Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pj Wali Kota Bekasi pimpin Apel Operasi Mantap Brata Jaya 2023 - 2024 Tingkat Kota Bekasi


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Polres Metro Bekasi Kota dan Pemerintah Kota Bekasi melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Jaya 2023 - 2024 dalam rangka pengamanan pemilu 2024 di wilayah Kota Bekasi.

Pj Wali Kota Bekasi R. Gani Muhamad, S.H, M.A.P., menjadi pemimpin Apel pasukan didampingi Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani S.I.K M.P.M., dan Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait B.S M.M.D.S bertempat di Lapangan Alun - alun Bekasi, Selasa (17/10/2023).

Turut hadir dalam Apel Gelar pasukan dari unsur Forkopimda Kota Bekasi, KPU, Bawaslu dan Stakeholder lainnya. Untuk peserta apel sendiri terdiri dari Personil Polres Metro Bekasi Kota dan Polsek Jajaran, Kodim 0507/ Bekasi, Subdenpomdam 2/1 Bekasi, Satpol PP, Dishub, Linmas,  Senkom Mitra Polri dan Pokdarkamtibmas Bhayangkara. 

Apel gelar pasukan dimulai pada pukul 09.00 Wib diawali dengan laporan Komandan Upacara oleh AKP Parwoto, S.H, dimulainya apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Jaya 2023 - 2024 yang dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh inspektur Apel Pj. Wali Kota didampingi Kapolres Metro Bekasi Kota dan Dandim 0507/Bekasi.

Acara selanjutnya penyematan pita tanda kepada perwakilan personil operasi mantap brata jaya dari unsur TNI, Polri dan Linmas.

Inspektur Apel, Pj Wali Kota R. Gani Muhamad usai penyematan pita kemudian membacakan amanat tertulis dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam dimulainya Operasi Mantap Brata 2023-2024 kepada peserta apel gelar pasukan.

Berikut amanat lengkap Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Pj Wali Kota Bekasi R. Gani Muhamad S.H M.A.P.


Izinkan saya yang membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia pada pasukan operasi Mantap Brata 2023-2024, Selasa 17 Oktober 2023.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera bagi kita sekalian Shalom Om Swastiastu namo buddhaya salam kebajikan.

Yang saya hormati segenap unsur pimpinan daerah para pejabat TNI Polri dan instansi lainnya para tokoh agama dan tokoh masyarakat para tamu undangan dan peserta apel gelar pasukan yang saya banggakan. 

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya pada hari ini kita masih diberikan kesehatan serta kekuatan untuk dapat melaksanakan apel gelar pasukan operasi mantap brata 2023-2024 secara serentak di seluruh Indonesia.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel maupun Sapras operasi Mantap Brata 2023 sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Peserta apel dan para hadirin yang saya hormati pemilu 2004 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik pada masa depan bangsa sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2004 adalah momen politik yang sangat penting karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan serentak dalam tahun yang sama ini.

Pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita masa depan negara kita, melihat pentingnya hal tersebut maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024 Terlebih lagi Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan wilayah yang luas geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Oleh sebab itu guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI Kementerian lembaga instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya menggelar operasi Mantap Brata tahun 2023/2024 2023 sampai dengan 20 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 atau selama 222 hari yang diikuti oleh sejumlah 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personel korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara.

Sebagaimana untuk Brimob terbagi 4 wilayah zona Sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 zona bukan hanya itu Polri menyiapkan 2.000 personel Brimob Power on Hand Kapolri serta 8.500 personel Dalmas nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia sebagai dukungan terhadap operasi Mantap Brata 2023 2024 

Polri juga menggelar operasi Nusantara cooling system 2023-2024 untuk membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok guna mengantisipasi polarisasi akibat isu Sara propaganda file host host host dan black campaign yang dilengkapi dengan Satgas anti money politik serta Satgas Pemilu damai ini akan didukung oleh command Center di tingkat Mabes sebagai pusat kendali koordinasi komunikasi dan sampai dengan Polda jajaran melalui dukungan Sapres modern dan berbagai fitur yang ada di harapkan command center mampu mengintegrasikan data maupun informasi sehingga seluruh personel pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah.

