Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Idul Adha 1444 H DKM Baitul Karim PAC LDII Jakasetia Potong 21 Sapi dan 10 kambing



REFORMASI-ID 🇮🇩 Kota Bekasi - Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 umat Islammelaksanakan pemotongan hewan Kurban, hal tersebut sebagai keteladanan atas ketekunan dan keimanan Nabi Ibrahim dalam melaksanakan perintah Allah, hingga bersedia mengorbankan anaknya sendiri.

Dalam menyikapi momentum Idul Adha setiap tahunnya, Lembaga Dakwa Islam Indonesia (LDII) Kota Bekasi, turut ambil bagian menjadikan agenda tahunan rutin untuk melaksanakan pemotongan hewan qurban yang selanjutya dibagikan kepada masyarakat, khususnya kaum dhuafa, seperti yang rutin di adakan pemotongan hewan kurban kolaborasi DKM Baitul Karim dan PAC LDII Jakasetia, bertempat di Jalan Bonjol RT 007 RW 003 Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi Jawa Barat,  Kamis (29/6/2023).

Sebelum pemotongan hewan kurban ada penyerahan Sapi Kurban dari DKM Baitul Karim yang diwakili oleh H.Sukardi kepada DKM Masjid Al Hidayah dan Masjid As Sobirin. 

Suasana kebersamaan dan persaudaraan terpancar dengan kuat ketika PAC LDII Jakasetia dan DKM Baitul Karim, yang diwakili oleh H. Sukardi, secara simbolis menyerahkan hewan qurban kepada DKM AI Hidayah, yang di terima oleh ketua DKM AI Hidayah H. Alfian Lubis, Hal ini di lakukan Dalam rangka pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha tahun ini. Kedua lembaga tersebut memiliki peran penting dalam memfasilitasi ibadah umat Muslim di lingkungan RT 07/03 Kelurahan Jakasetia,Kecamatan Bekasi Selatan. 

Dalam prosesi penyerahan, H. Sukardi,di dampingi H.Mardani ST, dan H.Karnila menyampaikan harapannya agar hewan qurban tersebut dapat memberikan manfaat bagi jamaah Masjid Al Hidayah dan masyarakat sekitarnya.

Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya dan Wakil Ketua PAC LDII Jakasetia H. Muhammad Alimin

H. Alfian Lubis didampingi jajaran pengurus Al-hidayah mengucapkan terimakasih kepada PAC LDII Jaka setia atas kepedulian dan kebersamaanya. 

"Kami ucapkan terimakasih Kepada DKM Baitul Karim dan juga LDII atas kerja sama yang telah terjadi selama ini. Hewan kurban akan kami salurkan ke yang berhak menerima, semoga semangat kebersamaan dan persaudaraan ini selalu terjalin baik guna memperkuat ketakwaan dan memperkuat kepedulian soaial diantara kita," kata H. Alfian Lubis. 

Sementara itu wakil Ketua PAC LDII Kelurahan  Jaka Setia, H. Muhammad Alimin yang juga panitia pemotongan hewan kurban menyampaikan, bahwa kegiatan ini melibatkan warga di lingkungan sekitar masjid Baitul Karim PAC LDII Jakasetia. 

"Alhamdulillah tahun ini kalau dilihat dari kualitas  meningkat dibanding tahun lalu. Saat ini 60 persen juga sapi limousin. sedangkan jumlahnya saat ini 21 ekor sapi dan 10 ekor kambing untuk di Masjid Baitul Karim, dan kurban tahun ini sapinya juga lebih besar dan lebih berbobot, sebenarnya kalau titik pemotongan hewan Kurban PAC LDII Jaka setia ada di beberapa tempat, hanya di tempat ini sejumlah 21 kalau LDII PAC Jaka Setia keseluruhan digabung jumlahnya pasti akan lebih banyak lagi," ujar H. Alimin. 

Acara kurban dimulai dengan pengarahan pembagian tugas dan mekanisme pembagian daging kurban.

"Kami sudah pengalaman dari tahun ke tahun, hari ini  800an bungkus dibagikan untuk warga sekitar dengan menukarkan kupon, dan tahun ini ada peningkatan kualitas terutama dari jumlah berat sapi, alhamdulillah sapinya besar-besar dibandingkan sebelumnya,Semangat kebersamaan alhamdulillab terus bertambah, baik dari jamaah maupun warga sekitar, lihat saja di setiap lokasi pemotongan hewan kurban, tidak ada satupun yang tidak beraktifitas, mulai dari yang tua, pemuda bahkan remaja putra, remaja putri dan ibu-ibu semua ikut bekerja bersama, tandas H. Alimin. 

Pelaksanaan kurban warga LDII Jakasetia diapresiasi oleh Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya. Menurutnya, kurban menjadi momentum LDII untuk saling berbagi dan semakin dekat dengan masyarakat.

“Hari ini saya kunjungi beberapa titik pemotongan hewan kurban, Saya turut senang melihat antusiasme para DKM Bersama warga mewujudkan hewan kurban.  Dengan LDII sendiri saya berkunjung di beberapa tempat hari ini, saya salut dengan kepanitiaan LDII, semua rapi dan cepat bekerja, kelihatan sekali sudah berpengalaman. Dengan kurban ini saya harap LDII yang sudah baik ini bisa menjadi lebih baik dan menjadi percontohan, terutama dalam semangatnya berkurban, selain itu itu LDII agar lebih dekat lagi dengan masyarakat, tokoh masyarakat, dan lembaga sekitar, ” tutup Camat. 

Ibu-ibu Jamaah pengajian Baitul Karim PAC LDII Jakasetia menyiapkan segala keperluan makan dalam kegiatan pemotongan hewan kurban

Pantauan LUGAS/MRI, di sejumlah lokasi pemotongan hewan qurban di lingkungan LDII Kota Bekasi, terlihat ramai dan tertib, tampak tua muda bekerja bersama tanpa membedakan usia dan status sosial. Ada yang menguliti, memotong, hingga
 membersihkan jeroan (isi perut).

Kegiatan Pemotongan hewan Kurban dihadiri jajaran pembina LDII, Ketua DPD LDII Kota Bekasi Ary Widjanarko, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya dan jajaran, Pengurus PAC LDII, Ketua DKM Baitul Karim dan jajaran, Pihak Polsek, Pihak kelurahan dan para tokoh serta semua jamaah LDII.

 Kesuksesan kegiatan penyembelihan hewan kurban idul adha 1444 Hijriah tidak lepas dari kepanitiaan PAC LDII, para remaja LDII dan ibu-ibu jamaah masjid Baitul Karim.

Dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban diperbantukan juga sebagai tim pengamanan dari senkom Mitra Polri Bekasi Selatan dibawah pimpinan Muhammad Aris Munandar.

" Allhamdulillah semua aman dan lancar, semua juga senang dan kenyang serta semangat." tutup Aris.