Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Peringati Hari Bumi, Kodim 0507 Bekasi Bersama Tiga Pilar dan LDII Lakukan Karya Bakti Bersihkan Kali dan Penanaman Pohon


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Kodim 0507 Bekasi bersama Tiga Pilar dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Bekasi mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkan kali dan juga penanaman pohon. Kegiatan dilaksanakan di sepanjang Bantaran Kali Cakung , yang berlokasi di wilayah Bintara kecamatan  Bekasi Barat, Kota Bekasi, Minggu (21/4/2024).

Sebelum pelaksanaan kegiatan Karya Bakti dilakukan apel gabungan di halaman Pertokoan Duta Kranji, untuk menerima pengarahan dan pembagian tugas kerja seputar kegiatan Karya Bakti. 

Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait  didampingi jajarannya mengapresiasi sejumlah pihak terkait dan masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan penanaman pohon secara serentak diberbagai daerah di Indonesia.

“Kegiatan hari ini adalah Karya Bakti TNI dengan unsur pemerintah dan elemen masyarakat  tadi saat apel hadir 300an orang dan belum lagi yang hadir belakangan, jadi kegiatannya adalah karya Bakti sekali besar dalam rangka memperingati hari bumi sedunia yang jatuhnya 22 april, tapi karena hari ini minggu, jadi saya bersama para Camat,  para lurah, kepolisian dan semua unsur dan juga komponen masyarakat lainya melakukan penanaman pohon sejumlah 150 pohon dan juga kegiatan bantaran sungai dari semak dari belukar dan pendangkalan sungai. Saya mengajak moment yang baik ini kita gunakan untuk Karya Bakti, supaya kita lebih mencintai alam kita, lebih mencintai lingkungan kita dengan kegiatan-kegiatan positif ini ” tuturnya.

Selain itu, imbuh Dandim, gerakan menanam pohon merupakan salah satu upaya dalam menjaga lingkungan. 

"Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memasyarakatkan gerakan menanam dan memelihara pohon secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa, keberadaan pohon juga membantu untuk menjaga kesuburan tanah, mengurangi polusi udara, menahan laju air dan erosi, mencegah banjir, hingga menambah keindahan pemandangan. Sekali lagi, terimakasih kepada pihak-pihak yang telah ikutserta menyukseskan gerakan menanam pohon serentak secara nasional ini, tukas Dandim 0507 Bekasi kolonel Arm Rico Ricardo Sirait.

Ditempat yang sama, Camat Bekasi Barat Gutus Hermawan menyampaikan ucapan  terimakasih kepada Dandim dan jajarannya  yang melaksanakan kegiatan Karya Bakti di Wilayah kecamatan Bekasi Barat. Bahwa pelaksanaan Karya Bakti dilaksanakan Jajaran Kodim dan melibatkan tiga kecamatan, menurutnya karena Wilayah Koramil 01 Kranji meliputi tiga kecamatan yaitu Bekasi Barat, Bekasi Selatan dan Kecamatan Medan Satria. 

"Kesadaran mengenai kelestarian lingkungan harus ditanamkan sejak dini pada masyarakat dan harus berkelanjutan, bahkan sampai usia tua-pun kita harus terus diingatkan dan dikembangkan. Kesadaran sosial akan dapat ditumbuhkan melalui pemberian informasi tentang lingkungan, dengan harapan mampu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat sehingga dapat mewujudkan perilaku cinta lingkungan," jelas Camat. 

Tampak hadir dalam kegiatan Karya Bakti, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B S.,  dan jajaran, Danramil 1 Kranji Mayor Inf Choirul Anam beserta jajaran, Hadir dari jajaran pemerintahan, Camat Bekasi Barat Gutus Hermawan, Sekretaris Kecamatan Nurdin dan jajaran serta Lurah se kecamatan Bekasi Barat dan jajaran staf, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, Sekretaris Kecamatan H. Isnaini dan jajaran, Camat Medan Satria Widy Tiawarman dan jajaran, Kapolsek Bekasi Barat yang diwaliki dan para Bhabinkamtibmas, DBMSDA, UPTD Pematusan dan jajaran terkait lainnya , para tokoh koh dan warga sekitar. Tampak dari LDII, Ketua DPD LDII Kota Bekasi Ir. H. Ary Widjanarko, Sekretaris DPD Abd. Ro'uf Fahry, Wakil Sekretaris DPD Ir. Aswin Djuanda  Wakil Bendahara DPD, Ketua PC LDII Bekasi Barat H.Nur wahyi, ST, M.T., Ketua PC Bekasi Selatan Ir. H. Basri Borahima, Para Ketua PAC LDII se Kecamatan Bekasi Barat.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kota Bekasi H. Ary Widjanarko kepada media menyampaikan, bahwa kegiatan Karya Bakti berupa pembersihan bantaran kali dan penanaman pohon perlu dilakukan guna menghasilkan lebih banyak oksigen di bumi dan menekan terjadinya pemanasan global yang semakin parah belakangan ini. Ini juga sebagai bentuk komitmen LDII dalam menerapkan konsep Green Dakwah, yang menyelaraskan ibadah dan pelestarian alam lingkungan sekitar. 

"Kita semua berharap lingkungan menjadi bersih dan hijau, jadi nantinya pohon yang ditanam ini dapat tumbuh dan berkembang sehingga sepanjang bantaran kali ini bisa rindang dan tampak hijau, bumi lebih baik lagi dan tidak tercemar," Kata Ary Widjanarko.

H. Nur Wahyi Ketua PC LDII Bekasi Barat yang hadir dengan membawa 50 orang  dari LDII dalam kegiatan Karya Bakti mengatakan, bahwa memulihkan bumi bukan hanya karena peduli dengan alam, tetapi karena kita hidup di atasnya, “Kita semua membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung kehidupan dan kelangsungan hidup manusia, bumi yang sehat bukan hanya pilihan tetapi menjadi kebutuhan. Bumi yang sehat bukan hanya milik kita tetapi juga milik generasi mendatang, untuk itu wajib kita lestarikan," pungkasnya. (Agus W)