Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bekasi Kota Ikuti Apel Gabungan Pengamanan Malam Takbiran dan Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Polres Metro Bekasi Kota dan 3 Pilar Kota Bekasi beserta para Mitra Polri gelar apel Pengamanan Malam Takbiran dan Perayaaan Idul Fitri 1443 Hijriah bertempat  di Halaman Polres Metro Bekasi Kota, Jalan Pangeran Jayakarta, Medan Satria, Kota Bekasi. Minggu, (1/5/2022). 

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, S.I.K, M.H, bersama  Plt Wali Kota Tri Adhianto dan Dandim Letkol Lulul Setyanto menjadi pemimpin Apel dengan komandan Apel  Wakapolsek Bekasi Utara AKP Parwoto. 

Turut hadir dalam Apel, Waka Polres AKBP Rama Samtama Putra, Para PJU Polres Metro Bekasi Kota, Kadishub, KasatPol PP, Subkogar, dengan peserta Apel diantaranya Anggota Polres Metro Bekasi Kota, Anggota  Kodim 0507/ Bekasi,  Anggota Satpol PP Kota Bekasi,  Anggota Damkar Kota Bekasi, Anggota Dishub Kota Belasi, Pokdarkamtibmas Bhayangkara dan Pramuka Saka Bhayangkara. 

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki, S.I.K., M.H, kepada media dalam keterangannya mengatakan ada 600 personel gabungan yang ditambah untuk pengamanan di malam takbiran. 

"Artinya dari H-7 kita menerjunkan 891 personel, baik itu di Posyan dan Pospam, ditambah lagi hari ini 600 orang yang melaksanakan selain Pospam dan Posyan, untuk pengamanan malam takbiran termasuk di Polsek jajaran," ucap Hengki. 

Penambahan personel tersebut, kata Hengki, sebagai upaya mencegah gangguan ketertiban di masyarakat. Hengki berharap bisa mewujudkan rasa aman kepada masyarakat di malam takbir dan Idul Fitri. 

"Semua untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas, terutama jangan sampai ada tawuran, balap liar atau kejahatan lainnya, semuanya untuk mewujudkan kehadiran rasa aman bagi masyarakat yang melaksanakan malam takbir dan salat Idul Fitri," tuturnya. 

Sementara, Plt Wali Kota Tri Adhianto  mengatakan jelang malam perayaan Idul Fitri 1443 H, Pemkot Bekasi mengimbau masyarakat untuk mengoptimalkan malam takbir di masjid dan mushala. Pemkot Bekasi mengimbau masyarakat tidak melakukan pawai ke jalan di malam takbiran. 

"Kita mengimbau kepada warga masyarakat Muslim yang ada untuk mengoptimalisasikan fasilitas yang ada baik di masjid dan mushala, dan ini sudah kita lakukan pertemuan rapat bersama tokoh-tokoh di mana di dalamnya ada ketua MUI, bersama Ormas Islam yang ada di Kota Bekasi ada NU, Muhammadiyah, Persis, DMI dan ini semua kita bersepakat lebih banyak syiarnya kita lakukan di rumah-rumah ibadah yang ada," ucap Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto 

Para pemangku kepentingan di Kota Bekasi berupaya mengarahkan warga melakukan takbiran di lokasi yang tepat. Aparat pun akan humanis menghadapi warga yang tetap menggelar pawai. 

"Ya tentunya kan kita lakukan apel ini sampai tingkat Kecamatan ada Camat ada Lurah dan Danramil, kita upayakan kita imbau kembalikan arak-arakan itu ada pada posisinya masing-masing, sehingga mereka tidak ada lagi di jalan karena tidak ada tindakan yang harus kita lakukan secara represif tapi lebih kepada humanis karena ini adalah operasi kemanusiaan," ujarnya.

Sementara itu Rizal Alghazza, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bekasi Kota  menyampaikan bahwa ia sangat mengapresiasi dan bangga dilibatkan dalam kegiatan rutin pengamanan Idul Fitri. 

"Alhamdulillah, hari ini kami dilibatkan dalam apel pengamanan malam takbiran dan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, kegiatan itu sudah rutin kami lakukan setiap tahun dan hari-hari besar lainnya seperti hari raya Natal kami selalu dilibatkan," ungkap Rizal.

Dia menyampaikan, Pokdarkamtibmas Bhayangkara dapat diberdayakan untuk membantu tugas polisi menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

"Kami Ini punya potensi, kami sebagi m
Mitra bisa diberdayakan oleh Polri kapanpun dalam membantu tugas-tugas Polri. Paling tidak upaya preventif, pencegahan atau memberikan informasi, dan upaya kerjasama antara Polri dengan Pokdarkamtibmas Bhayangkara yang mana apabila di daerah tersebut ada gangguan," katanya.

Menurut Rizal, PokdarKamtibmas Bhayangkara melekat di jajaran Polsek dan Polres metro Bekasi Kota. Tugas mereka membantu pada saat razia, memberikan penyuluhan, menyampaikan informasi sebagai upaya pencegahan, dan lainnya.

"Kalau razia ikut. Malam Natal ikut membantu pengamanan. Setiap ada kegiatan polisi kami ikut. Keberadaan  kami di tengah masyarakat sangat efektif membantu Bhabinkamtibmas, Polsek. Ini kerjasama yang sangat baik," pungkas Rizal. 


Reporter: Agus Wiebowo