Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Wakapolres Metro Bekasi Kota: Operasi Patuh Jaya Digelar 13-26 Juni 2022


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Polres Metro Bekasi Kota akan melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2022 selama 14 hari kedepan. Sasarannya kendaraan roda dua maupun roda empat yang melanggar aturan lalu lintas.

Hal ini disampaikan oleh Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama saat menggelar Apel gabungan dihalaman Mapolres Bekasi Kota, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Rama Samtama mengatakan, Operasi Patuh Jaya 2022 akan digelar selama 14 hari kedepan.

"Terhitung mulai hari ini, tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022," kata Rama dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/6).


Ia mengatakan, sasaran dari pada operasi patuh Jaya 2002 ini adalah terkait dengan pelanggaran lalu lintas. Seperti kita ketahui angka kecelakaan lalu lintas lebih banyak dominan disebabkan oleh faktor human error atau kesalahan manusia pengendara.

"Maka sasaran operasi patuh kali ini lebih ditekankan kepada pelanggaran lalu lintas seperti melawan arus, balap liar, menggunakan HP saat berkendaraan," jelasnya.

"Adapun jenis pelanggaran lainnya yakni, kendaraan roda dua bonceng tiga, tidak gunakan helm SNI, tidak gunakan safety belt dan ada sasaran khusus yaitu plat nomor khusus yang di gunakan serta knalpot bising dan juga mobil-mobil yang menggunakan stroobo ataupun sirene yang ilegal yang tidak sesuai diperuntukkan," ujar dia.

Dia menjelaskan, Operasi Patuh Jaya ini Polres Metro Bekasi Kota dibantu dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, dari TNI, tadi yang sudah disematkan pitanya akan melakukan kegiatan operasi patuh Jaya dengan total sekitar 100 personel yang akan melakukan kegiatan operasi dari kegiatan ini.


"CB-nya adalah operasi dilakukan secara preemtif,  preventif, dan represif penegakan hukum ini tentu akan dilakukan dengan tilang karena di Kota Bekasi ini belum ada ETLE. Penilangan dilakukan dengan manual," terangnya.

Menurutnya, untuk titik- titik operasi  dilaksanakan  di jalan-jalan protokol  seperti Jalan Ahmad Yani, itu adalah kawasan tertib lalu lintas.

"Kemudian titik-titik lain  diduga banyak terjadi pelanggaran lalu lintas dan berdasarkan Anev, banyak terjadi angka kecelakaan lalu lintas di sana itu yang menjadi sasaran kita," pungkasnya.

Apel Operasi Patuh Jaya diikuti 187 personel gabungan mulai dari Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kota, Anggota Fungsi Polres Metro Bekasi Kota,  Kodim 0507/ Kota Bekasi, Subdenpom Kota Bekasi, Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Satpol PP Kota Bekasi, Dishub Kota Bekasi, Anggota Bintara Remaja  (Baja).

Penulis : Agus Wibowo
Editor : TB