Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Asyik...! Pemulung TPA Burangkeng Punya Rumah Singgah




REFORMASI-ID | Bekasi - Yayasan Hatta Kali Soka yang aktif dibidang sosial dan keagamaan, membuat rumah singgah untuk para pemulung yang berlokasi di Kp. Cinyosog, RT. 002, RW. 002, Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Minggu, 12 November 2023.

Kehadiran pemulung ditengah-tengah TPA Burangkeng sangat berdampak positif untuk mengurai dan mengurangi volume sampah.

Perlu diketahui, TPA Burangkeng sudah dinyatakan overload dari beberapa tahun yang lalu dan kurangnya perawatan serta pengawasan dari dinas terkait.

Yayasan Hatta Kali Soka yang diketuai Narman, sosok putra daerah setempat merasa tergerak untuk membantu para pejuang sampah yang ada diwilayahnya.

Narman melalui Yayasan Hatta Kali Soka secara mandiri membuat rumah singgah untuk para pemulung dan sopir angkutan sampah yang ingin beristirahat dan tidak memiliki tempat tinggal.

"Kita membuat rumah singgah untuk para pemulung dan sopir angkutan sampah yang merupakan pejuang sampah," ujarnya kepada media.

Kita tahu, sambungnya, tempat tinggal pemulung hanya sekedar bedeng disekitar tumpukan sampah yang jauh dari kata layak untuk tempat tinggal, serta sopir angkutan sampah yang harus rela antri berhari-hari bahkan sampai harus tidur dimobil hanya untuk mengangkut dan membuang sampah yang ada dimasyarakat.

"Sungguh besar jasa mereka dalam hal mengurai dan mengurangi volume sampah. Tapi, sungguh miris tidak ada perhatian khusus bagi para pejuang sampah ini," jelasnya.

"Kehadiran Yasasan Hatta Kali Soka, mencoba meringkan beban mereka dengan menyiapkan rumah singgah untuk ditempati pemulung dan tempat istirahat bagi sopir angkutan sampah," tambahnya.

"Program rumah singgah Yayasan Hatta Kali Soka, dengan tujuan agar memberikan kenyamanan bagi para plopor 3R, sesuai dengan amanat UU no. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial," pungkasnya.

(Red)