Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Dukung dan Tingkatkan Perekonomian Lewat UMKM, Lurah Jaticempaka Resmikan Bazar HEPI



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Kelurahan Jaticempaka berkolaborasi dengan Karang Taruna menggelar bazar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM sekaligus peresmian Bazar HEPI.Bazar dibuka dari sore hingga malam hari, bertempat di Halaman Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023). 

Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat yang memanfaatkan peluang tersebut untuk berbelanja.

Bazar yang berlangsung di depan Kelurahan Jaticempaka melibatkan pelaku UMKM Lokal di Jaticempaka dan sekitarnya  yang menjajakan sejumlah produk makanan, beragam permainan anak, serta menjajakan produk makanan siap saji, atau kuliner yang diproduksi langsung oleh para pelaku UMKM. 

Bazar yang diresmikan Selaras dengan tagline "HEPI", Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif.Bazar HEPI 2023 Libatkan 50 UMKM Resmi Dibuka Amir Lurah Jaticempaka. 
Bazar HEPI diprakarsai berkat kolaborasi pihak kelurahan dan karang taruna. 


Hadir pada acara tersebut antara lain Lurah Jaticempaka Amir dan jajaran, Babinsa, Bimaspol, Makmur Hartono Ketua FKRW kecamatan Pondokgede, Ketua UMKM kecamatan Pondokgede Damanuri, seluruh Ketua RW dan RT, para tokoh dan karang taruna. 

"Perlu kita sadari bersama, tidak ada orang lain yang dapat mengembangkan produk lokal UMKM melainkan kita sendiri, Kita bisa melihat, bagaimana adik-adik karang taruna telah berusaha dan berjuang keras mengadakan kegiatan  UMKM ini," ujar Supriyadi, Kepala seksi pemerintahan  ketentraman dan ketertiban umum Kelurahan Jaticempaka.

Usai meresmikan Bazar HEPI, Lurah Jaticempaka mengapresiasi dan mendoakan setiap pedagang UMKM agar usahanya terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa meningkatkan taraf hidup keluarga dan masyarakat.

“Gairah UMKM di Kota Bekasi khususnya Pondokgede ini luar biasa. Mereka ini sesungguhnya pilar ekonomi bangsa yang menjaga agar ekonomi nasional tetap bertahan di tengah hempasan krisis ekonomi global, tentunya dengan Bazar HEPI ini untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan membuat kondisi perekonomian bangsa kembali bergairah seperti sektor industri dan perdagangan, dengan demikian akan meningkatkan daya saing dan kualitas produk UMKM dan meningkatkan serta mengangkat kesejahteraan pelaku UMKM itu sendiri," terang Amir. 

Menurut Amir , seluruh elemen masyarakat, para pemangku kepentingan, khususnya pemerintah, wajib mendukung UMKM. caranya sediakan fasilitas, beri insentif, bantu pemasaran, permodalan hingga pendampingan dan pemberdayaannya.

“Dengan melihat perkembangan UMKM yang pesat,antusiasme peserta setiap kali ada Bazar, kami pihak kelurahan memfasilitasi tempat untuk para pelaku usaha. kebetulan tempat juga luas  bisa untuk parkir kendaraan dan berbagai kegiatan. Kami pihak kelurahan memfasilitasi tempat, silahkan dipakai bebas, yang penting tetap jaga keamanan, kebersihan dan kenyamanan, adapun untuk pelaksanaanya oleh Karang Taruna dengan suport berbagai pihak," Kata Amir. 

Setelah Bazar HEPI diresmikan Lurah Jaticempaka, selanjutnya Bazar akan digelar setiap hari jumat sore pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 Wib.


Arief Wibawa Mukti, Ketua Karang Taruna Kelurahan Jaticempaka

Karang Taruna dalam Usaha Ekonomi Produktif mempunyai peranan guna mendukung ketahanan ekonomi keluarga. Strategi pengembangan Karang Taruna meliputi pengembangan organisasi, pemodalan, sarana, prasarana, SDM, akses pasar, dan dukungan pemerintah.

Hal ini diungkapkna Arief Wibawa Mukti Ketua Karang Taruna Kelurahan Jaticempaka, karena menurut Arief dibutuhkan  kontribusi dan karya besar untu sebuah hasil. Oleh karena itu karang taruna siap berkolaborasi dengan siapapun termasuk dengan UMKM. 

"Sinergitas dengan berbagi pihak terjalin dengan baik di Jaticempaka, hari ini dan kedepan Karang taruna siap berkolaborasi dalam mengembangkan UMKM. Targetnya jika UMKM maju maka dapat menggerakan roda ekonomi. Terimakasih atas suport pak lurah dan semua pihak, sehingga karang taruna diberi ruang yang luas untuk berkeasi dan mengembangkan berbagai potensi," Jelas Arief.

Senada yang dikatakan oleh ketua Karang Taruna, sekretaris Karang  Taruna yang juga ketua pelaksana Peresmian Bazar HEPI, Muhamad Farizal mengungkapkan kebanggaanya ikut terlibat dalam berbagai kegiatan salah satunya Bazar UMKM. 

"Peresmian Bazar ini merupakan terobosan baru, goalnya membantu warga  dalam meningkatkan ekonomi melalui UMKM, semoga kedepan semakin ramai dan meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM, sehingga bisa meningkatkan ekonomi," ujar Farizal. 

Para pengunjung arena Bazar merasa senang dengan hiburan musik yang dipersembahkan Karang taruna dan berbagai macam Doorprize. Ditambahi lagi Abdul LatiLatief GP membawa Suasana Bazar HEPI dan hidup,  MC dari Karang Taruna itu di kenal ngocol, ngabolang dan  sedikit menggoda.