Operasi Mantap Brata 2023 - 2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bangsa ikut berpartisipasi dan kesatuan bangsa ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas Kamtibmas pada Pemilu 2004 serta agar masyarakat Mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan 

Para hadirin yang saya banggakan, berdasarkan indeks kerawanan Pemilu Bawaslu sampaikan terdapat 5 provinsi dan 85 kabupaten kota berkatagori kerawanan tinggi serta Berdasarkan indeks kerawanan Pemilu tahap 3 dari POLRI terdapat 2 provinsi dan 1 Kabupaten dari kata berkatagori sangat rawan wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan.

Segera lakukan langkah antisipasi sedangkan bagi wilayah lainnya jangan under estimate dengan mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke Akar masalah. 

Penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP yang sudah mengganggu stabilitas Kamtibmas maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP yang memegang teguh asas proporsionalitas legalitas akuntabilitas serta nesesitas.

Khusus terkait bencana alam koordinasikan dengan TNI, BNPB BMKG, Basarnas dan stakeholder lainnya sehingga bencana dapat dimitigasi. Siapkan pula rencana antisipasi bekerjasama dengan penyelenggara Pemilu apabila nantinya dapat situasi bencana alam di suatu daerah contohnya mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian.

Terorisme juga harus menjadi perhatian serius pada penyelenggaraan pemilu 2019 terdapat 6 (enam) serangan teror ditahun 2019, ini tidak boleh terjadi di pemilu 2024 terlebih saat ini perang antara Hamas dengan militer Israel sedang bereskalasi dimana Hal ini dapat di mana hal ini dapat berdampak. Deteksi aksinya sehingga kita bisa memastikan tidak ada kejadian sekecil apapun pada pemilu 2024. 

Selanjutnya terkait tindak pidana Pemilu agar melakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar, Sentra Gakkumdu, agar penanganan pelanggaran penyelesaian tindak pidana Pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat 

Laksanakan tugas dengan penuh semangat dan para hadirin yang saya banggakan pada kesempatan yang penuh semangat dan kebersamaan ini terdapat penekanan untuk dipedomani serta sebagai berikut;

1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua.

2. Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi dan fasilitas penunjang lainnya sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi ketika laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab Humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan Body system untuk menjamin keselamatan personel. 
4. Untuk melakukan pengawasan melekat kelapangan, melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing.

5. Lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang Prima hal ini penting mengingat operasi yang kita laksanakan dalam pemilu 2024 dilakukan sangat panjang waktunya dan upaya cooling system agar masyarakat berpartisipasi penuh mendukung penyelenggaraan pemilu 2004 dan terhindar dari polarisasi tingkatkan sinergitas dan soliditas pengamanan maupun stakeholder terkait karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi.

Para peserta apel yang berbahagia terakhir saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personel yang terlibat Mari bersama-sama kita amankan Pemilu 2024 demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045 yang kita cita-citakan bersama sama.

Semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan perlindungan kekuatan serta keselamatan kepada kita dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara Sekian dan terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Dalam apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Jaya 2023-2023 di Alun alun M. Hasibuan Bekasi Selatan, Polres Metro Bekasi Kota menggelar peralatan baik roda 2 dan roda 4 serta peralatan dari Kodim 0507/Bekasi.

Untuk personil yang disiapkan sendiri dari Polres Metro Bekasi Kota menyiapkan personil sebanyak 2/3 dari Anggota Polres Metro Bekasi atau sekitar 920 personil.

Acara Kegiatan diakhiri dengan photo bersama dengan Forkopimda dan peserta Upacara dan selama kegiatan berjalan dengan lancar.