Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Musrenbang Jaticempaka, Konsolidasi Pencapaian Hasil Pembangunan Dengan Fokus Skala Prioritas



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakam forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan (RKP)  tahun anggaran yang direncanakan dengan mengacu pada rencana strategis Kelurahan.

Musrenbang Kelurahan Jaticempaka dilaksanakan diaula Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi. Kamis, (21/1/2022).

Musrenbang Kelurahan Jati Cempaka dihadiri Camat Pondokgede dan jajarannya, Lurah Jaticempaka dan jajaranya, Bhinmaspol, Babinsa, kepala Puskesmas, UPTB KB, Dishub, Damkar, Balitbang, tim penggerak PKK, Ketua RW se-Jaticempaka, LPM, BKM, Tokoh Masyarakat, Satpol PP, Karang Taruna.

Lurah Jaticempaka Amir sewaktu ditemui menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang ada di Kelurahan yang ia pimpin. Dimana menurutnya, untuk pelaksanaan Musrenbang di Kelurahan Jaticempaka menerapkan proses kekeluargaan dan keterbukaan.



“Untuk pelaksanaan Musrenbang di Jaticempaka seluruh perangkat RW dan RT telah melaksanakan rembuk warga di wilayahnya masing-masing. Daftar usulan-usulan kegiatan yang ada itu kita angkat ke Musrenbang tingkat Kelurahan untuk diteruskan ke tahapan selanjutnya,” ujarnya.

Menurut Amir antusiasme Kelurahan Jaticempaka berkat tingginya partisipasi masyarakat yang sangat luar biasa pada pelaksanaan Musrenbang Kelurahan. Diantaranya kerja sama tim yang solid antara Lurah, semua unsur dan tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah, semua elemen masyarakat sangat aktif berperan memberikan usulan-usulan dan masukan pada saat Musrenbang dilakukan. Jadi, bukan hanya sekedar seremonialnya saja yang diusulkan, tapi bagaimana proses tahapan-tahapan pelaksanaan Musrenbang itu telah kita lalui dengan baik. Karena tinggi nilainya itu bagi kita adalah bagaimana peran serta dan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan memberikan usulan-usulan dalam Musrenbang,” ungkapnya.

Lanjut Amir," Pelayanan Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi dilakukan dengan cara jemput bola. Selaras dengan tagline "HEPI" yaitu Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif. Sinergi 4 pilar sangat baik, sekali lagi kami ucapkan terimakasih pada semuanya, termasuk kami juga sangat berterimakasih kepada pemerintah Kota Bekasi, selama bertahun-tahun kami menunggu kapan Kelurahan Jaticempaka punya Puskesmas, alhamdulillah sekarang Puskesmas sudah berdiri dengan 2 lantai," jelas Amir.

Muljana Sjamsumar, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Pondokgede  menyampaikan," Dasar pelaksanaan penyelenggaraan musrenbang tingkat kelurahan berpedoman undang-undang no 25 tahun  2014 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional dan peraturan Walikota Bekasi no 01A tahun 2021 tentang perencanaan pembangunan kota Bekasi."

Selanjutnya musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kelurahan bertujuan untuk menyepakati masalah atau kebutuhan di wilayah Kelurahan dan melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi, verifikasi, validasi dan kesepakatan terhadap usulan masyarakat lembaga di wilayah Kelurahan.

"Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2023 yang hari ini kita laksanakan serentak temanya adalah konsolidasi ketercapaian hasil pembangunan dengan prioritas sebagian berikut, penguatan tingkat kematangan Kota Bekasi sebagai Kota cerdas, penguatan daya hidup lingkungan Kota, penguatan ketahanan Kota terhadap bencana sosial, ekonomi dan alam," imbuhnya.

Kami berharap, sambungnya, kegiatan yang diusulkan wilayah itu jangan fisik saja, tapi sosial, budaya, kemasyarakatan. Kami melihat disetiap Kelurahan itu kebanyakan yang diusulkan itu fisik jalan, saluran air, mohon kiranya juga mengusulkan hal lain, seperti tadi dari PLKB mengusulkan penanganan sebelum pernikahan dan setelah pernikahan sehingga apa yang diinginkan oleh PLKB keluarga yang sejahtera bisa tercapai, jadi usulan bisa penyuluhan, sosialisasi, pelatihan, bisa juga peningkatan ekonomi masyarakat contohnya bagaimana melatih UMKM supaya maju supaya bangkit kembali.

Reporter: Agus Wiebowo