Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Eratkan Silaturahmi, Warga RW 013 Graha Indah Gelar Halal Bihalal dan Presentasi Pengelolaan Sampah

REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Eratkan silaturahmi, warga RW 013 Perumahan Graha Indah, Kelurahan Jatimekar menggelar silaturahmi bertajuk halal bihalal dalam lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah dengan saling memaafkan, bertempat di Aula Masjid Jami' Jam'iyyatul Ummah, Perum Graha Indah, Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (7/5/2023).

Halal Bihalal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan. Saling memaafkan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan. Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal-nya, membuat umat Islam melebur kesalahannya dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi.

Halal bihalal  di Aula masjid Jami' Jami'iyyatul Ummah dihadiri Aditya Nugraha Plt Lurah Kelurahan Jatimekar dan Jajaran, DKM Masjid, Bhabinkamtibmas Aipda Rano Plambang Koro, Babinsa Sertu Mursidi, Polisi RW Aipda John Panca, Ketua RW 013 H. Saipulmarwan dan jajaran pengurus, para Ketua RT, para tokoh masyarakat dan agama, kader PKK, Posyandu, karang Taruna dan warga RW 013, menghadirkan juga pembicara, Hayu Prabowo selaku ketua LPLH dan SDA Majelis Ulama  Indonesia, Roffi Al Hanif dari kementrian Maritim dan Investasi, Khairul Saleh, ketua kolaborasi Yayasan Mesjid Raya Bintaro Jaya.

Ketua panitia H. Suroto dalam sambutannya menjelaskan, bahwa acara Halal Bihalal dan presentasi tentang Sampah merupakan kolaborasi DKM Masjid Jami' Jami'yyatul Ummah dan RW 013 Perum Graha Indah. Menurutnya Masjid merupakan bengkel moral dan RW merupakan paham implementasi kegiatan moral. 

"Mudah-mudahan silaturahmi yang terjalin baik ini dapat menimbulkan spirit untuk meningkatkan persaudaraan dan kebersamaan dalam pengelolaan lingkungan, dengan demikian tercipta saling memiliki yang dapat menimbulkan rasa kepedulian sesama kita," kata H. Suroto.

Ketua rukun Warga (RW)  013 Perumahan  Graha Indah H. Saipulmarwan menyampaikan, bahwa momen Halal Bihalal dirinya mengajak kepada semua warga RW 013 untuk saling memaafkan dan selalu menjaga kerukunan, kebersamaan dan saling membantu satu sama lain. 

" Atas nama pribadi, keluarga dan pengurus RW  kami ucapkan mohon maaf lahir batin apabila dalam sehari hari ada khilaf baik yang disengaja maupun tidak disengaja, kami mohon semua untuk saling memberikan pintu maaf yang sebesar besarnya," tuturnya. 

Menurut H. Saipulmarwan, tujuan Halal Bihalal saling menandakan dan mmperbaiki hubungan, bisa saying bertukar informasi, saling memberikan  masukan dari segi keamanan, kebersihan, kenyamanan.

"Supaya menjaga kerukunan, kebersamaan sehingga tercipta hubungan harmonis dan penih kedamaian," jelasnya.

Selanjutnya H. Saipulmarwan memperkenalkan para. Pengurus RW 013 periode 2022-2027 untuk maju kedepan dan mengikuti sesi foto bersama.

Sementara itu Aditya Nugraha Plt Lurah Jatimekar dalam momen Halal Bihalal juga menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi dan keikutsertaan warga dalam melaksanakan program pemerintah melalui kelurahan, salah satunya adalah membayar pajak. 

"Terima kasih kepada masyarakat atau wajib pajak yang sudah taat membayar pajak kalian adalah pahlawan pembangunan, namun demikian kami juga ingatkan bagi yang belum bayar pajak untuk tetap taat membayar pajak," ucap Aditya.

Kegiatan Halal Bihalal RW 013 Perumahan Graha Indah juga diisi dengan presentasi tentang bank sampah dan sedekah sampah yang disampaikan oleh Hayu Prabowo selaku ketua LPLH dan SDA Majelis Ulama Indonesia, Roffi Al Hanif dari kementrian Maritim dan investasi. yang akan manyampaikan program pengelolahan lingkungan secara Nasional dan Khairul saleh, ketua kolaborasi yayasan Masjid Raya Bintaro Jaya. 

Warga antusias mendengarkan presentasi yang disampaikan ke tiga narasumber, yang dalam pemaparanya menghimbau, para warga, gunakan kesempatan untuk memanfaatkan keberadaan bank sampah untuk lebih tau dan tepat sasaran dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan sampah.