Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Maryanto Caleg PDIP Ajarkan Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri LDII PAC Perwira Bikin Bakso


REFORMASI-ID 🇮🇩 Kota Bekasi - Dewasa ini semakin bermunculan usaha kuliner yang menawarkan berbagai jajanan yang menggugah selera. Dari sekian banyak jenis jajanan, bakso masih menjadi salah satu yang paling banyak diburu masyarakat.

Melihat besarnya peluang usaha dari kuliner asli Indonesia ini, caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui pelatihan wirausaha, mengajarkan langsung cara pembuatan bakso kepada peserta pelatihan. Bertempat di Aula Masjid Baiturrohiim, PAC LDII Perwira, di Gang LDII Jalan Bulak Perwira ll RT 01 RW 07 Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/1/2024).

Pelatihan pembuatan bakso  diikuti lebih dari 50 orang yang terdiri dari Ibu-ibu dan remaja putri Majelis Ta'lim Baiturrohiim PAC LDII Perwira. Kegiatan dimulai dengan sambutan Dewan Pembina Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kelurahan Perwira H. Suwartono. 

"Hari ini diadakan pelatihan pembuatan bakso oleh ahlinya, yaitu Bapak Maryanto yang selama ini kita kenal sebagai pengusaha Bakso dan juga sebagai Caleg, kami sangat mengapresiasi dan sangat mendukung yang dilakukan pak Maryanto dengan membagikan ilmunya. Insyaallah menu yang diajarkan, yakni membuat bakso yang  kenyal, enak, dan sehat. Alhamdulillah Ibu-ibu jamaah dan remaja putri sangat antusias, walupun ini hari kerja dari setiap majlis ta'lim di PAC LDII Perwira mengirimkan utusanya baik dari Kalangan Ibu-ibu maupun remaja putri. Silahkan diikuti dengan baik, dan harapanya kegiatan ini bermanfaat," kata H. Suwartono. 

Di tempat yang sama, Tugiono, Ketua PC Bekasi Utara dalam keterangannya kepada Media menjelaskan, sesuai dengan tujuan utamanya pelatihan pembuatan bakso dilaksanakan untuk menjadikan peserta produktif dan bisa melakoni usaha yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian rumah tangga, sehingga tercipta kemandirian ekonomi keluarga.

"Di samping itu, apabila Ibu-ibu atau remaja putri mau usaha dan usaha itu  jalan dan berkembang maka akan membutuhkan karyawan. Dari sinilah terlihat bahwa program ini juga ikut menciptakan lapangan pekerjaan," papar Tugiono. 

Melihat manfaat yang dihasilkan, Ibu-ibu berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti saja, kalau bisa ada kelanjutan, seperti yang disampaikan oleh Ibu Hariyati dan Ibu Sumiyati Anas. 

"Harapan peserta adalah kegiatan ini bisa terus bergulir sehingga makin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya, khususnya Ibu-ibu dan remaja putri Majlis Ta'lim Baiturrohim Kelurahan Perwira," Tukas Ibu Sumiyati Anas Kordinator Bidang kemandirian PAC LDII Perwira.

Dalam kegiatan Pelatihan membuat Bakso, dihadiri oleh, Pembina PAC LDII Perwira H. Suwartono, Jajaran Pengurus PAC LDII Perwira, Ketua PC LDII Bekasi Utara Tugiono dan jajaran, Pemateri Maryanto, Ustad Ishaq Nurdin, Ibu-Ibu dan Remaja Putri Majelis Ta'lim Baiturrahim PAC LDII Perwira.

Pelatihan dan Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) pengolahan Bakso oleh Maryanto diawali dengan 
pemaparkan bagaimana pengolahan bakso, dari pemilihan bahan baku yang bagus, ukuran, komposisi bumbu dan langsung dipraktekkan. 

" Pelatihan membuat bakso ini harapannya semoga bermanfaat, bisa meningkatkan kemampuan yang sudah ada, karena semua Ibu-ibu pasti selama ini sudah sering bikin bakso. Ini juga bisa sebagai peningkatan promosi bagi para pelaku UMKM Bakso yang sudah jalan," papar Maryanto Ketua Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso) Kota Bekasi.

Caleg yang juga sebagai ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Bekasi itu juga mengungkapkan, Papmiso Kota Bekasi kekinian sudah menjalankan koperasi berbasis digital dan mempunyai Rumah Produksi Bersama (RPB). Sehingga, segala keperluan dan pengolahan bahan baku bakso kini sudah memiliki standar dan proses yang ketat.

"Jadi dalam RPB itu pengolahan bahan baku bakso, bumbu dan yang terkait dijamin halal, bersih dan bermutu. Dengan itu, kita tukang bakso punya daya saing dan mampu mengcounter isu-isu tak sedap kaitan dengan bakso," papar Maryanto.

H. Suwartono Pembina LDII PAC Perwira  dan Tugiono Ketua PC LDII Bekasi Utara 

Pengusaha bakso sukses yang kini bermimpi besar menjadi dewan ini, berharap dapat memberikan pertolongan dan bantuan kepada seluruh lapisan masyarakat di kota bekasi, untuk memperjuangkan hak-hak mereka sebagai warga kota Bekasi, sekaligus membawa banyak perubahan yang lebih baik untuk kesejahteraan dan kemajuan kota Bekasi. 

Melalui kerja-kerja nyata yang sudah dijalankan dengan cara turun langsung ke masyarakat, mendengarkan dan memberikan solusi terbaik di lingkungan, Maryanto  berharap dapat memberikan manfaat dan membawa banyak kebaikan serta kebahagiaan khususnya bagi masyarakat di wilayah Bekasi Utara dan Medan Satria. 

Harapan dan tujuan ini inshaa Allah dapat terwujud, tentu saja dengan bantuan doa dan dukungan dari warga Bekasi Utara dan Medan Satria pada pemilihan umum tanggal 14 Februari 2014 nanti.

Sebagai caleg, Maryanto menyasar semua kalangan termasuk generasi milenial. Laki-laki asal Wonogiri yang berdomisili di Kota Bekasi ini memantapkan hatinya untuk mengabdi  dan dengan niat untuk mengaktualisasikan pengalaman yang dimiliki.