Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Puncak HUT Koperasi Ke-76, Pemerintah Kota Bekasi Berikan Penghargaan



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono memberikan penghargaan kepada 10 koperasi berprestasi, 5 tokoh gerakan Koperasi dan pemenang lomba paduan suara Mars koperasi kategori gerakan koperasi dan kategori Sekolah Dasar.

Pemberian penghargaan dalam puncak peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-76  digelar di Halaman Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Senin (7/8/2023).

Plt. Wali Kota Bekasi mengucapkan terima kasih dan menjadikan momentum membanggakan tersebut sebagai motivasi untuk menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian, utamanya di Kota Bekasi. 

"Koperasi ini memiliki peran besar dalam menjaga stabilitas ekonomi. Di Kota Bekasi keberadaan koperasi sangat membantu pembangunan kota, maka ini luar biasa," ujar Plt Wali Kota. 

Dia juga meminta Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Bekasi (Dekopinda) untuk meningkatkan jumlah anggota koperasi yang baru 10 persen dari jumlah warga Kota Bekasi sebanyak 2.5 juta orang.

“Dari 2,5 juta baru 10 persen anggota koperasi. Koperasi bisa meningkatkan kesejahteraan dengan falsafah hidup gotong royong,” jelasnya.

Dia juga menilai produk UMKM sudah naik kelas dengan mendapat dukungan pembuatan dari pemerintah kota yakni melalui Bank Syariat Patriot.

“Terus dikembangkan dengan jumlah anggota koperasi makin banyak sehingga makin banyak masyarakat kota Bekasi yang sejahtera,” kata Tri. 

Diketahui, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto baru saja meraih penghargaan dari dewan koperasi nasional (dekopin) RI sebagai Totoh Penggerak Koperasi Madya.

Sementara itu, Kepala dinas koperasi dan UKM Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, Di tahun 2023 ini Kota Bekasi menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan rangkaiannya sudah dimulai dari satu bulan yang lalu, dan hari ini adalah melaksanakan Puncak upacara hari koperasi itu adalah lomba-lomba yang diselenggarakan.

"Saya sebagai kepala dinas koperasi dan UMKM Kota Bekasi pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih dan ucapan bangga terhadap koperasi-koperasi yang ada di kota Bekasi ternyata Alhamdulillah koperasi sangat maju berkembang dan antusias masyarakat sangat tinggi,"Ucapnya 

Lebih lanjut,Yayan juga menghimbau kepada UMK maupun Koperasi untuk melengkapi legalitasnya baik itu perizinan secara administrasi.

"Insyaallah kami dari dinas akan membantu dan memfasilitasi keperluan-keperluan yang diperlukan oleh koperasi,"ucapnya 

 Di tempat yang sama, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Bekasi (Dekopinda) periode 2020-2025 H. Ade Ardiansyah mengungkapkan, Dalam rangka hari Koperasi ini, di mana ekonomi kerakyatan bangkit kita berikan apresiasi untuk koperasi-koperasi hampir kurang lebih 1200 operasi yang ada di kota Bekasi.

"Kedepan adalah, bagaimana pemerintah akan peduli melihat perkembangan koperasi yang ada di kota Bekasi, dengan menambahkan koperasi melalui dana-dana bergulir, karena koperasi adalah ekonomi kerakyatan. apalagi zaman bung Hatta itu untuk mendorong ekonomi dan menyaingi daripada badan hukum kapitalis maupun usaha-usaha ekonomi yang bersifat gotong royong," Jelasnya. 

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa peringatan Hari Koperasi ke 76 ini menjadi momentum kebangkitan koperasi dan UMKM di kota Bekasi.

Menurutnya, ada 400 pelaku usaha kecil dan 50 koperasi di Kota Bekasi yang ikut berpatisipasi di kegiatan hari itu.

"Mari kita sama-sama menggerakkan koperasi untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan gotong royong dan kekeluargaan menjauhkan masyarakat dari rentenir dan pinjol," tegasnya. 

Sementara itu, Ketua Koperasi Triad Bekasi Keren, Era Rahma Nugrahanti mengucapkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat serta karunia Nya sehingga Koperasi Triad Bekasi Keren bisa tampil mengikuti berbagai kegiatan rangkaian hari Koperasi ke-76.

"Alhamdulillah kami bisa terlibat secara langsung semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke-76 dan saat ini adalah Puncak nya. Alhamdulilah juga kami juara satu lomba paduan suara koperasi dan hari ini diberikan penghargaan. Bahwa saat ini koperasi lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial budaya secara global. “Dengan ini, saya berharap koperasi mampu menjawab tantangan zaman serta memiliki daya saing dan daya sanding yang kuat. Koperasi diharapkan menjadi Lokomotive Perekonomian di Indonesia, yang mampu menghadapi berbangai tantangan. Ini terbukti pada saat pandemi, disaat banyak perusahaan yang gulung tikar, namun koperasi mempunyai kekuatan kolektif kolegial yang sangat kuat. Saya juga berharap koperasi terus melebarkan sayap, serta memperluas ruang garap koperasi,” papar Rahma.
Wawan Andri Suhendro, Ketua Pengurus Koperasi Jasa Marga Bhakti 8 yang juga tokoh gerakan koperasi, dalam bincang dengan LUGAS/MRI menjelaskan. Usia 76 th , Koperasi selain menjadi penggerak perekonomian berskala kecil , Koperasi juga harus bisa mengejar ketertinggalanya dengan Badan Usaha yang lain untuk bisa mengambil peluang Usaha yang skala Ekonominya jauh lebih Besar.

" Peran koperasi sangat penting untuk kesejahteraan para anggota. Maka itu koperasi harus dikelola secara berkelanjutan dan transparan, melakukan pengembangan kehidupan berkoperasi. Karenanya, jadikan koperasi sebagai badan usaha yang sehat, dengan mengedepankan asas tata kelola yang transparan, akuntabel, kemandirian, pertanggungjawaban dan kewajaran, mengacu nilai-nilai dan prinsip koperasi. Jangan hanya koperasi berpikir hanya buka toko dan simpan pinjam saja, tapi ke sekala yang lebih besar lagi. Kami sendiri sudah melakukan, seperti kami ikut lelang dan usaha-usaha besar yang lain. Koperasi supaya melakukan pengembangan usaha dan meningkatkan daya saing, seperti, meningkatkan jumlah dan volume usaha  jangan takut,  koperasi adalah badan udaha, berpikir ke orientasi bisnis yang lebih besar lagi," Pungkas Wawan.