Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Tim Rechecking Kota Bekasi Lakukan Penilaian di Kelurahan Jatirahayu

REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Kelurahan Jatirahayu terpilih menjadi salah satu Kelurahan yang mewakili Kecamatan dalam rangka Lomba Kinerja Kelurahan Tahun 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kota Bekasi. 

Penilaian ini bertempat di Aula Kantor Kelurahan Jatirahayu Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (14/03/2023). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pondok Melati Heni Setiowati, Lurah se kecamatan Pondok Melati,TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, Ketua Tim Penilai, Lia Erliani dan OPD-OPD yang terlibat di dalam tim penilaian, serta para tokoh masyarakat, LPM, BKM, PKK, Ketua RW, Karang Taruna dan para tokoh. 

Tim penilai Lomba Kinerja Kelurahan tingkat Kota Bekasi tahun anggaran 2023 dari Setda Pemerintah kota Bekasi yang diketuai Kapala bagaian Tata pemerintahan, Lia Erliani. 

Tim penilai yang dipimpin Lia Erliani didampingi Camat Pondok Melati Heni Setiowati dan Lurah Jatirahayu Ferry Prihadi Kurniawan beserta staff, berkeliling meninjau langsung  wilayah yang menjadi objek penilaian. 

"Ini adalah lomba kinerja kelurahan tingkat kota Bekasi, dan yang masuk ke tahap penilaian untuk klarifikasi ke lapangan. ada 10 kelurahan,” kata Lia Erliani.
 
Lia Erliani kembali menuturkan bahwa ada 3 kriteria penilaian pada lomba itu yaitu meliputi pelayanan Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

“Penilaiannya dilihat dari administrasinya, bagaimana kemudian lurah mampu membangun sinergi dengan seluruh komponen baik internal maupun eksternalnya, bagaimana dia membangun hubungan koordinasi dengan perangkat daerah, dengan atasannya,” imbuhnya. 

Lia kembali menuturkan bahwa Inovasi lurah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugasnya juga menjadi titik penilaian.

Lomba Kinerja Kelurahan ini dilakukan secara berjenjang, pertama penilaiannya dilakukan di tingkat kecamatan. dari masing-masing kecamatan kemudian mengirimkan 2 perwakilan untuk menjadi perwakilan masing-masing kecamatannya ke tingkat kota.. 

Dari 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi, hanya 10 kelurahan dari 8 kecamatan yang dinyatakan lolos seleksi sejak tingkat kecamatannya.

Sementara itu dalam akspose Lurah Jatirahayu Ferry Prihadi  Kurniawan menyampaikan, bahwa Kelurahan Jatirahayu selalu  bersinergi bersama tiga pilar, yaitu TNI, Polri, dan para OPD untuk memberikan pelayanan-pelayanan terpadu kepada masyarakat, serta pembangunan maupun kemasyarakatan menciptakan rasa aman dan nyaman. Inovasi dan keunggulan Kelurahan Jatirahayu dalam upaya pelayanan di Kelurahan  yaitu, Taman Patria Jaya yang merupakan taman Edukasi dan Pusat UMKM Kuliner Jatirahayu,  Santri Bijak Jati rahayu "Sampah Teratasi, Bisa Bayar Pajak" Bersama bank Sampah unit Jasutim 02, Rumah Sehat Jati rahayu, Koperasi Kelompok Usaha Citra Mandiri, Screening Kesehatan Jum'at (Si Keju), Pelayanana Jemput Antar Obat (Ibu Pejabat), selain ada kampung KB, puskesmas dan Kelompok Wanita Tani (KWT). 

“Kita disini sangat menyambut baik tim penilai, dan memang kita mempunyai potensi-potensi di wilayah kami, untuk di lombakan,” kata Ferry  Prihadi Kurniawan lurah Jatirahayu. 

Namun, Ferry berharap kelurahan Jatirahayu mendapatkan juara, akan tetapi semua dikembalikan kepada juri, baginya peran aktif dari masyarakat Jatirahayu adalah hal yang terpenting.

“Yang terpenting lagi adalah kami dapat memberikan pelayanan terbaik juga kepada masyarakat, dan yang terpenting lagi adalah kami dapat memberikan pelayanan secara responsif disetiap waktu,” jelasnya. 

Ferry Prihadi Kurniawan, selaku Lurah Jatirahayu menambahkan bahwa lomba kinerja Kelurahan ini sudah di laksanakan mulai dari tahap awal sampai dengan hari ini  pengecekan langsung dilapangan.

Kita masuk 10 besar, ada beberapa RW yang kita unggul kan di sana dalam arti berkaitan dengan potensi yang ada walaupun se Kelurahan Jatirahayu ini potensi nya memang hampir merata, cuma kita pilih beberapa dari UMKM, cagar budaya dan lainnya. 

"Tentunya ini atas kerjasama mulai dari RT, RW dan seluruh pihak dari stakeholder yang ada di Kelurahan Jatirahayu, terwujud lah kami ini menjadi 10 besar yang sekarang dilombakan, mudah-mudahan hasilnya bisa maksimal," ungkapnya 

Kedepannya pastinya kita akan melakukan perbaikan-perbaikan, dengan hadirnya team kesini pastinya ada sedikit yang harus kita perbaiki.

"Mudah-mudahan ini dapat meningkatkan baik dari segi pelayanan dan peningkatan UMKM nya agar Jatirahayu ini menjadi Jatirahayu yang hebat," terangnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Jatirahayu Yusty Qursunawati dalam paparanya menjelaskan bahwa 10 program pokok PKK di wilayahnya sudah berjalan dengan semestinya. 

Yusty menambahkan untuk
melaksanakan 10 Program Pokok PKK tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi, telah dilakukan oleh 4 Kelompok Kerja secara luwes dan koordinatif, yaitu :

1. Pokja I:
a. Bidang Penghayatan dan Pengamalan Pancasila;
b. Bidang Gotong Royong.

2. Pokja II:
a. Bidang Pendidikan dan Keterampilan;
b. Bidang Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

3. Pokja III:
a. Bidang Pangan;
b. Bidang Sandang;
c. Bidang Perumahan dan Tatalaksana Rumah tangga.

4. Pokja IV :
a. Bidang Kesehatan;
b. Bidang Kelestarian Lingkungan Hidup;
c. Perencanaan Sehat.

Di lokasi yang sama, Camat Pondok Melati Heni Setiowati menyampaikan, kinerja aparatur kelurahan sudah baik. 

"Kinerja yang baik tidak hanya saat ada penilaian saja, namun peningkatan kerja harus menjadi budaya, adapun menang, itu adalah bonus," tegas Heni. 

"Saya juga sangat apresiasi terhadap para penilai kinerja dari Kota Bekasi yang sudah sangat profesional dalam melakukan penilaian. Adapun untuk evaluasi penilaian ini akan membawa perubahan yang lebih baik lagi di kecamatan Pondok Melati yang tentunya punya misi dan visi, itu harus terwujud dengan menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan profesional dengan alur pemikiran maju ke depan yang lebih baik lagi," Jelas Heni. 

Menurut Heni lomba ini merupakan media kami untuk memperbaiki kinerja, memperbaiki tata kelola administrasi dan pelayanan 

"Semoga apa yang kami upayakan bisa membangkitkan semangat untuk memperbaiki di kelurahan lain walaupun saat ini belum bisa mewakili di tingkat kota namun harapan nya ke depan bisa lebih baik lagi" terangnya 

"Apa yang sudah di siapkan oleh teman-teman, Kelurahan Jatirahayu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan semoga kalau ada kesempatan untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya kami akan berupaya untuk lebih baik lagi," Pungkasnya.