekasi juga mendapatkan fasilitas tersebut."

"Untuk temen-temen yang belum vaksin ayo segera datang ke sini untuk vaksin," tambahnya.

"Kami juga ucapan terimakasih dengan adanya vaksin gratis ini. Terimakasih pada pemerintah, pada Polri dalam hal ini Polres Metro Bekasi kota dan Polsek Bekasi Selatan, dan juga terimakasih pada  para tenaga kesehatan dan semua pihak terkait, ini merupakan langkah besar untuk kita semua ,Ayo kita dukung vaksin," tutup Agrido William.

Reporter: Agus Wiebowo