Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

BPN Jakut Jadi Percontohan Dalam Penyelesaian PTSL


REFORMASI-ID | Jakarta - Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Utara, Taufik Suroso Wibowo mengungkapkan, Target penyelesaian program Pendaftaan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di BPN Jakarta Utara berjalan cukup signifikan.

Hal itu diungkapkan dalam zoom meeting yang diikuti oleh Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta Wartomo A.Ptnh, SH, MH, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim S.Ip.M.Si dan Bupati Kepulauan Seribu Junaedi.S.Sos .M.Si di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Dia mengatakan, dalam pelayanan penuntasan Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti PTSL di Kantor Badan Pertanahan Nasional Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu terbilang sukses tanpa residu.

"Hasil evaluasi penuntasan tidak ada residu atau tidak ada bidang tanah yang tidak diserahkan sehingga layak menjadi proyek percontohan bagi kantor BPN lainnya di Indonesia," kata Taufik.

Ia menyebutkan, bahwa PTSL yang ada di DKI Jakarta itu pendanaannya bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melainkan anggaran tersebut telah dikeluarkan oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Dimana setiap tahunnya pihak Kantor Pertanahan Kota Jakarta Utara mengadakan penyerahan sertifikat hasil program PTSL dari anggaran APBD,” ujar Taufik.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya telah berkolaborasi dengan stakeholder lainnya dalam penuntasan program PTSL tahun 2023 di mana hal tersebut tidak terjadi hambatan.

"PTSL yang berada di Kantor Pertanahan Kota Adminstratif Jakarta Utara bersama stakeholder lainnya ikut turun ke lapangan dalam penyerahan sertifikat PTSL. Maka saya juga telah mendapatkan info tersebut dari jajaran Kantor Pertanahan Kota Jakarta Utara,” terangnya.

Dia mengkaji terkait kelompok masyarakat (Pokmas) itu baiknya seperti apa dan ternyata setelah dianalisa maka dibuatlah volounter.

“Jadi setiap kelurahan harus ada volunteer dari tokoh masyarakat yang telah direkomendasikan dari pihak kelurahan dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, pemerintah kabupaten Kepuluan Seribu. Dan ternyata dengan adanya hal tersebut maka program PTSL di Jakarta Utara berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Sementara Kepala Kanwil BPN DKI Jakarta Wartomo mengatakan, Program ini menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali menyelesaikan dan menuntaskan sesuai target.

"PTSL sebagai program unggulan Kementerian ATR/BPN bukanlah program lips service," ujar Wartomo.

Dia menuturkan, Progres dan pencapaian PTSL selalu menjadi pusat perhatian publik dan program ini menjadi tumpuan pemerintah dalam mewujudkan harapan rakyat.

"Pentingnya kordinasi adalah salah satu kunci untuk menciptakan gol target program PTSL," pungkasnya.

(red)