Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kostum Adat Jawa Petugas TPS 03 Ngimbang Donomulyo Mewarnai Pemilu 2024


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Magelang - Kreasi kostum unik petugas KPPS berupaya membangun antusiasme memilih dan menjadi refleksi pesta demokrasi rakyat.

Keunikan kostum petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)di setiap tempat pemungutan suara (TPS) tidak selalu sekadar pemeriah suasana. Hal ini menjadi refleksi perayaan pesta demokrasi yang menghadirkan harapan dan keceriaan rakyat sekaligus menjadi pernyataan sikap warganya.

Kesibukan pada hari pencoblosan biasanya berlangsung sejak pagi hingga sore atau bahkan malam hari, mulai dari persiapan pemungutan suara hingga penghitungan suara. Keunikan kostum yang pada dasarnya dilakukan untuk memeriahkan suasana pemilihan baik pilkada maupun pemilu tersebut dapat menambah semangat kerja petugas. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan antusiasme dan partisipasi pemilih untuk hadir ke TPS menggunakan hak suara mereka.

Dengan menciptakan suasana yang lebih santai, warga menjadi nyaman di TPS saat menggunakan hak pilihnya. Petugas KPPS menyalurkan ide-ide kostum menarik dengan mengusung tema tertentu seperti pakaian adat daerah masing-masing, pakaian unik, pakaian seragam sekolah, pakaian tokoh pewayangan, tema horor, hingga tema olahraga. Pemandangan berbeda ini menunjukkan upaya ekstra petugas KPPS dalam bertugas di hari pemungutan suara. Beberapa petugas KPPS patungan untuk menyewa kostum unik tersebut.

Di Kapubaten Magelang, Jawa Tengah, tepatnya Kecamatan Secang, Desa Donomulyo, Dusun Ngimbang di TPS 03 petugas KPPS berdandan menyambut Pemilu 13 Februari 2014.

Pintu pagar masuk TPS berhias penjor, sementara pintu masuk ruang pencoblosan berhias janur, bertuliskan aksara Jawa, terdengar suara gending dan tembang Jawa. Seluruh anggota KPPS mengenakan belangkon, berbeskap, dan berjarit. Plakat nama dan petunjuk pun ditulis dalam bahasa Jawa. 

”Sugeng rawuh Kangmas, Dimas, lan para Sedherek, wonten TPS 03 Ngimbang Donomulyo (Selamat datang Mas-mas, Mbak-mbak, dan Saudara-saudari di TPS 03),” kata anggota KPPS TPS 03 Dusun Ngimbang Desa Donomuoyo, Krisnaning, melalui pengeras suara.

Para petugas TPS 03 , yakni, Muchamat Saiful Anwar (ketua KPPS), Krisnaning (KPPS 2)
Retno Eko Sulistyaningsih (KPPS 3),Siti Patimah (KPPS 4), Janatun (KPPS 5), Akhmad Ikhsani (KPPS 6), Taufiq Hartomi (KPPS 7).

Para petugas mengenakan kostum adat Jawa untuk menarik para warga agar menjadi antusias memilih. Selain itu, juga untuk melestarikan kebudayaan yang sudah sejak lama ada di kampung atau Desa Donomulyo.


(Agus W)