Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pawai Ta'aruf dan UMKM Meriahkan Pembukaan MTQ ke-XXV Tingkat Kota Bekasi


REFORMASI-ID 🇮🇩 Kota Bekasi - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXV tingkat Kota Bekasi berlangsung meriah di Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Selasa (7/11/2023). Pawai Ta-aruf dan aneka jajanan produk UMKM mengiringi dan menambah kemeriahan pembukaan acara tersebut.

Musabaqoh Tilawatil Quran XXV tahun 2023 dengan mengambil tema "Bangun Generasi Qur'ani Yang Tangguh Menjadi Garda Terdepan Menuju Bekasi  Ihsan"

Para peserta dari 12 kecamatan se-Kota Bekasi dan aparatur Pemkot Bekasi mendatangi kantor Kecamatan Bekasi Utara dengan karnaval. Sejumlah grup musik, seperti drum band, marawis dan berbagai alat musik lainnya mengiringi pawai Ta'aruf atau karnaval, selain itu diramaikan juga dengan aneka  jajanan makanan dan minuman dari produk UMKM yang tersebar di Kota Bekasi. 

Kegiatan pembukaan MTQ tersebut turut dihadiri oleh Pj. Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad bersama Sekretaris Daerah Kota Bekasi Junaedi, Kepala Perangkat Daerah, Sekretaris Perangkat Daerah, Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Dani Hamdani, Komandan Kodim 0507/Bekasi, Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Camat se Kota Bekasi, Lurah se Kota Bekasi, DMI, Baznas, Depag, MUI, Ketua Koni, para pimpinan ormas keagaaman, para alim ulama dan tokoh masyarakat.

Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kota Bekasi (Asda II) Dr. H. Inayatullah dalam laporannya menyampaikan, acara MTQ diikuti totl 223 peserta dari 12 kecamatan dengan memperreburkan piala Wali Kota Bekasi. Menurutnya kegiatan MTq bukan sekedar lomba mencari Hafiz dan Hafizah terbaik. Melainkan upaya kongkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Alquran sebagai pedoman hidup.

Tujuannya menggali potensi putra daerah untuk meraih prestasi di ajang MTQ yang dilaksanakan mulai dari 7 November  sampai 10 November 2023 ini," katanya.

Selain itu, sambung Inayatulalh, MTQ tingkat Kota Bekasi juga sebagai pengembang dan penguji kemampuan Qori Qoriah dalam memahami dan menghayati isi kandungan Alquran serta seni baca Alquran.

"Total peserta ada 223 dari 12 kecamatan se Kota Bekasi, terpilih Qori Qoriah yang terbaik setiap cabang nanti akan mewakili Kota Bekasi di tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024 di Kabupaten  Bekasi" ucapnya.

"Semoga acara ini berjalan dengan baik dan akan terpilih pemenang yang nantinya akan mewakili Kota Bekasi di tingkat Provinsi maupun Nasional," ungkapnya. 

Pj. Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad menabuh beduk sebagai tanda dibukanya MTQ XXV tahun 2023

Sementara itu Dalam sambutannya, Raden Gani Muhammad  Penjabat Wali Kota Bekasi mengatakan, bahwa MTQ tidak semata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran, namun juga menjadi kegiatan yang mampu mengedukasi umat untuk semakin baik dengan membumikan Al-Quran mengajak kesadaran beragama yang humanis dan terbuka, Setiap perhelatan MTQ di Kota Bekasi diharapkan menjadi energi penguatan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathaniyah, maupun ukhuwah Insaniyah. Ketiga ukhuwah dimaksud berlandaskan semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama, sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

"Nilai-nilai Islami dan spirit qurani harus dapat menjadi benih yang menumbuhkan sikap dan perilaku baik bagi insan muslim di Kota Bekasi, demikian pula dilingkungan keluarga, lingkungan sosial, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih luas, pada hakikatnya MTQ merupakan wujud keinginan membumikan Al-Quran dan menegakan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan bernegara," Jelasnya. 

Heni Setiowati Camat Pondok Melati Menyerahkan Piala Bergilir sebagai juara umum MTQ tahun 2022 kepada Pj. Wali Kota Raden Gani Muhamad

Di lokasi yang sama Camat Bekasi Utara Sumpono Brama mengatakan. 

"Dengan digelarnya MTQ ini merupakan hal yang sangat baik, ini bukanlah sekedar lomba untuk mencari Qori Qori’ah dan Hafiz Hafizah terbaik akan tetapi merupakan upaya menggali nilai nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an supaya dijadikan sebagai pedoman hidup," tutup Camat.