Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Agenda Rutin Santunan, 261 Anak Yatim Terima Santunan dan Buka Puasa Bersama di Masjid Al Anshor Kayuringin Jaya


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Santunan pada anak yatim  merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap bulan berupa uang tunai dan nasi boks di Masjid Wilayah Kayuringin Jaya secara bergantian. Bertepatan dengan bulan Ramadhan 1445 Hijriah dilaksanakan Santunan sebanyak 261 Anak Yatim dan Buka Puasa Bersama di Masjid Al Anshor Komplek Bumi Satria Kencana RT 008/RW 22 Kelurahan  Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/3/2024). 

Acara santunan anak yatim ini diisi dengan  rangkaian kegiatan diantaranya ceramah agama, dan doa bersama.

H. Kasmen selaku Ketua Yayasan Masjid Al Anshor menyampaikan bahwa kegiatan santunan adalah kegiatan rutin dan terus mengalami peningkatan.

Sama halnya yang disampaikan H.Kasmen, disampaikan juga oleh H. Hermawan Prabowo ketua DKM Al Anshor, bahwa kegiatan santunan ini sangat berkah apalagi dilaksanakan di bulan Ramadhan. 

"Kepada para donatur kita doakan senantiasa diberi kesehatan, dan dilapangkan rejekinya. Kita doakan juga Anak-anak yatim tumbuh kembang dengan baik dan menjadi anak yang sholih. Kami berharap kegiatan ini berkembang, baik itu DKM, DMI, para donatur dan juga mendapat suport dari pemerintah," ucapnya. 

Kegiatan yang menjadi ladang beramal solih dan sarana ibadah dengan pahala sangat besar ini tak lepas dari sosok H. Irfangi selaku Ketua seksi Sosial dan Kematian RW 21 perumahan BSK (Bumi Satria Kencana) yang merupakan Bendahara DMI Ranting kelurahan Kayuringin Jaya merupakan motor penggerak bagi terselenggaranya kegiatan-kegiatan sosial termasuk santunan anak yatim ini. 

Dalam kegiatan santunan, Anak-anak yatim yang diundang sebanyak 261 anak, semua anak yatim mendapatkan santunan termasuk bingkisan untuk pengantarnya. Santunan anak yatim diterima dari donatur yang diserahkan langsung oleh Camat Bekasi Selatan, Lurah Kayuringin Jaya, Ketua DMI Bekasi Selatan , Ketua DMI Ranting Kayuringin Jaya, Ketua DKM, Ketua RW dan para tokoh yang hadir. 

Sejumlah tamu undangan tampak hadir, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar, Sekretaris kelurahan Iwan Setiawan dan staf kessos serta petugas monitoring.

Hadir juga dari DMI Bekasi Satan, Ketua  KH Muhammad Sodik dan jajaran pengurus DMI, 
Ketua DMI Kayuringin Jaya H Arifin Harahap, Bendahara DMI Kayuringin H Irfangi dan jajaran pengurus DMI lainnya, Ketua Yayasan Masjid Al Anshor H.Kasmen, Ketua DKM Masjid Al Anshor H. Hermawan Prabowo, Ketua FKRW H. Yoyo Sutaryo, Ketua RW 22 Eka Agusta dan beberapa ketua RW dan DKM se Kayuringin Jaya. Hadir juga aparat keamanan Babinsa- Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya mendukung dan memberi apresiasi terhadap seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan santunan hari itu.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa terus berkesinambungan dan semakin banyak yang ikut khususnya DKM di Bekasi Selatan.

Saat yang sama, Ketua DMI Bekasi Selatan H.M.Sodik memberi apresiasi kepada kegiatan sosial berupa santunan yang rutin di laksanakan di kelurahan Kayuringin Jaya. 

 "Apa yang dilakukan teman -teman dari DMI Kayuringin Jaya patut diapresiasi," kata  HM. Sodik.

Lebih lanjut,  berharap kegiatan yang positif ini bisa terus berlanjut dan meluas.

"Tetap harus dilanjutkan untuk memberikan santunan kepada anak-anak yatim sebagai generasi yang akan meneruskan pembangunan ke depan sehingga harus dijamin terhadap pendidikan dan kebutuhan lain," HM. Sodik menambahkan.

"Jadi ini merupakan gerakan positif semoga bisa mengamflipikasi teman-teman DMI di tempat lain," HM Sodik menegaskan.

Sementara itu, Ketua DMI Kelurahan Kayuringin Jaya, H Arifin Harahap menyampaikan terimakasih kepada pihak tuan rumah kegiatan yakni DKM Masjid Al Haq.

"Atas nama seluruh pengurus DMI mengucapkan terimakasih kepada pengurus DKM Masjid Al Anshor yang telah menjadi tuan rumah," ucapnya.

Selain santunan, kata Arifin Prioritas DMI Kayuringin Jaya saat ini adalah mengurus legalitas seluruh masjid di Kayuringin Jaya yang dinilai sangat penting.

"Kita minta setiap DKM mengurus legalitas masjidnya dan akan dibantu oleh Ibu Hj. Agus Iriani dari DMI Kota Bekasi," Arifin menegaskan.

Sementara itu, Ketua Seksi Sosial RW 021 sekaligus koordinator kegiatan santunan di Kayuringin Jaya, H Irfangi menyebut kegiatan yang dilakukan bukan sekadar santunan melainkan silaturahmi antara DKM dan RW di Bekasi Selatan sehingga terjalin sinergi antara banyak pihak.

Menurut H Irfangi, kegiatan yang digagas sejak 2018 ini telah melakukan sejumlah aksi sosial antara lain santunan yatim, pembangunan Rutilahu, ambulans gratis, santunan kematian, biaya pendidikan dan legalitas masjid.

"Agar permasalahan yang ada di setiap DKM dan RW bisa dicarikan jalan keluar bersama, " kata H Irfangi.

Dalam kegiatan Santunan anak yatim ustadz Cilik Abdullah Syafi'ie dan juga Ustadz Nursidik menyampaikan tentang bagaimana mewujudkan Syukur Kepada Allah dan berkah bulan Ramadhan. Menurut Ustadz salah satu indikasi orang  itu bersyukur adalah mau mengucap Syukur dan Menjaga Lisan dengan Senantiasa Berkata Baik, selain itu menyadari bahwa Nikmat yang Diberikan Allah SWT Tidak terhingga, tidak mendustakan kenikmatan yang Allah berikan dan ikhlas menerima Kesenangan dan Kesedihan serta mau berbagi, terutama di bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan pengampunan.
(Agus W)