Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pengiriman Tenaga Kerja Ke LN Ditutup Selama Pandemi Covid-19

REFORMASI-ID | KABUPATEN DOMPU – Sejak adanya virus Corona Pengiriman Tenaga Kerja Wanita atau Pekerja Migran Indonesia jalur Saudi Arabia ditutup, bukan saja di Saudi untuk negara Asia Pasifik pun sama.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Dompu NTB Abdul Sahid, S.H., mengatakan, awalnya pengiriman TKW udah dibuka, hanya saja negara tujuan yang dimaksud Lock Down (LD).

“Saudi dan Asia Pasifik LD karena Covid-19. Sementara ini dihentikan pengiriman untuk tkw nya,” tambah Abdul Sahid. Senin, (01/02/2021) sekira pukul 11.18 Wita di ruang kerjanya.

Abdul Sahid juga menjelaskan, "Negara Asia Pasifik meliputi, Singapura, Malaysia, Jepang, Brunai Darussalam dan Korea. Tidak menjamin bagi calon TKW illeggal yang nekat menggunakan jalur tikus (tidak prosedural).

“Bagi mereka tidak mendapatkan fasilitas lain seperti asuransi dan perlindungan dari Pemerintah,” katanya.

Lanjutnya, beberapa waktu lalu ia telah memulangkan kembali TKW illegal dari pengiriman sponsor gelap. Yang rencananya dua orang TKW tersebut akan dibawa kerja ke Saudi.

“Kami pulangkan kembali ke keluarga oknum tersebut. Sementara pihak sponsor kami beri pembinaan,” ungkapnya

Di harapkan bagi seluruh lapisan masyarakat bagi yang ingin bekerja ke luar negeri untuk pengurusan administrasi keberangkatannya di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Jadilah tenaga kerja PMI yang berlegallitas yang diakui oleh Pemerintah agar tidak menjadi bencana di negeri orang,” tutup Abdul Sahid.(Haris)