Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Iropin Cabang Kota Bekasi Bagikan Kacamata Gratis, Ini Pesan Daeng Karna


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Ikatan Profesi Optometris Indonesia (Iropin) menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) pemeriksaan mata, penyuluhan kesehatan mata sekaligus pemberian kacamata gratis bagi anak-anak sekolah di SD Negeri Sumur Batu ll, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022). 

Bakti sosial dalam rangka HUT ke-50 Iropin dan Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh pada Tanggal 13 Oktober.

Ketua Iropin Cabang Kota Bekasi Daeng Karna, A.Md.RO mengatakan, sebanyak 600 siswa dilakukan proses skrining hari ini, yang nantinya akan dibuatkan kacamata gratis bagi siswa terdeteksi minus dan silinder dan apabila tidak ada kelainan atau normal siswa langsung dibolehkan pulang.


"Kegiatan ini bisa dikatakan untuk mendeteksi dini bagi siswa, agar dapat optimal dalam menyerap pelajaran. Banyak juga yang memang tidak memakai kacamata, tetapi setelah diperiksa ternyata minus atau yang sudah memakai, namun minus bertambah," ujar Daeng. 

Lanjutnya, "Oleh karena itu dengan adanya baksos seperti ini kami berharap Iropin Cabang Kota Bekasi akan semakin dikenal masyarakat. Karena pihaknya perhatian akan penglihatan khususnya kepada anak-anak sekolah"

Masih menurut Daeng salah satu pemeriksaan kesehatan yang penting dilakukan secara berkala adalah periksa mata. Memiliki mata yang sehat adalah hal yang sangat berharga. Jika mata dan fungsi penglihatan bermasalah, tentu akan menghambat aktivitas sehari-hari serta kesulitan menikmati pemandangan. Jadi, pemeriksaan mata perlu dilakukan agar fungsi mata tetap terjaga dengan baik.


Eje, S.Pd.SD Kepala Sekolah SD Negeri Sumur Batu ll mengatakan para siswa sangat antusias dengan pemeriksaan mata IROPIN, mereka akan mendapatkan kacamata gratis. 

Menurut dia, bakti sosial ini memberikan dampak positif bagi para pelajar, terutama mereka yang memiliki keterbatasan finansial untuk mencapai kesehatan mata, karena mata merupakan salah satu indera yang paling penting.

“Kami sangat bersyukur ada pihak yang peduli dengan kesehatan mata. Kita tahu bahwa bagi mereka yang menderita refraksi, harga kacamata cukup tinggi. Siswa kami menerima kacamata gratis, kami berterima kasih kepada Tim dari Iropin Cabang Kota Bekasi atas bantuan ini dan berharap ini akan menjadi ladang pahala untuk tim Iropin dan akan berkelanjutan," kata Eje Kepala Sekolah SDN ll Sumur Batu. 

Sementara itu, Wawan Hermawan, A.Md. RO Sekretaris Iropin Cabang Kota Bekasi, menyampaikan bahwa Iropin sebagai wadah organisasi bagi refraksionis optisi yang merupakan salah satu nakes di bidang kesehatan mata.

"Kami aktif dalam dalam kegiatan sosial, selain pemberian kacamata gratis, juga memberikan mutu pelayanan kesehatan mata, khususnya di optical dan klinik mata, jadi kami lakukan pelayanan kesehatan mata," jelasnya. 

Sementara itu Kartono, A.Md.RO Humas Bakti Sosial Iropin Cabang Kota Bekasi mengatakan, memberikan penyuluhan dan membagikan kacamata gratis sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. 

“Kacamata yang kita bagikan ini disesuaikan untuk penderita kelainan refraksi tentunya kita akan melakukan pemeriksaan dulu," Ucap Kartono

Ia menjelaskan, dalam rangka HUT Iropin ke-50 tahun 2022, pihaknya memberikan bakti sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu, khususnya yang memiliki kelainan refraksi mata. 

"Hari ini kami ingin berbagi. Kami adakan penyuluhan, pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis.Dari 600 yang diperiksa, sekitar 120 anak memiliki kelainan refraksi, dan kami segera menyediakan kacamata,” kata Kartono.

Kartono menempati bagaian penelitian dan pengembangan di Iropin,menurutnya indera penglihatan merupakan salah satu alat tubuh yang mempunyai fungsi sangat penting bagi manusia, untuk menerima informasi dari lingkungan kehidupan sekitarnya.Sehingga mampu beradaptasi dan mempertahankan hidup.Untuk itu dirinya mengimbau agar masyarakat tak takut dan malas dalam memeriksakan kesehatannya, khususnya kesehatan mata.

Untuk menghilangkan kejenuhan anak-anak di beri pertanyaan yang, dan dikasih hadiah bagi yang bisa menjawab. 

Salah satu siswa yang mendapatkan kaca mata setelah diadakan pemeriksaan Zahrotul Husna kelas 4C, dirinya senang mendapatkan kacamata. 

"Saya senang mendapatkan kacamata gratis, terimakasih iropin," kata Husna. 

Senada yang disampaikan oleh siswanya, Rina salah satu guru menyampaikan rasa senang atas kehadiran Iropin disekolahnya. 

"Saya pinginya Iropin bukan hanya melakukan pemeriksaan di kelas 4,5 dan 6 tapi kelas 1, 2 dan 3 juga di periksa dan diberi kaca mata gratis," Harap Rina.

Reporter: Agus Wiebowo