Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Cegah Warganya Ikut Tawuran, Pengurus RW Gencar Patroli Malam


REFORMASI-ID | Jakarta - Pengurus RT dan RW 05 Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara melakukan Patroli keliling ke beberapa titik tempat kumpul remaja. Kegiatan tersebut untuk mencegah aksi tawuran.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan surat himbauan yang dikeluarkan Lurah Semper Barat Nomor 78/AT.00.00/21 Maret 2023 tentang Pengurus RW untuk membentuk posko Aman Tertib Ramadhan disetiap lingkungan.

Ketua RW 05 Semper Barat Lukman mengatakan, pihaknya telah membentuk dua Posko ditempat strategis yang rawan dengan aksi tawuran saat bulan Ramadhan.

"Kita sudah bentuk dua Posko untuk mencegah aksi tawuran yakni, di RT 010 dan RT 013," kata Lukman saat ditemui di Posko usai melakukan Patroli, Sabtu (25/3) dini hari.

Namun demikian, Lukman menambahkan, untuk menciptakan wilayah agar tetap kondusif, kita melakukan Patroli keliling ke beberapa tempat yang dijadikan tempat berkumpulnya para remaja saat menunggu sahur.

"Kita juga melakukan patroli keliling ketempat rawan tawuran dengan tujuan untuk mempersempit ruang gerak pelaku tawuran," ujarnya.

Menurutnya, dengan memberikan himbauan kepada para pemuda, minimal bisa mencegah warga terlibat tawuran.


"Kita selalu memberikan himbauan kepada para remaja agar tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul ditempat yang rawan tawuran," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para orang tua untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak agar tidak terprovokasi ikut tawuran.

"Kami juga memberikan himbauan kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak terlibat tawuran," tandasnya.

Hal senada disampaikan oleh Lembaga Musyarawah Kelurahan (LMK) Semper Barat Syarif Hidayatullah, dengan adanya giat patroli kewilayahan bisa meminimalisir aksi tawuran.

Menurutnya, aksi tawuran saat bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi bagi para pemuda, lantaran percikan tawuran sering terjadi pada saat anak remaja membangunkan waktu sahur.

Selain itu, kata Dayat, kegiatan patroli saat bulan Ramadhan dapat menjalin tali silaturahmi antar sesama pengurus.

"Selain mengantisipasi tawuran antar warga, kegiatan tersebut juga dapat menjalin tali silaturahmi antar sesama pengurus," ucap Dayat mengakhiri.

[TB]