Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Tim Monev Kota Bekasi Sambangi Jakamulya Bekasi Selatan, TP PKK Optimis Menang


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaanya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera,  maju serta mandiri,  kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. Hal ini disampaikan Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto saat monitoring langsung dan evaluasi 5 Lomba 10 program pokok PKK di lapangan serbaguna di Taman  Cikunir Indah, Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, lKota Bekasi, Rabu (24/5/2020). 

"PKK sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah, PKK hidup tumbuh dari bawah, mari kita sejahterakan masyarakat kita sendiri, di sekitar kita, di sebelah rumah kita. Dengan perlombaan seperti ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pelaksanaan Gerakan PKK Keluarga Sehat, tanggap, dan tangguh. Para kader diimbau agar nantinya dapat mempraktikkan berbagai pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan tersebut., "jelasnya.

Penilaian dalam lomba kali ini tentunya hal ini tidaklah menjadi hambatan karena kegiatan yang dibantu oleh para kader yang handal dan tim penggerak PKK berkolaborasi dengan unsur terkait dalam mensukseskan kegiatan ini.

Melihat makalah dan video lima lomba dan sepuluh program pokok PKK yang telah disampaikan tentunya berharap dengan hasil penilaian langsung ini akan lebih baik dari apa yang telah di buat dalam video.

"Pengurus dan kader PKK harus berperan aktif dalam masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesehatan masyarakat serta menjaga kelestarian dan keberhasilan lingkungan". Tandasnya.

Program PKK ini memang bertujuan untuk meningkatkan masyarakat Kota Bekasi dalam berkehidupan sehat, sejahtera dalam berkehidupan juga menjada kelestarian lingkungan dengan merawat menjaga masyarakatnya untuk tetap mematuhi apa yang mejadi langkah membuat kampung yang bersih indah dan damai.

Evaluasi monev kali ini kita sama sama mengajak unsur dinas terkait seperti DP3A, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perpustakaan dan Arsip untuk dapat melihat dan menilai langsung apa yang menjadi program kerja PKK.

"Saya berharap monitoring dan evaluasi kali ini dapat memberikan hasil yang terbaik dan semoga apa yang kita laksanakan hari ini senantiasa mendapatkan keridhoan Alllah SWT." Papar Tri. 

Sementara itu karya Sukmajaya  Camat Bekasi Selatan mengucapkan terima kasih kepada semua yang menghadiri kegiatan ini  dan kehadiran tim monitoring dan Evaluasi pemerintah Kota Bekasi  dan semua tamu undangan. 

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada tamu yang hadir, dari plt Wali Kota Bekasi, Ibu plt ketua TP PKK Kota Bekasi, para tim penilai, pihak kecamatan kelurahan, RW maupun semua yang hadir termasuk para tokoh. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses," Kata Camat dalam  sambutan Slamat datangnya.

Tampak hadir dalam kegiatan  monitoring dan Evaluasi 5 lomba 10 Program Pokok PKK Pemrintah Kota Bekasi, DR. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE., MM Plt. Walikota Bekasi, Karya Sukmajaya, S.AP., M.Si Camat Bekasi Selatan dan jajaran, Iptu Sugiman Panit I Binmas Polsek Bekasi Selatan, para Lurah se-Kecamatan Bekasi Selatan, ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Para Ketua RW, Ketua FKRW, ketua RT, karang taruna, Ormas PBB Ranting Jakamulya, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga. 

Hj. Nur'aini Bahrudin Ketua TP. PKK Kelurahan Jakamulya

Hj. Nur'aini Bahrudin, Ketua TP. PKK Kelurahan Jakamulya yang menyampaikan ekspose program dan kegiatanya menjelaskan, bahwa dengan hadirnya tim monev program PKK dari Pemerintahan Kota Bekasi adalah untuk memonitoring dan menilai program - program PKK  Jakamulya sebagai perwakilan  Kecamatan Bekasi Selatan. 

Menurut Hj. Nur'Aini Bahrudin ada beberapa yang nanti akan dinilai oleh tim moitoring dan evaluasi dari Kota Bekasi yang sudah disiapkan seperti, Administrasi PKK dari sekretaris Pokja 1 sampai 4, Paredi (simulasi) Pola asuh anak di jaman era globalisasi, Rumah dilan (rumah ketrampilan) termasuk UMKM, Taman baca /perpustakaan, Aku Hatinya PKK (Amalkan, kukuhkan, halaman tertib indah dan nyaman), Toga (taman obat keluarga), Ternak beberapa enis Ikan, rumah sehat dan Posyandu.

Kesuksesan acara penilaian  oleh tim Monitoring dan Evaluasi di Jakamulya tidak luput dari peran ketua RW 0Il  Muhammad Edy. Dalam wawancara dengan LUGAS/MRI, Edy menyampaikan bahwa kesuksesan terjadi karena semua unsur berperan. 

"Kegiatan ini kami siapkan matang bersama PKK, Posyandu, para pengurus RW, RT maupun Karang taruna, jadi setelah ada pemberitahuan pak lurah, kami langsung berbenah dan mempersiapkan segala sesuatunya, alhamdulillah bisa terlihat saat ini, ya walaupun kekurangan itu pasti ada, sebagai ketua RW  kami  yakin Kami bisa menang karena semua syarat sudah kami penuhi," tutur Edy.

Di tempat yang sama, H. Bahrudin Lurah Jakamulya mengatakan, bahwa penilaian oleh tim monitoring dan evaluasi wilayah yang menjadi objek penilaian adalah Jakamulya yang merupakan wwilayahnya, dirinya merasa bersyukur dan bangga. 

" Kegiatan hari ini adalah kegiatan yang positif, bahkan bisa nanti wilayah lain mencontoh kegiatan serupa seperti di sini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, semua objek penilaian disiapkan dengan baik. Kami libatkan semua unsur yang ada.

"Jadi, target capaian realisasi dari TP PKK bisa lebih optimal, apalagi dalam kegiatan ini ditambah adanya bazar produk UMKM, produk warga sendiri, kita sudah berupaya  semaksimal, kita libatkan semua, tentunya sebagai lurah kami sangat berterimakasih kepada ketua RW, PKK, Posyandu, Karang taruna dan semua yang terlibat. Kita sudah berupaya memberikan yang terbaik, adapun masalah hasil kita serahkan pada Allah SWT" tutup H. Bahrudin dengan merendah.