Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Upayakan Pencegahan Banjir, Pemkot Bekasi Bangun Polder Air di Pondok Melati


REFORMASI-D 🇮🇩 | Kota Bekasi - Sejumlah pembangunan strategis di Kota Bekasi telah rampung dan Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meninjau langsung serta meresmikan setiap hasil pembangunan di 12 Kecamatan baik itu pembangunan sarana pendidikan, fasilitas pelayanan publik, revitalisasi ruang terbuka, sampai dengan pembangunan polder air sebagai upaya penanggulangan banjir.

Pada Jum'at (03/03), Tri Adhianto menyambangi wilayah Kecamatan Pondok Melati RT 07 RW 16 Komplek Candra Indah Jati Rahayu Pondok Melati   guna meresmikan pembangunan Polder Air Chandra di Kelurahan Jatirahayu. 

Upaya pencegahan banjir merupakan fokus kerja Pemerintah Kota Bekasi, maka dari itu dibuatlah polder-polder air di sejumlah wilayah yang beberapa waktu lalu juga sudah diresmikan seperti Polder Air Jatiasih dan Bantargebang. 

Polder air dibangun dengan perencanaan sedemikian rupa yang berfungsi untuk mencegah banjir dengan kelengkapan sarana fisik satu kesatuan pengelolaan tata air tak terpisahkan, yang meliputi: sistim drainase kawasan, kolam retensi, tanggul keliling kawasan, pompa, dan pintu air.

Dengan menggunakan sistem ini, satu kawasan akan terjaga jumlah airnya meskipun di musim penghujan. Kondisi seperti ini sekaligus membebaskan wilayah tersebut dari ancaman banjir. Di sisi lain di saat musim kemarau kawasan polder justru tetap menyimpan air, sebab sistem ini mengharuskan tersedianya waduk penahan air. Dengan adanya air tersebut maka kandungan air tanah di daerah ini masih terjaga di musim kemarau.

"Langkah-langkah pencegahan banjir juga terus dilakukan salah satunya dengan membuat polder air dimana segala perencanaan pembangunannya telah diurus dengan benar sehingga dapat terselesaikan dan terbangun kokoh serta aman berdasarkan site plan-nya," ungkap Tri.

Tri juga menyampaikan bahwa "pembangunan polder air merupakan suatu langkah preventif dan solutif dari kami untuk warga menanggulangi banjir, apalagi ketika memasuki musim penghujan, dan pastikan pengelolaan polder air ini berjalan dengan sebaik-baiknya," tutupnya.