Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Wakili Bekasi Selatan, Kelurahan Kayuringin Jaya Ikuti Lomba PKK Kota Bekasi


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bekasi, Wiwiek Hargono Tri Adhianto apresiasi hasil karya kerajinan limbah daur ulang Bank Sampah. 

Wiwiek juga mengajak masyarakat untuk daur ulang pemanfaatan sampah plastik dan limbah kain.

Hal ini disampaikan saat kunjunganya dalam lomba PKK tingkat Kota Bekasi di Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Rabu, (22/6/2022). 

“TP PKK menjadi penggerak untuk pemberdayaan masyarakat sekitarnya," tutur Wiwiek Hargono Tri Adhianto. 

"Ini menanamkan nilai sadar lingkungan untuk pelestarian alam serta memanfaatkannya sebagai nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, seperti yang dicontohkan oleh Bank Sampah Berlian 08,” ucapnya. 

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Bekasi Selatan, Karya Sukmajaya, Lurah Kayuringin, Ricky Suhendar, Ketua TP PKK Bekasi Selatan, Ny. Sarnih Karya Sukmajaya, Ketua TP PKK Kelurahan Kayuringin Jaya, Ny. Sahara Hanum Hayatunnufus Siregar Ricky Suhendar, lurah se-Bekasi Selatan, Bhabinkamtibmas, Bimaspol, Ketua tim penilai, OPD-OPD yang terlibat di dalam tim penilaian, para ketua TP PKK RW serta para tokoh masyarakat, LPM, BKM, Linmas, Ketua RW, Ketua FKRW, Ketua RT.



Langkah cerdas, lanjut Wiwiek menjelaskan, cermat dan bijak harus dimulai di lingkungan terkecil dalam upaya mengurangi sampah plastik dilingkungan.

"TP PKK bisa berkontribusi dalam upaya memberikan edukasi dan pemahaman kepada warga sekitar terutama para generasi penerus, bahwa sampah plastik bisa dimanfaatkan atau didaur ulang menjadi bahan berharga yang memiliki nilai ekonomis," ungkapnya. 
 
"Jika ada kemauan sampah plastik dan limbah kain itu bisa dimanfaatkan dan sangat berguna untuk dibuatkan menjadi hiasan atau kerajinan tangan dalam berbagai jenis, menjadi bahan berharga yang memiliki nilai ekonomis," terang Wiwiek Hargono Tri Adhianto
 
"Bahan daur ulang itu di antaranya bisa digunakan kembali dan dibentuk kerajinan lainnya yang disesuaikan dengan keinginan sang pembuat atau perajin," paparnya. 
 
"Saya meyakini para Ibu-ibu di Kayuringin sangat kreatif dan terampil untuk menciptakan produk daur ulang yang hasilnya cantik serta memiliki manfaat," ucapnya. 

"Dari sisa sampah non organik yang kita manfaatkan dalam bentuk kerajinan tangan itu. Sangat murah modalnya, yang penting memiliki kemauan dan kreativitas," tambahnya. 

Di Kayuringin, Plt Ketua TP PKK Wiwiek Hargono Tri Adhianto juga berkesempatan mengunjungi kebun milik warga di RW. 10 dan disambut Sri Irianti Ketua PKK RW. 10 dan ibu-ibu PKK lainya. 

Ia juga mengatakan kagum dengan para warga, ditengah kota ada kebun tanaman dan budidaya ikan lele. Memanfaatkan Fasum untuk pemberdayaan masyarakat.

Di tempat yang sama, Karya Sukmajaya Camat Bekasi Selatan menyampaikan rasa syukurnya hari ini Kecamatan Bekasi Selatan mengikuti lomba PKK Tingkat Kota Bekasi. 

"Alhamdulillah kita semua bersyukur hari ini kegiatan monitor dan evaluasi dari 10 program PKK, dan Kelurahan Kayuringin Jaya mendapat giliran sebagai tuan rumah mewakili Kecamatan Bekasi Selatan," ujarnya. 

Tentunya, Camat menjelaskan, Kelurahan Kayuringin Jaya menjadi pilihan karena sudah melalui penilaian kami, banyak keunggulan-keunggulan di sini seperti limbah yang diolah dengan memberdayakan masyarakat dan menghasilkan, sehingga bernilai ekonomi.

"Ayo kita bangun Kota Bekasi, Ayo kita bangun Kecamatan Bekasi Selatan, Ayo kita bangun Kelurahan Kayuringin Jaya bersama semua stakeholder yang ada," ajak Karya Sukmajaya.

Sementara itu Ny. Sahara Hanum Hayatunnufus Ricky Suhendar, Ketua TP PKK Kelurahan Kayu ringin Jaya menyampaikan, bahwa aspek yang dinilai itu dari administrasi, dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) pendataan tentang stunting anak, dan kegiatan di posyandu, selain itu rumah sehat, kebun Gizi dan tanaman obat. 

"Dalam lomba ini tentunya kami sangat optimis, karena kami telah kerja keras, sudah lama kami siapkan dan semua ibu-ibu PKK semua terlibat baik dari tingkat RW maupun RT dan RW 10 ini menjadi pilihan penilaian karena paling lengkap dan memenuhi syarat," tegasnya

"Untuk mempersiapkan lomba ini, kader bekerja keras sampai  mereka lembur untuk melengkapi administrasi dan persiapan  kunjungan," jelasnya. 

"Ibu Camat juga sangat mendukung dan mensuport kami, secara bersama-sama kita langsung terjun ke lapangan," ucap Ny. Sahara Hanum.

Lomba PKK Tingkat Kota Bekasi menunjukkan ibu-ibu PKK Kelurahan Kayuringin Jaya yang dipimpin Sahara Hanum Hayatunnufus punya daya kreativitas yang tinggi, terlihat dari produk UMKM hasil olahan yang di jual di halaman kelurahan dan di tersedia di lokasi penilaian di RW. 10 Kelurahan Kayuringin Jaya.

Di lokasi penilaian di RW 10, Endang Purwanti, Sekretaris  PKK RW 10 menyampaikan.

 
"Kami menampilkan hasil kelompok kegiatan berkebun tanaman Hidroponik, tanaman Obat, tanaman herbal," papar Endang. 

Jadi organik dan Hidroponik, lanjutnya menjelaskan, semua kami siapkan, tidak seperti sayuran pada umumnya, sayur hidroponik ditanam dengan menggunakan media air yang mengandung mineral untuk membantunya tumbuh. 

"Sedangkan sayur organik ditanam di media tanah namun tanpa menggunakan pupuk kimia, pestisida, atau herbisida, kami memanfaatkan hasil kebun termasuk minuman Jamu untuk kesehatan. Selain itu juga di RW. 10 ini penilaian di rumah sehat," tambahnya. 

"Harapan kami dengan kunjungan ibu PLT Ketua TP PKK Kota Bekasi dan tim penilai, kami tambah semangat dan terus berkreasi dan tentunya dengan upaya kami menyiapkan semuanya bisa memenangkan lomba," tutup Endang Purwanti. 

Reporter: Agus Wiebowo