Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

PAC LDII Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara Gelar Shalat Idul Adha Di Halaman Universitas BSI



REDORMASI-ID | Kota Bekasi - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kelurahan Perwira melaksanakan sholat idul adha di halaman Universitas Binas Sarana Informatika (UBSI) 
Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat  Minggu (10/7/2022) 

Sejak pagi banyak warga yang terlihat antusias berbondong-bondong hadir untuk ikut melaksanakan sholat idul adha di halaman Universitas BSI. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memadati area yang telah disediakan oleh panitia.

Tepat pukul 06.00 waktu setempat, halaman parkir sudah mulai dipadati kendaran bermotor dan mobil dan shaf-shaf sudah mulai terisi jamaah sholat ied. Mengingat pentingnya kelurusan shaf, panitia membentuk tim shaf untuk mengatur dan memastikan agar shafnya benar-benar lurus. 

Pukul 06.30 Ustadz. H. Ishaq Noordin Alfath  memimpin sholat Idul Adha sekaligus memberikan khutbah.



Ustadz H. Ishaq Noordin Alfath memberikan taushiah agama kepada warga LDII dan jamaah sholat hari raya Idul Adha yang terdiri dari berbagai profesi itu. Dalam tausyiahnya itu membeberkan dasar syariat Islam dalam berkurban.

"Dalam Shohih Bukhori diriwayatkan tentang Rosulullah SAW yang menyabdakan bahwa barang siapa yang menyembelih kurban sebelum sholat ied maka kurbannya tidak sah dan dianggap sebagai sembelihan biasa,”ujar ustadz .

Untuk itu beliau mengajak kepada seluruh jamaah untuk menata niat dalam berkurban. 

“Maka marilah kita laksanakan qurban ini dengan landasan ketaqwaan. Kita niatkan kurban kita semata-mata lillahi ta’ala, bukan sekedar untuk agar bisa pesta daging,”ungkapnya.

Dalam rangka ketaqwaan ini beliau menekankan agar sebanyak mungkin dari daging hewan qurban untuk dishodakohkan kepada kaum fakir miskin dan dhuafa.

"Nilai yang bisa dipetik dari idul adha saat ini adalah, kita hidup dalam negara Kesatuan republik Indonesia ini bisa merasa aman nyaman dan tentram karena agama ini adalah rahmatan lilalamin, kita bisa hidup damai sesama dan juga dengan non muslim dan meningkatkan semangat berbagi dan kepedulian." Tegas ustadz Ishaq Noordin Alfath.




Usai Khutbah idul Adha ustadz H.Ishaq Noordin Alfath membacakan sambutan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono yang isinya mengajak warga Kota Bekasi bersyukur bisa merayakan hari raya Idul adha 1443 hijriah, meningkatkan iman dan takwa dan meningkatkan ukhuwah islamiyah. 

H. Riyadi, ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kelurahan perwira menjelaskan. 

"Bahwa dalam idul adha ini kita menggemakan takbir dan tahmid sebagai pernyataan keagungan kita kepada Allah SWT. Hari raya kurban ini juga sebagai momen perekat bangsa, dimana kita bisa berbagi daging kurban yang telah kita sembelih kepada sesama." tukas H.Riyadi. 

"Alhamdulillah hari ini kita bisa melakukan shalat idul Adha di halaman Universitas BSI ini, kami mengucapkan terimakasih pada  universitas BSI dalam hal ini Bapak Dicky Haryanto, M. kom selaku pimpinan BSI. Kita syukuri tahun ini bisa melaksanakan shalat idul Adha dengan lancar di halaman BSI ini" Ungkapnya. 

"Rangkaian Shalat Idul adha pertama adalah takbir bersama. Setelah utu khutbah dimana pada saat khutbah terdapat pesan moral yang bisa dijadikan pelajaran hidup. Nabi IIbrahim beserta Nabi Ismail begitu kuatnya iman dan taqwa mereka. Ini yang bisa kita jadikan pelajaran terkhusus umat Muslim." 

"Selain shalat idul adha di tempat ini, kami juga memotong dan menyalurkan hewan kurban. Harapan saya sebagai Ketua PAC  Perwira supaya ukhuwah islamiyah terus ditingkatkan sehingga kerukunan antar umat beragama bisa terus terjalin,"

"Dan dalam kesempatan ini kami ucapkan terimakasih pada Bapak Dicky Haryanto, M.Kom selaku pimpinan BSI, para tokoh, ketua RW 07 Perwira Bapak yunus Efendi, pengurus DKM Masjid Baiturrahim H. Sugimin, Remaja Masjid Baiturrahim, tokoh Agama H. Suwartono, ketua panitia H. Gunawan Harsono dan Senkom Mitra Polri." Ungkap H.Riyadi. 

Usai shalat idul adha, dilakukan pemotongan hewan kurban. Menurut H.Riyadi, PAC LDII perwira memotong 24 ekor hewan kurban, yaitu 13 ekor sapi dan 11 ekor kambing. 

Sementara itu menurut khadir,S.H sekretaris PC LDII Bekasi Utara, Idul Adha tahun ini sebagai moment untuk intropeksi diri setelah 2 tahun ada dalam masa pandemi covid-19. 

"Khusus bagi umat Islam, semangat pengorbanan yang diteladankan oleh Nabi Ibrahim dan puteranya, Nabi Ismail di era now, harus diejawantahkan melalui perilaku,  keseharian, maupun di panggung politik, berbangsa dan bernegara." Tandas Khadir. 

Lanjutnya," IDUL Adha 1443 H kali ini sangat bermakna bagi umat Islam sedunia dan juga di Indonesia karena didalam masa peralihan setelah kita berada di tengah pandemi Covid-19 dan perang Rusia – Ukraina dengan berbagai dampaknya secara global." Tegas Khadir.

Sebelumnya PC LDII Bekasi Utara telah memberikan hewan kurban ke Polsek Bekasi Utara. Sinergi dan kebersamaan terjalin baik selama ini. 

Kesuksesan kegiatan shalat idul adha tidak lepas dari kepanitiaan remaja LDII, pihak BSI dan semua pihak yang telah memberikan dukungan. Selain peran dari remaja LDII diperbantukan juga sebagai tim pengamanan dari senkom Mitra Polri. 

Reporter: Agus Wiebowo