Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kobar RW 022 Kayuringin Jaya Bekasi Selatan Meriahkan HUT ke-78 RI dan Sederet Layanan Gratis




REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi   -  Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan instruksi kepada setiap kecamatan di wilayahnya untuk memberikan suatu inovasi yang berbeda satu dengan yang lainnya tapi bermanfaat untuk warga Kota Bekasi. 

Kecamatan Bekasi Selatan memutuskan untuk mencanangkan program bertajuk Kongko Bareng (Kobar) dan Pelayanan Publik, di mana sesuai dengan temanya, acara ini ditujukan untuk memudahkan akses warga Bekasi Selatan dengan berbagai layanan publik di Kota Bekasi. Kegiatan Kongkow bareng (Kobar) dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) dilaksanakan di Lapangan dan Taman Merdeka RW 022 Bumi Satria Kencana, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).


Tampak hadir dalam acara kongkow bareng dan pelayanan publik dalam 1 hari, Karya Sukmajaya, S.AP., M.Si Camat Bekasi Selatan dan jajaran, H.M.Sodik Wakil Ketua DMI PD Kota Bekasi/Ketua DMI PC Bekasi Selatan, kompol Jupriono, S.H., MM Kapolsek Bekasi Selatan yang diwakili, Danramil, Ketua MUI Bekasi Selatan, Ketua MUB Bekasi Selatan, FKUB, Para Lurah se-Kecamatan Bekasi Selatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Para Ketua RW, PKK, Posyandu, Ketua FKRW,  RT se-Kelurahan Kayuringin Jaya, Ormas SKNB, Pokdarkamtibmas Bhayangkara, RPK 2, Forkabi, Mitra Jaya, Pemuda Pancasila, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga Kelurahan Kayuringin Jaya. 

Zaenal Abidin , Kasie  Kesos Kecamatan Bekasi selatanan  menyampaikan, Kongkow bareng dan pelayanan sehari sekaligus dibuka gerai pelayanam merupakan wujud inovasi kecamatan Bekasi Selatan dalam melayani warga. 

"Kegiatan Kongkow Bareng ini  yang ke-5 dan bertujuan untuk  memudahkan pelayanan warga, selain itu warga bisa menyampaikan keluhan kritik dan saran langsung kepada Wali Kota Bekasi," ujar Zaenal. 

Eka Agusta Ketua Rukun Warga (RW) 022 menjelaskan, bahwa Kegiatan Kongkow Bareng, masyarakat langsung bertemu dengan Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menceritakan keluh kesah dilingkungannya. Selain itu ada berbagai pelayanan yang dilakukan dalam satu tempat dimana ini merupakan sebuah inovasi pelayanan dari Kecamatan Bekasi Selatan. 

"Kami ucapkan selamat kepada Bapak Tri Adhianto yang telah dilantik menjadi Wali Kota Bekasi, semoga beliau tetap amanah dan Bekasi tambah maju," kata Eka. 

Dalam acara tersebut Eka Agusta juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara kongkow bareng. Dia juga menginformasikan bahwa RW 022 Kelurahan Kayuringin Jaya juara satu Lomba  K3 (Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban) tingkat Kecamatan Bekasi Selatan. Eka Agusta juga menyampaikan bahwa wilayahnya memiliki lahan yang memerlukan pembangunan sarana olahraga, selain itu juga tempat pedagang yang lebih tertib.

Kegiatan Kongkow Bareng, Kecamatan Bekasi Selatan menghadirkan 49 layanan masyarakat dari yang sebelumnya  hanya 32 layanan, dan menghadirkan 19 pelaku UMKM setempat.
 
Yunindah Arlinasari, Ketua PKK RW 022 menyampaikan bahwa selain menjajakan produk UMKM TP PKK RW 022 juga bermain angklung.

" Alhamdulillah  semua produk ludes terutama es buah karena memang produk unggulan kami, selain itu kami bagi untuk tim seni angklung," ujar Arlinasari. 

Pada acara kongkow bareng, Puskesmas perumnas 2 Kayuringin Jaya mengisi kegiatan mobile VCT yaitu pemeriksaan deteksi penyakit HIV dan sifilis bagi pengunjung secara gratis. 

Drg. Ariska Agustina, kepala Puskesmas Perumnas Dua Kayuringin Jaya menyikapi  kondisi cuaca yang kurang baik, pihak puskesmas perumnas 2 menghimbau warga untuk menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah, menggunakan penutup kepala dan pelindung mata (kaca mata) untuk melindungi tubuh dari sinar matahari , dan memakai krim tabir surya untuk melindungi kulit dan wajah. 

"Warga jangan menganggap remeh air putih, supaya banyak mengkonsumsi air putih dan buah-buaha  
yang tinggi vitamin C," paparnya. 


Kegiatan Kongkow Bareng yang dirangkai dengan HUT ke-78 RI tambah meriah dengan tampilan paduan suara TP PKK RW 022, TP PKK Kelurahan Kayuringin Jaya dan tampilan para pelajar yang menampilkan Tari Ronggeng Menor, Tari Ronggeng Beken, Tari Rere, Pembacaan puisi dan tampilan hiburan lainnya. 

Menurut Karya Sukmajaya Camat Bekasi Selatan, Kongko Bareng ini merupakan inovasi daerah yang idenya dari para perangkat daerah dan ini untuk Kecamatan Bekasi Selatan.

"Program Ini sudah kita launching beberapa bulan yang lalu, pada saat beliau (Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto) ada kegiatan di Kecamatan Bekasi Selatan. Pada hari ini action-nya  dan ini sudah yang ke-5, artinya terakhir untuk tahun 2023 dan insyallah akan kembali diadakan di tahun 2024 tentunya dengan kemasan yang berbeda,” ujar Karya kepada LUGAS/MRI.

Camat Bekasi Selatan itu melanjutkan, ia menyadari betul bagaimana mereka bekerja untuk melayani masyarakat sehingga rasanya tepat bila layanan tersebut dapat diupayakan agar semakin didekatkan kepada warga. Pada acara Kobar ke-5 ini, pihak kecamatan menghadirkan layanan publik seperti:

1.UPTB Pajak dan Restribusi Wilayah
2.Bank BJB
3.Disdukcapil
4.UPTD Puskesmas KJ
5.Samsat kota Bekasi 
6.PJS Kesehatan
7.BPJS Ketenagakerjaan 
8.Dinas Koperasi dan
    UMKM
9.Dinas Tenaga Kerja
10.KPP Pratama
11.UPTD PLKB
12.Polres Metro Bekasi Kota
13.Polsek Bekasi Selatan
14.KUA Kecamatan
15.Rumah Sakit Mitra
      Keluarga
16.Klinik Parahita.