Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kantor Sekretariat RW 11 Kelapa Gading Tiba-tiba Roboh, Ajie Lubis: Penyebabnya Abrasi


REFORMASI-ID | Jakarta - Sebuah bangunan Kantor Sekretariat RW di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara roboh. Peristiwa tersebut beredar di sosial media.

Video yang berdurasi 20 detik itu memperlihatkan bangunan tersebut roboh secara perlahan dengan kondisi utuh hingga menutupi aliran kali Tarian Raya.

Dalam video lainnya juga nampak Camat Kelapa gading, Dharmawan, dan Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Maulana Mukarom, beserta jajaran turut meninjau lokasi kejadian.

Saat dikonfirmasi, Dewan Kota Jakarta Utara, Perwakilan Kelapa Gading, yang juga merupakan salahsatu Penasehat PWI Jakarta Utara, Ajie Lubis, membenarkan adanya peristiwa itu.

"Iya benar, Sekretariat RW 11 Pegangsaan Dua roboh tadi malam," kata Ajie kepada awak media, Kamis (1/2/2024).

"Kejadian itu sekitar pukul 20.00 WIB dan disaksikan secara langsung oleh Pengurus RW dan warga sekitar," sambungnya.


Dia menjelaskan, sebelum bangunan itu roboh, ada beberapa pengurus RW dan RT berada didalamnya sedang membahas kegiatan Pemilu.

Mereka melihat ada tanda-tanda keretakan itu makin melebar, sehingga para pengurus wilayah yang ada didalam Kantor Sekretariat itu memutuskan untuk keluar meninggalkan Kantor Sekretariat.

"Tidak lama mereka keluar dari Kantor Sekretariat, secara perlahan bangunan itu roboh ke kali," ungkapnya.

"Jadi tidak ada korban luka dalam peristiwa itu, hanya saja perlengkapan RW dan Ibu-ibu Kader Posyandu yang ada didalamnya tidak bisa di selamatkan," terang Ajie menambahkan.

Lebih lanjut, Ajie menuturkan, posisi bangunan Kantor Sekretariat RW itu persis berada di bantaran kali Tarian Raya.

Bangunan yang baru setahun dibuat itu terlihat sangat kokoh namun tidak memiliki pondasi, sehingga tidak dapat menahan beban bangunan tersebut.

"Kalau dilihat penyebab robohnya bangunan itu sebenarnya Abrasi, karena bangunan yang tepat berada dibibir kali itu tidak memiliki pondasi sehingga tidak dapat menahan bangunan tersebut," ujarnya.

Saat ini petugas PPSU dan SDA wilayah Kelapa Gading sedang membersihkan puing-puing bangunan yang menutupi aliran kali tersebut.

(red)