Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kerja Bakti K3 di RW 06, Lurah Jaticempaka: Upaya Warga Ciptakan Lingkungan Berkualitas

Amir, S.E., Lurah Jaticempaka Kecamatan Pondokgede

REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Pelayanan Kelurahan  Jaticempaka, kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi dlakukan dengan  cara jemput bola. Selaras dengan Tagline "HEPI" yaitu Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif.

Semua pelayanan jemput bola dilakuan pihak kelurahan termasuk dalam pelaksanaan Kerja Bakti K3 yang menghadirkan warga Secara gotong royong.

Selain menggelorakan semangat gotong royong dan hepi, Kelurahan Jaticempaka proaktif dalam pemeliharaan lingkungan dengan Semangat gerakan antisipasi terhadap lingkungan, seperti disampaikan Amir lurah Jaticempaka di lokasi apel gabungan di Graha Waringin Asri RT 01 RW 06, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). 

Adapun wilayah kerja bakti K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) di RT 02 RW 06 Jalan Cempaka Jaya, Jalan Raya Jatiwaringin yang meliput  RT 1,3 dan 4 dan Komplek Cening Ati RT 01 RW 06.

Kegiatan kerja bakti K3 (kebersihan, ketertiban dan keindahan) meliputi  pengangkatan sedimen lumpur, pembersihan saluran penghubung, pembersihan sampah di jalan, pemotongan ranting, daun-daun kering, pembersihan rumput
 dan semua yang kurang rapi atau kurang bersih dirapikan dan dibersihkan. 
 
Tampak dalam kegiatan kerja bakti K3, Kasie Ekbang Kecamatan Pondokgede Mulyana Sjamsumar, Lurah Jaticempaka Amir, Kasie Pemtibum Supriyadi, para staf kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, TNI dari Koramil Pondokgede, satlinmas, LPM, BKM, Ketua RW 06 Suparno dan jajaran, para Ketua RT di RW 06, PKK, Posyandu, Karang Taruna, DBMSDA, Dinas LH, Dishub, para tokoh masyarakat, pelaku usaha dan warga.

"Hari ini kita ada beberapa kegiatan, yang pertama adalah melakukan apel gabungan dalam rangka Kerja Bakti memelihara Kebersihan, Keindahan, Ketertiban Lingkungan (K3L),  untuk kerja bakti K3 ini sudah diprogram dari RW 1 sampai 13 di hari sabtu," tukas Amir. 

Lanjutnya," kerja Bakti ini adalah kewajiban kita semua, jadi kita terapkan budaya gotong royong sebagaimana telah diajarkan nenek moyang kita. Ini kita lakukan dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, apalagi ini musim hujan selokan-selokan untuk dibersihkan, Selain itu dengan kegiatan K3 bersama sama ini bisa lebih mendekatkan kelurahan dengan warganya dan juga warga dengan pihak kelurahan," jelasnya. 

Suparno Ketua RW 06 Jaticempaka dan Ibu-ibu PKK Flamboyan 

Lurah Amir menjelaskan tagline HEPI  yang sering disampaikan dalam setiap pertemuan, apel dan kegiatan-kegiatan kelurahan lainya. menurutnya HEPI bukan hanya sebuah moto saja.

"Sebagai garda terdepan, kelurahan tentu lebih paham dengan kondisi setiap lingkungan masyarakat. Memang kondisi saat ini yang penting tetap menjalaninya dengan cara humanis dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dengah ramah dan tuntas," ungkap Amir.

Dalam berinteraksi, juga dengan cara edukatif, yaitu memberikan pemahaman dan  pendidikan yang baik sehingga mengarah pada hal positif dan bisa tersampaikan dengan baik. Sedangkan profesionalisme dalam moto tersebut, mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen melakukan profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalannya, mutu, kualitas dan tindak-tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional.

"Inovatif dan kreatif yaitu dengan cara menciptakan sesuatu yang berbeda dan berguna, dan tetap di dasari pada hal yang positif sehingga dampaknya baik untuk warga dan lingkungannya," jelas Amir. 

Suparno Ketua RW 06 kelurahan Jaticempaka menyampaikan bahwa kerja bakti ini rutin dilaksanakan dan mendapat dukungan dari semua pihak. 

"Kerja Bakti K3 seperti ini sudah biasa kami lakukan, dari kelurahan saja sangat peduli, pak lurah dan jajaranya selalu turun ke warga, maka dari itu kita semua semangat melakukan apapun yang pak lurah instruksikan seperti hari ini kegiatan kerja bakti K3. Alhamdulillah semua turun hari ini, semua Ketua RT juga hadir, karang taruna termasuk ibu-ibu posyandu, PKK, mereka  semangat ikut kerja Bakti dan menyiapkan konsumsinya. Adapun untuk Kerja Bakti sendiri selain membersihkan ranting-ranting pohon, sampah-sampah di jalan kami juga lebih fokuskan pembersihan sedimen lumpur, apalagi ini  musim hujan seperti yang pak lurah sampaikan tadi," kata Suparno. 

Di lokasi kegiatan K3 di RW 06, Kasiekbang kecamatan Pondokgede Mulyana Sjamsumar kepada media mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti adalah agenda rutin.

“Kerja bakti ini sudah menjadi agenda rutin, mewakili bapak Camat, yang biasanya beliau berkeliling disemua kelurahan. Kebetulan hari ini kerja bakti K3 dikelurahan Jaticempaka,  disampaikan oleh Pak Camat semua RT, RW dan semua pihak terkait untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang pemilu serentak dan tahun2024," ucap Mulyana. 

Kegiatan K3 kali ini mendapat respon positif dari tokoh yang juga Calon Legislatif DPR RI 2024, Ny. Dial Hasan. Menurutnya, kegiatan kerja bakti K3 (kebersihan,ketertiban dan keindahan)  mendorong kerja sama yang lebih baik dan sinergi dalam rangka mencapai tujuan K3 itu sendiri.

"Dengan adanya Lurah, RT, RW dan juga TNI mau turun ditengah-tengah masyarakat dengan memberikan edukasi lebih terkait masalah kebersihan dan keindahan, menurut saya itu hal yang sangat baik, itu sangat eksaited apalagi bagi warga perumahan yang sangat individual dan jarang dikunjungi," tutupnya.