Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pelayanan Adminduk di RW 09, Bentuk Komitmen Jaticempaka Kecamatan Pondokgede Optimal Melayani Warga


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi menggelar pelayanan jemput bola (mobile), Bertempat di Lapangan Bulu Tangkis PB 69 RT 06 RW 09  Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (28/7/2023). 

Ratusan warga memanfaatkan pelayanan Adminduk berupa IKD (Identitas KTP Digital) yang sudah KTP elektronik, Pembaharuan KK (Berbarcod), KIA (Kartu Identitas Anak],Akta anak dibawah 60 hari, Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Totalnya mencapai 300 warga yang memanfaatkan pelayanan Adminduk hari ini, hanya pelayanan langsung hari ini 100 KK selebihnya nanti menyusul melalui RT/RW," kata Hasan Basri ketua RW 09 Jaticempaka saat di konfirmasi Wartawan.

Amir, Lurah Jaticempaka dalam kesempatan bincang dengan LUGAS/MRI mengajak masyarakat yang ada di kelurahan Jaticempaka khususnya RW 09 untuk mengurus Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dengan IKD, warga mempunyai dokumen kependudukan dalam bentuk digital, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), sebagai pengganti dokumen fisik. 

Menurut Amir pelayanan Kelurahan Jaticempaka dilakukan dengan cara jemput bola Selaras dengan tagline "HEPI" (Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif) serta gotong royong.

"Semua dilakukan oleh pihak kelurahan dengan aktif, seperti hari ini kolaborasi kegiatan pelayanan adminduk kolaborasi dengan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)," tutur Lurah.

Tampak hadir dalam pelayanan Adminduk, Sekretaris Kecamatan Pondokgede Yeni Suharyani,  Kasi Kesos Indah Indri Hapsari, Kasi Ekbang Muljana Sjamsumar, Lurah Jaticempaka Amir dan pejabat penting kelurahan lainnya, Ketua RW 09 Hasan Basri dan jajaran pengurus RW, para Ketua RT, Pamor, para tokoh masyarakat dan  warga.

Fitria, Dina dan Rini Warga RT 03 dan 04 yang hadir untuk mengurus KK dan akte merasa senang dan terbantu dengan adanya pelayanan Adminduk yang diadakan kelurahan Jaticempaka. 

"Anak saya ke-3 lahir saat pandemi Covid-19, waktu itu tidak sempat bikin akte. Jadi dengan adanya pelayanan hari ini saya sangat senang," tutur Rini. 

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Pondokgede Yeni Suharyani menjelaskan, bahwa pelayanan yang dilakukan kecamatan Pondokgede merupakan bentuk tanggung jawab dan kewajiban kami terutama pak Camat, bahwa pelayanan adminduk jemput bola ini mengena di masyarakat dan bermanfaat. 

"Sebenarnya semua pelayanan itu sama, sama-sama pasti mendapatkan adminduknya jika seluruh persyaratannya valid. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir tidak mendapatkan dokumen yang diinginkan, semuanya pasti dapat, dengan berbagai macam bentuk pelayanan yang telah kami berikan, jadi dengan pelayanan di RW seperti ini untuk mempermudah jangkauan dengan warga dan menjadi ajang silaturahmi juga. Saat ini juga masih banyak masyarakat yang belum mempunyai administrasi kependukan secara lengkap seperti putra-putrinya belum memiliki KIA, termasuk KK lama yang harus diperbarui. Kami sampaikan juga terkait pelayanan, kami di kecamatan juga ada pelayanan malam terpadu jumat barokah yaitu lempar jumroh hadir setiap jumat malam sabtu." Terang Sekretaris Camat. 

Sekretaris Kecamatan Pondokgede Yeni Suharyani  (baju merah) bergabung di antrian warga dan dengan telaten membantu warga yang bertanya

Kasi kesos kecamatan Pondokgede, Indah Indri Hapsari dihadapan antrian warga dalam pelayanan Adminduk menyampaikan, bahwa tertib administrasi kependudukan untuk pelayanan sosial kemasyarakatan dan semua urusan yang memerlukan administrasi kependudukan. 

"Kegiatan ini bertujuan mendekatkan Pelayanan Adminduk kepada masyarakat. Salah satunya, membantu warga agar tidak mengeluarkan biaya transportasi. Masyarakat juga lebih tertib dan mudah administrasi Kependudukanya. Masyarakat bisa lebih mudah dalam memanfaatkan berbagai layanan publik sehingga apapun permasalahan bisa langsung tersampaikan, semoga kegiatan seperti ini membantu dan bisa bermanfaat untuk masyarakat," pungkas Indah.