Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Meski Baru Dilantik, Pengurus Paguyuban UMKM Wibawa Mukti Sudah Lama Kerja Nyata Kembangkan UMKM



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Pelantikan Pengurus Paguyuban Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wibawa Mukti Periode 2022-2026. Kegiatan pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis  (15/12/2022).

Dengan hari ini melaksanakan pelantikan pengurus UMKM, bukan hanya pelantikan saja yang digaungkan, tetapi bagaimana dalam mengembangkan bisnisnya, para pelaku UMKM di Kota bekasi khususnya di Kelurahan Jatisari Kecamatan Jatiasih ini bisa naik kelas bahkan bisa sampai ke dunia Internasional.


Hal itu disampaikan Toto Yulianto Kabid Usaha Mikro dan Fasilitas UMKM Dinas Koperasi & UMKM Kota Bekasi. 

"Sebagai kumpulan UMKM, Pengembangan itu penting, dan itu salah satu peran dari dinas, artinya kami siap kapan melakukan pengarahan terkait UMKM, kirimkan surat dan jadwalkan, kami akan selalu siap mengadakan pembinaan. Karena untuk naik kelas semua diperlukam legalitas No Induk Berusaha (NIB) termasuk Surat Keterangan Binaan (SKB). Setelah dua itu lengkap nanti bisa mengikuti kegiatan di dinas Koperasi, misal bagaimana bisa bikin kemasan yang bagus dan mengandung nilai jual, sertifikat halal, NRP atau TDP, dan bagaimana dalam pemasaran produknya. Semua mengarah bagaimana kita mempersiapkan diri agar produk UMKM masuk pasar  nasional maupun internasional,” jelasnya.

Sementara itu Yayan Sopiandi, S.Ag Lurah Jatisari dalam sambutanya menyampaikan  terimakasih dan rasa bangga dengan digelarnya acara pelantikan pengurus UMKM di Kelurahan Jatisari. Hal ini sesuai dengan tujuan giat ini digelar, yakni untuk memberikan motivasi pada para pelaku UMKM dan melegalkan kepengurusan yang ada, yang pada akhirnya menjangkau ke yang lebih luas lagi yaitu ada pembinaan.

"Saat pandemi terjadi di tahun 2021  BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro yang merupakan salah satu jenis Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) yang diberikan oleh pemerintah dengan menyasar para pengusaha mikro, kecil dan menengah. Terdaftar 453 orang penerima BPUM di Kelurahan Jatisari, nanti di cek apakah mereka masih buka usaha atau tidak, apa kendalanya dan bagaimana usahanya. Nanti bisa di cek, ataukah mereka dimasukkan dalam paguyuban. Semoga dengan dilantiknya kepengurusan paguyuban UMKM, UMKM di Jatisari semakin  maju dan berkembang," kata Yayan Sopiandi.

Hadir dalam pelantikan pengurus Paguyuban Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Toto Yulianto Kabid Usaha Mikro dan Fasilitas UMKM Dinas Koperasi & UMKM Kota Bekasi, Camat Jatiasih Ashari,S.T.,M.M, Lurah Jatisari Yayan  Sopiandi, S.Ag, para kasie dan staf Kelurahan Jatisari, Wahyudi Ketua Paguyuban UMKM Wibawa Mukti dan Jajaran pengurus, Nurdin owner Kemasan Jawara, Kader PKK, kader Posyandu, LPM, BKM, Ketua RT, Ketua RW, Karang Taruna, para tokoh masyarakat dan pelaku UMKM.

Dalam  kegiatan pelantikan pengurus UMKM Wibawa Mukti dihadirkan Nurdin sosok Inspiratif pengusaha muda kemasan Jawara. Nurdin dihadirkan dalam bincang santai untuk sharing dan menambah pelaku UMKM semangat untuk berwirausaha, karena menjadi pengusaha yang sukses adalah sebagian besar keinginan masyarakat yang hidup di masa industri sekarang ini.

"Siapa yang tak ingin menjadi mapan di usia muda sebagai seorang pengusaha. Sayangnya, tidak semua orang dapat meraih kesuksesan tersebut dengan mudah. Perlu usaha yang besar dan pengorbanan yang bukan saja materi, waktu tetapi juga pikiran," kata Nurdin.

Dalam kegiatan pelantikan pengurus UMKM, dihadirkan para pelaku usaha dan para tokoh di Jatisari. Selain itu pengunjung dan tamu yang hadir bisa mengunjungi stand bazar telor murah, satu kantong isi 8 butir dengan harga 10 ribu rupiah. 

"Dalam acara ini kami hadirkan para pelaku UMKM seperti Budidaya lele, gurame, nila, selain itu ada pengrajin rajut, produk makanan seperti gemblong manis pedas, risol dan lain-lain. Dan yang tak kalah menarik kami siapkan juga telor dengan harga murah.  karena saat ini harga telor di pasaran Rp 32 Ribu hingga i RP 33 ribu per kg," kata Aan Setiaji Ketua panitia pelantikan.

Usai acara pelantikan Pengurus UMKM, Wahyudi yang didapuk sebagai ketua paguyuban mengungkapkan kepada wartawan, dirinya merasa bangga dan terharu  dengan terlaksananya kegiatan ini. Menurutnya kegiatan pelaku UMKM itu sudah lama berjalan hanya belum ada wadahnya. Respon baik dari Pak lurah sehingga acara ini terlaksana dengan baik kami sangat berterimakasih. Kepada semua pengurus, semua pelaku usaha dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini kami ucapkan terimakasih. 

Pengusaha Seafood 99 ini merasa bangga dan bersyukur dengan terbentuk dan dilantiknya  pengurus UMKM Wibawa Mukti. 

"Semoga dengan pelantikan hari ini, semua terwadahi dengan baik, UMKM di Jatisari semakin berkembang dan maju," Kata Wahyudi.

Acara pelantikan pengurus UMKM tambah meriah tapi khidmat dengan tampilan Budaya Ronggeng Beken dan seni beladiri pencak silat monyet putih. 

Sementara itu Camat Jatiasih Ashari,S.T.,M.M sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Ia juga berharap UMKM yang ada di Kota Bekasi khususnya Jatisari Jatiasih semakin berkembang pesat dan naik kelas. 

"Sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga pelaku UMKM membranding dirinya menjadi produk yang bagus, UMKM Jatisari bisa naik kelas kedepannya, UMKM  semakin optimis dalam mewujudkan ekonomi kreatif pada skala nasional bahkan internasional, memiliki produk yang punya daya saing hebat," kata Ashari yang menutup dengan sebuah pantun. 

Ke Mekarsari dari kemarin
Datang kemari Ngiketi kawat
Lurah Jatisari memanglah keren 
Seni budaya selau dirawat