Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Lurah Jatibening Optimis RW 08 Menjuarai Lomba Kampung Tangguh Jaya Tahun 2023


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya 2023 Tingkat Kota Bekasi kembali dilaksanakan setelah sukses pada tahun 2022 lalu.Tim penilai memberikan penilaian di Prima Lingkar Asri, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/7/2023).

Dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi sekaligus Ketua Tim Pelaksana Penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya 2023 Tingkat Kota Bekasi, Lia Erliani beserta jajaran Tim Penilai lainnya seperti Kodim 05/07 Bekasi, Polres Metro Bekasi Kota, Dinas Kesehatan Kota Bekasi, DPPPA Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Satpol PP Kota Bekasi, DKPPP Kota Bekasi, Diskop UKM Kota Bekasi, Dinsos Kota Bekasi dan BPBD Kota Bekasi melihat potret dan menilai dilapangan secara langsung.

Ina Banowati ketua bidang 4  mewakili Plt Ketua TP PKK Kota Bekasi Wiwiek Hargono dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terselenggaranya acara rutin penilaian Kampung tangguh jaya. 

“Di tengah kesibukan para Camat, lurah, Ketu RW, RT, PKK semua menyempatkan untuk mempersiapkan  segala sesuatunya untuk mengikuti perlombaan. Tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan positif ini, kegiatan ini banyak memberi manfaat," Ujar Ina dalam sambutanya. 

Sementara itu Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah menyatakan rasa syukur dan senang dengan kehadiran tim penilai KTJ 2023 yang telah hadir untuk dapat menilai secara langsung RW terbaik yang telah dipilih menjadi perwakilan di Kecamatan Pondokgede yaitu RW 08 Kelurahan Jatibening. 

"Tentunya kami harapkan dengan ditunjuknya RW 08 dapat merepresentatifkan RW terbaik dan layak untuk dapat dilombakan dan bisa memenuhi kriteria instrumen penilaian lomba KTJ 2023 tingkat Kota Bekasi serta harapannya bisa lebih baik dari tahun sebelumya," ujar Zainal. 

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi sekaligus Ketua Tim Pelaksana Penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya 2023 Tingkat Kota Bekasi, Lia Erliani dalam sambutannya mengatakan tim penilai hadir langsung ingin melihat potret dilapangan bagaimana seluruh warga di lingkungan RW nya membangun, memberdayakan, memajukan lingkungan masyarakatnya sehingga menjadi RW yang tangguh sesuai dengan indikator Tangguh Kesehatan dan Kebersihan, Tangguh Stabilitas Keamanan, Tangguh Ketahanan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan serta Tangguh Penanggulangan Bencana.

"Tentunya RW 08 Kelurahan  Jatibening  yang telah ditunjuk oleh Kecamatan Pondokgede merupakan juara untuk kecamatan sehingga dapat mewakili wilayahnya di tingkat Kota Bekasi, jadi manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan tunjukan kepada tim penilai bahwa RW 08  pantas dan layak mewakili Kecamatan Pindokgede di tingkat Kota Bekasi, di RW 08 ini juga ada lahan fasos fasum yang dioptimalkan untuk kepentingan warga," ujar Lia

"Saya juga berharap dengan adanya lomba KTJ 2023 tingkat Kota Bekasi ini semoga kedepannya Kota Bekasi memiliki RW terbaik yang mandiri, nyaman dan tangguh untuk Kota Bekasi yang lebih keren" tandasnya

"Tahun ini Penilaian KTJ 2023 tingkat Kota Bekasi sedikit berbeda dikarenakan pelaksanaannya bersamaan dengan Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana, namun tetap memiliki Tim Penilai yang berbeda dan indikator tersendiri, "Jelasnya. 

Ketua RW 08  Sayuti melakukan ekspose dan paparan didepan seluruh Tim Penilai Lomba Kampung Tangguh Jaya 2023 tingkat Kota Bekasi dan secara langsung mendampingi tim penilai ke tempat masing - masing lokasi sesuai indikator penilaian.

"Semua kriteria  sudah kami persiapkan sesuai persyaratan, jadi kami berikan yang terbaik dan kami optimis bisa memenangkan penilain ini," Tegasnya. 

Sementara itu Jamaludin lurah Jatibening memberikan apresiasi tinggi kepada peran serta aktif masyarakat khususnya RW. 08 Prima Lingkar Asri. 

"Keberhasilan dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga diikutkan dalam lomba kampung tangguh jaya. Ini dilakukan dengan menggerakkan potensi sumber daya manusia di RW. 08 secara optimal dan tidak membebani. yang digerakkan  segala  potensi yang ada, maka dari itu kami samgat optimis akan meraih juara," ujarnya.

Lanjutanya, "Alhamdulillh respon semua elemen sangat baik, dari RT, RW, PKK, Posyandu, karang taruna dan semuanya, sebagai wilayah yang warganya tangguh dalam segala hal dan memenuhi 5 kriteria, tangguh kesehatan, tangguh ketahanan pangan dan UMKM, tangguh ketentraman dan ketertiban, tangguh penanganan bencana dan tangguh pengelolaan lingkungan. Jadi warga RW. 08 itu sudah sangat tertempa, dari situlah guyub warga terbangun dan tangguh dal segala hal, bisa dilihat betapa lingkungan sangat bersih, tanaman hijau dan penataan lingkungan yang tertata rapi dan lingkungan yang sehat." tutup Jamaludin.