Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Bukti Nyata PT. Astra Internasional Mewujudkan Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Sumber Foto : Gramedia



REFORMASI-ID | Bekasi - Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang, bahkan perekonomian Indonesia terus mengalami peningkatan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II 2023 tercatat sebesar 5,17% (yoy), meningkat dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,04% (yoy), bahkan Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2023 mencapai kisaran 4,5-5,3%. Selasa, 03 Oktober 2023.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terus meningkat dengan peran serta pemerintah dalam menjaga dan mengelola kekayaan alam untuk kesejahteraan masyarakat, tentunya dengan dukungan dari perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Kehadiran PT. Astra Internasional salah satu publik perusahaan terbesar di Indonesia sudah membuktikan kepeduliannya membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal.

PT. Astra Internasional konsisten berkontribusi melakukan pengembangan dan pembangunan terhadap lingkungan melalui Kampung Berseri Astra (KBA) yang berbasis komunitas, mengintegrasi inisiatif 4 pilar dengan program kontribusi sosial berkelanjutan, yaitu, Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan.

Semua program tersebut ada dalam satu komunitas kampung, jadi masyarakat bersama Astra berkolaborasi untuk mewujudkan kampung yang bersih, sehat, cerdas dan juga produktif, tentunya dengan cara seperti ini bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ada di wilayah KBA.

Bukan itu saja, sembilan yayasan Astra juga turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia sekaligus mendukung masyarakat yang inklusif dan sejahtera. 

Dilaksanakan pertama kali pada tahun 2010, program  Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, telah mengapresiasi 565 pemuda Indonesia dari masing-masing bidang, terdiri dari 87 penerima tingkat nasional dan 478 penerima tingkat provinsi. 

Agus Panca Saputra, pria asal Kelurahan Layana Indah, Palu, salah satu tokoh penggerak KBA Layana Indah, mampu membangkitkan semangat warga Layana Indah agar kembali mandiri untuk mencukupi hidup setelah mengalami gempa berkekuatan 7,4 skala richter yang diikuti gelombang tsunami pada tahun 2018 lalu.

Dengan tekad yang bulat, Agus berniat memberdayakan kampungnya dengan mengajak pemuda untuk merubah nasib.

Mengembangkan potensi pilar kewirausahaan dikampungnya melalui usaha peternakan kambing dirasa cocok dengan kondisi alam KBA Layana Indah.

Berawal dari 5 ekor kambing, dengan memanfaatkan kondisi alam KBA Layana Indah yang mendukung untuk pertumbuhan kambing, tidak butuh waktu lama, Agus berhasil menambah kambingnya menjadi 24 ekor.

Dinilai kewirausahaan KBA Layana Indah dapat menopang untuk melanjutkan target Astra selanjutnya, yaitu, nol gizi buruk untuk program kesehatan, nol buta huruf untuk pendidikan dan lingkungan yang asri untuk program lingkungan.

Pada program kesehatan Astra, Agus menggandeng bidan dan kader Posyandu di Kelurahan Layana Indah untuk meningkatkan gizi anak-anak dengan mengadakan Posyandu dan pemeriksaan kesehatan rutin.

Sedangkan untuk program pendidikan, Agus membuka rumah baca berukuran 10×6 meter yang diperuntukan belajar membaca, hadrah dll.

Bahkan saat ini rumah baca Agus sudah dilengkapi fasiltas komputer dan internet gratis yang diberikan Astra, tidak hanya itu, beasiswa juga diberikan oleh Astra kepada anak-anak kurang mampu secara ekonomi, mulai dari siswa-siswi SD, SMP, hingga SMA.

Berlanjut ke program lingkungan asri, Agus memanfaatkan kotoran ternak KBA Layana Indah menjadi pupuk kandang untuk menyuburkan tanaman di lingkungan sekitar. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman obat dan sayuran juga sudah diterapkan di beberapa rumah warga.

Berbagai semangat pemberdayaan tersebut mendorong Astra untuk ikut berkontribusi menyokong kegiatan Agus dan para warga.

Semangat warga KBA Layana Indah sejalan dengan Astra 2030 Sustainability Aspirations dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Semua kontribusi yang diberikan PT. Astra Internasional kepada masyarakat, merupakan bentuk nyata dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena salah satu bentuk pertumbuhan ekonomi terlihat jika masyarakat sejahtera dan tingkat kemiskinan menurun.

(Wsn)