Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pemberdayaan Ibu-ibu PKK Pondok Melati, Ikuti Pelatihan Decaupage Dalam Gelaran Kamis Kreasi




REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - untuk mewujudkan pelayanan yang prima dan meningkatkan sumber daya masyarakat, Kecamatan Pondok Melati menyelenggarakan pelatihan kerajinan seni menghias objek (Decaupage) dalam rangka pemberdayaan Ibu-ibu PKK, Kegiatan berlangsung di Aula Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (13/04/2023).

Sudarsono Sekretaris Kecamatan Pondok Melati, dalam sambutannya  menyampaikan bahwa kamis kreasi merupakan program kecamatan dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Program Kamis Kreasi yang dilaksanakan hari
Ini yaitu menggandeng Ibu-ibu PKK dalam rangka edukasi ketrampilan menghias, yang apabila ditekuni bisa menambah penghasilan, ini adalah bagain dari program pemberdayaan PKK," Kata Sekcam Sudarsono. 

Sementara itu Wieda Yusuf yang akrab dipanggil ibu Wida kepada LUGAS menyampaikan, hari ini kita belajar menghias Decoupage, yaitu seni menghias dengan cara menempelkan potongan-potongan kertas berwarna atau bergambar," kata Wieda. 

Seni yang memerlukan potongan-potongan kertas untuk kemudian ditempel pada medium tertentu dan dilapisi dengan pelitur. Decoupage terbuat dari kertas tisu bergambar atau disebut dengan napkin.

Pada pelatihan itu media yang dipakai adalah tas, clutch, dompet koin, kipas, tempat tisu berbahan daun pandan, botol minuman, toples kue, telenan, gantungan kunci dan tas dari daur ulang. Sedangkan alat dan bahan yang dibutuhkan adalah gunting, kertas, spon, hairdryer, napkin, lem deco, pernis/pelitur, cat dan media decoupage.

"Pelatihan ini menurut saya sangat baik diikuti, memang diperlukan ketelatenan dan kesabaran, tapi nanti sebanding dengan yang dihasilkan, menurut saya selain bisa untuk mengisi  waktu luang, ada nilai ekonominya juga. Sudah banyak uang punya usaha ini dengan memasarkan lewat online. Semoga pelatihan seperti ini bisa berlanjut dan disediakan waktu yang lebih panjang lagi sehingga langsung semua bisa praktek," Jelasnya. 

Kamis Kreasi Warga Pondok Melati dihadiri Camat Pondok Melati Heni Setiowati, Sekretaris Kecamatan Sudarsono, kasie, kasubag dan jajaran staf, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Kelurahan, Lurah Se kecamatan Pondok Melati dan Ibu-ibu PKK. 

Sementara itu Heni Setiowati, Camat Pondok Melati menjelaskan kegiatan kamis kreasi dilaksanakan setiap satu minggu sekali yaitu hari kamis, kami melakukan tergantung kebutuhannya. 
Bisa saja dalam pelaksanaanya bekerja sama dengan para instansi atau dinas terkait dan bisa juga memanfaatkan potensi yang ada. 

"Kamis Kreasi adalah rangkaian program Pondok Melati beraksi dalam memperluas pelayanan dengan didukung para Lurah. Kamis kreasi melakukan pelayanan dan melebarkan fasilitas pelayanan di beberapa kegiatan, termasum hari ini pelatihan ketrampilan untuk Ibu-ibu PKK dan yang berminat. Semoga kegiatan ini semakin mengedukasi dan meningkatakan sumber daya masyarakat kecamatan Pondok Melati." Tutup Camat.