Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Dalam Rangka Menyambut Hari Bakti Bhayangkara, Polsek Jatiasih Kembali Gelar Vaksin Gratis

REFORMASI-ID l Kota Bekasi - Berbeda dengan sebelumnya yang vaksin di gelar di puskesmas, hari ini vaksin gratis yang diselenggarakan dalam rangka menyambut hari Bakti Bhayangkara di laksanakan di Pos Polisi Jalan Raya Jatiasih, Komsen, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Senin, (14/05/2021)

Fitria, Bagaian Promosi kesehatan puskesmas Jatiasih memberikan keterangan kepada media.

"Kegiatan hari ini dalam rangka menyambut  hari Bhayangkara, kita mengumpulkan warga daerah wilayah kecamatan Jatiasih melakukan vaksin, dan kami siapkan 150 vaksin. Vaksin yang di pakai vaksin sinovac. Kita hari ini melibatkan tenaga kesehatan yaitu perawat ada 4 orang,  paramedis nya 7 orang, dokternya 3 orang dan lainnya  administrasi. Alhamdulillah selain dari Nakes puskesmas Jatiasih kita juga mendapat bantuan dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Pratama dan Wisma Atlit," tuturnya.
Lanjutnya, "Vaksinasi masih menggunakan merk sinovac. Adapun pelayanan dilakukan dengan beberapa  alur pelayanan yang terdiri dari pendaftaran dimana penerima vaksin menyerahkan KTP untuk dilakukan verifikasi data ke aplikasi, setelah itu ke meja skrining untuk mengecek kondisi tubuh seperti tensi suhu badan dan riwayat penyakit.Setelah itu meja ketiga atau meja vaksinator dan meja 4 atau meja observasi."

"Di meja 4 ini diobservasi dulu 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping dan sebagainya, setelah  observasi selesai dan tidak ada gejala, pasien bisa kita berikan sertifikat atau bukti bahwa dia sudah divaksin dan  boleh pulang," Jelas Fitria.

Dalam pelaksanaan vaksin hari ini mendapat Kunjungan dr. Deby, Direktur Rumah Sakit Mitra Keluarga Pratama. Pada kunjungan kali ini meninjau pelaksanaan vaksin Covid-19 di pos polisi Jatiasih Komsen.

"Hari ini kami diminta dari dinas kesehatan Kota Bekasi untuk membantu pelaksanaan vaksin untuk usia 18 tahun keatas, kami kirimkan 3 orang Nakes dan 1 orang humas untuk membantu kelancaran acara vaksin ini, biar cepat pelaksanaan vaksinya, mengingat Covid lagi meningkat, pesan kami pada masyarakat untuk tetap melaksanakan Prokes buat semuanya," jelas dr. Deby

Salah seorang warga Perumahan AURI Jatiasih, Riandy Oktavian yang ikut dalam vaksin gratis mengungkapkan dan berterimakasih atas pemberian vaksin gratis ini.

"Saya sangat senang dengan adanya vaksin ini. Ini adalah moment langka.Dengan vaksin ini mengurangi kekhawatiran akan tertularnya Covid-19. Terimakasih polri, Khususnya Polsek Jatiasih, terimakasih para Nakes dan semua pihak terkait," ujar Riandy Oktavian.
Di sela giat vaksin MRI berkesempatan wawancara Kapolsek jatiasih Kompol Kasirun, S.H.,

Kapolsek  menjelaskan kegiatan vaksinasi Covid-19 gratis  ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-75.

"Vaksinasi ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-75, dan ini tentunya untuk membantu percepatan program vaksinasi dan menekan angka Covid-19 sekaligus mengajak masyarakat untuk melakukan Vaksin. Dan hari ini yang divaksin warga kecamatan Jatiasih.
Dan karena hari ini kuota 150 yang di vaksin, alhamdulillah ada tambahan Nakes, jadi selain dari Puskesmas Jatiasih, ada tambahan dari Nakes Polda Metro Jaya, Rumah Sakit Mitra Keluarga Pratama dan Wisma Atlit," terang Kapolsek.

Lanjutnya, "Kami juga memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa vaksin di situasi pandemi ini sebagai salah satu ikhtiar kita untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat," ujar Kompol Kasirun.

Guna menarik masyarakat untuk mengikuti vaksin,  dilakukan inovasi dengan menyiapkan foto background, "jadi masyarakat setelah selesai melaksanakan vaksin bisa berswafoto di sini. Supaya ada kenangan dan bisa di lihatkan ke yang lain atau yang belum vaksin sehingga mau vaksin." Pungkas  Kapolsek.


Reporter: Agus Wiebowo