Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Gema Pancasila Terus Berkiprah Kibarkan Pancasila dengan Mengedepankan Budaya Nusantara




REFORMASI-ID | Bekasi - Gema Pancasila organisasi yang melestarikan dan menjaga nilai-nilai luhur Pancasila terus berkiprah dengan mengedepankan dan merawat budaya nusantara. Jum'at, 03 Nobember 2023.

Budaya merupakan warisan leluhur dan jati diri bangsa yang harus dilestarikan dan dijaga. Indonesia salah satu negara yang memiliki berbagai macam budaya.

Gema Pancasila hadir untuk melestarikan dan mengangkat kembali budaya nusantara yang belakangan ini mulai terlupakan.

Dengan komitment menjaga dan melestarikan budaya nusantara, Gema Pancasila mendirikan sanggar budaya yang berlokasi di DPP Gema Pancasila, Kp. Cisaat, RT. 002, RW. 003, Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, dan terbuka untuk umum.

Abdul Rozaq Ketua Umum Gema Pancasila menyampaikan pentingnya menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila dan melestarikan warisan budaya nusantara.

"Didalam kehidupan sehari-hari sangat penting menjalankan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila," ujarnya.

Perlu diketahui, lanjutnya, Pancasila adalah pedoman negara dan Bhineka Tunggal Ika semboyan negara kita, disitu sudah jelas arti serta makna dari Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika untuk kehidupan berbangsa dan bertanah air.

"Jadi tidak ada ruang untuk membeda-bedakan satu sama lain, semua memiliki hak yang sama," tegasnya.

Selain itu, tambahnya, negara kita terkenal dengan negara yang kaya akan budaya, sungguh sangat miris jika warisan yang dititipkan oleh para leluhur tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

"Tidak bisa dipungkiri, saat ini budaya sudah mulai terkikis dengan peradaban jaman, berdirinya Gema Pancasila, salah satunya adalah menjaga dan melestarikan budaya, disini kita mengaplikasikannya dengan mendirikan sanggar seni budaya yang terbuka untuk umum," ucapnya.

Bukan itu saja, masih katanya, Gema Pancasila juga mengajak generasi muda untuk mengenal budaya.

"Kita menyatukan budaya dengan perkembangan teknologi modern, jadi kita berikan ruang kepada generasi muda untuk berkarya, tetapi tetap pakem budaya tidak dihilangkan, supaya tercipta perpaduan warisan budaya dan modernisasi agar budaya asli nusantara tidak terkikis oleh jaman," terangnya.

"Alhamdulillah sebagian generasi muda sudah bisa menerimanya, terbukti dari kesenian wayang kulit yang kita bina, hampir semua lelakonnya adalah anak muda, bahkan kita merekrut dalang muda yang masih duduk dibangku SMP," katanya.

"Tidak puas sampai disitu, Gema Pancasila akan terus mengangkat warisan budaya, perlu diketahui semua yang kami miliki hasil mandiri, tidak ada bantuan dari pihak manapun, karena niat kami hanya ingin berguna untuk nusa dan bangsa, kami masih mampu untuk berdiri sendiri demi terciptanya keutuhan NKRI," pungkasnya.

(Red)