Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Wisata Alam Bogor Diminati, Sampah Mulai Tak terkendali




REFORMASI-ID | Bogor - Carsa Hamdani setelah resmi menjadi Ketua DPD Koalisi Kawali Indonesia Lestari Bogor dengan Nomor SK : 024/ SK KAWALI/V/2023 pada tanggal 9 Mei 2023 lalu, menyampaikan statement awalnya bahwa masalah sampah menjadi prioritas program di wilayah Bogor. 

Beberapa data yang dia peroleh bersama tim menemukan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan oleh para wisatawan yang berkunjung di obyek- obyek wisata alam beberapa tempat di Bogor. 

"Sebagian masyarakat juga masih ada yang membuang sampahnya ke kali-kali kecil/selokan yang nantinya  masuk ke pengairan persawahan dan sungai. Sampah yang tidak terkelola dengan baik itu  jika dibiarkan akan menjadi masalah lingkungan yang serius," ungkapnya.

Dia menambahkan, banyak sekali dijumpai sampah-sampah seperti  plastik, styrofoam, bungkus makanan ringan dll  yang berserakan di tepi sungai bahkan di dalam tempat wisata alam  tanpa terkelola. Yang lebih memprihatinkan adalah sampah dibuang dipinggir-pinggir jalan  dan menjadikannya tempat pembakaran dan pembuangan sampah liar.

"Kami menilai masih banyak para pengelola wisata alam di Bogor serta masyarakat wilayah Bogor minim pengetahuan akan pengelolaan sampah yang baik dan benar, tegasnya. Perlu pemantauan, pendampingan dan kontribusi yang serius dari para stakeholder maupun para pemerhati lingkungan juga relawan dalam pengelolaan sampah di wilayah tersebut," jelasnya.

"Mengingat Bogor adalah salah satu icon panorama keindahan alam di Jawa Barat, dan juga hulu sungai yang mengalir ke Laut Jawa, maka kami sebagai pemerhati lingkungan dalam wadah Koalisi Kawali Indonesia Lestari Bogor,  merasa terpanggil untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh sampah," tegasnya.

Program-program pengelolaan lingkungan, sambungnya, yang berkelanjutan juga edukasi tata kelola sampah di titik-titik sampah liar dan area wisata alam di wilayah Bogor menjadi prioritas awal agenda kegiatan yang akan kami lakukan. Selain itu, perlu juga ditegaskan disini bahwa jangan sampai Bogor menjadi penyumbang sampah ke laut melalui sungai-sungainya.

"Kini masalah sampah menjadi perhatian dan prioritas program kami dalam upaya pelestarian & pengelolaan lingkungan hidup di wilayah Bogor. Harapan kami, program ini mendapat dukungan dan respon positif dari berbagai pihak agar Bogor tetap selalu indah, bersih dan lestari," tutupnya.
(Red)