Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Memulyakan Anak Yatim, Pesan Silaturahmi DMI/DKM - RW se- Kayuringin Jaya di Masjid Al-Muhajirin Ciremai Raya



REFORMASI-ID 🇮🇩 Kota Bekasi - Dalam ajaran agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menyayangi dan menyantuni anak yatim. Memberikan santunan anak yatim merupakan tindakan yang mulia dan mendatangkan berbagai pahala. Seperti halnya gabungan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kayuringin Jaya yang kembali menyantuni 231 anak yatim bertempat di Masjid Jami' Al Muhajirin Ceremai Raya , Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat Sabtu (19 Agustus 2023).

Acara diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya pembacaan ayat suci Alquran, sambutan-sambutan, ceramah dan doa yang dibawakan oleh Ustazd Drs. Bali Pranowo, MC Ustadz Fachri Husaini. 

Kegiatan santunan sekaligus Forum Silaturahmi DMI/DKM-RW se- Kayuringin Jaya mengangkat tema "Mulyakan Bulan Muharam dengan Santunan Anak Yatim" bersama DMI Kayuringin Jaya dan Plt Wali Kota Bekasi.

Anak-anak yatim yang diundang sebanyak 231 anak, semua anak yatim mendapatkan santunan dari donatur yang diserahkan langsung oleh Camat Bekasi Selatan mewakili Plt Wali Kota Bekasi  Dr. Tri Adhianto Tjahyono.,Lurah Kayuringin Jaya, Ketua DMI Kota Bekasi, Ketua DMI Kecamatan Bekasi Selatan, Ketua DKM, Ketua RW dan para tokoh yang hadir. 

Sejumlah tamu undangan hadir dari unsur aparat pemerintah, aparat keamanan Babinsa- Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat.

Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono diwakili Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya bersama Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar, dan Ketua Seksi Sosial RW 21 H Irfangi selaku penggagas kegiatan.
Tampak hadir juga Ketua DMI Kota Bekasi KH Jaya Jaelani, Ketua DMI Bekasi Selatan KH Muhammad Sodik, Ketua Forum DKM Arifin Harahap, Ketua Forum RW H Yoyo Sutaryo, Ketua Majelis Umat Beragama H.M Chairuddin, Ketua MUI Bekasi Selatan H Ahmad Sugandi, dan Ketua LPM Kayuringin Jaya Isdiyanto.

Selaku tuan rumah yakni Ketua DKM Masjid Al Muhajirin H Abdullah, Ketua RW 11 Yulianto dan Ketua RW 13 Nenden Itje Aisah.
Ceramah agama dan doa bersama oleh Ustadz  Bali Pranowo yang menyampaikan tentang memuliakan anak yatim. 

"Semoga dengan bantuan ini dapat sedikit membantu anak yatim dan semoga pahala yang betlipat ganda kepada hamba hamba Allah yang sudah sodakoh dan berinfaq." Kata H. Irfangi, Kordinator Santunan Anak Yatim.

Secara khusus, Camat Bekasi Selatan, Karya Sukmajaya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto atas bantuan 231 buah sarung untuk anak anak yatim.

"Terimakasih kami sampaikan kepada Plt Wali Kota Bekasi yang Sudja memberikan bantuan sebanyak 231 sarung untuk anak-anak yatim piatu," katanya.

Dia berharap kegiatan santunan bisa meluas ke seluruh DKM Masjid di Bekasi Selatan.

Dia juga mendoakan kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut diberikan kesehatan dan kemudahan dalam urusannya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bekasi H. Jaya Jaelani juga menyampaikan penghargaan kepada tuan rumah dan panitia yang telah mengadakan kegiatan hari itu. Dia juga berpesan kepada anak- anak yatim untuk giat belajar sehingga bisa sukses dan menjadi donatur kelak.

"Saya berpesan kepada anak-anak sekalian belajar dan belajar. Dengan belajar insya Allah akan diangkat derajat orang yang berilmu dan patuhi orang tua patuhi guru sehingga bisa menjadi anak yang berhasil," pesannya.

Pada kesempatan itu Dia mengajak seluruh DKM untuk mengurus sertifikasi tanah wakaf masjid masing-masing agar memiliki kekuatan hukum sehingga tidak terjadi sengketa ke depannya.

"Apabila ada masjid yang sudah berlebih atau tanah fasus dan fasum. Kita berupaya agar tanah fasilitas khusus dan fasilitas umum supaya bisa mendapat rekomendasi dari Walikota untuk disertifikatkan menjadi masjid yang sudah selesai sertifikatnya yang mudah-mudahan di sebuah proses demokrasi selatan pada masjid yang sudah diwakafkan supaya lebih cepat dan mudah disampaikan ke DMI Kecamatan supaya jangan sampai ada dan wakaf digugat," terangnya.

Ketua DMI Bekasi Selatan KH Muhammad Sodik berharap seluruh masjid atau DKM di Bekasi Selatan bisa bersatu dalam kegiatan sosial.

"Sekarang 10 masjid saja Sudah begitu meriahnya. Kami DMI Bekasi Selatan mendukung penuh program program DMI atau DKM di Kelurahan Kayuringin Jaya semoga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT," tandasnya.


Sementara itu, Ketua DMI Kayuringin Jaya Arifin Harahap menyampaikan terimakasih kepada pihak DKM Al Muhajirin yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan hari itu.

"Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tuan rumah masjid Al Muhajirin," ucapnya.

Secara khusus Dia menyampaikan rasa penghargaan terhadap keterlibatan ibu-ibu majelis ta'lim dari Masjid Al-Muhajirin dan Istiqomah. 

"Ibu-ibunya sangat berpartisipasi, ini menjadikan percontohan juga untuk DKM-DKM lainnya.Selain itu saya sampaikan kembali, bahwa Kepedulian kepada anak yatim merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim, dana yang ada untuk sedekah dan disalurkan," pungkasnya.