Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Konsistensi Santunan Anak Yatim di Kayuringin Mendapat Apresiasi Berbagai Pihak


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Bulan Ramadhan merupakan momen spesial bagi kita umat Islam. Di bulan suci ini, semua berlomba untuk memberikan yang terbaik, salah satunya mempersiapkan kebutuhan dalam menjalankan ibadah puasa. Selain itu ada amalan yang sudah diperintahkan langsung oleh Allah SWT untuk semua umat-Nya. Salah satunya adalah dengan menyantuni anak yatim yang diwajibkan bagi mereka yang mampu.

Seperti kegiatan santunan anak yatim yang dilaksanakan rutin setiap bulan oleh gabungan Enam (6) DKM masjid yang ada di kelurahan Kayuringun Jaya yaitu, DKM Masjid Ar-Ridho RW.021, DKM Masjid Al-Anshor RW.022, DKM Masjid Jami Nurul Ihsan RW.025, DKM Masjid Al-Mubarok RW.002, DKM Masjid Jami Nurul Hikmah RW.001 RW.010 dan DKM Masjid Al-Ittihaad - RW.018.

Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua Forum Kerukunan Rukun Warga (FKRW), sejumlah Ketua RW dan Ketua DKM serta jajaran pengurus dan Perwakilan se Kayuringin Jaya menghadiri kegiatan santunan Anak Yatim di Masjid Al - Ittihaad Jalan Tampomas Raya RW 018, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (26/03/2023).

Kegiatan rutin yang diprakarsai oleh Seksi Sosial dan Kematian RW 021 bersama 6 DKM meyantuni 184  anak yatim yang tersebar di beberapa RW di Kelurahan Kayuringin Jaya.

Ketua DKM Masjid AL-IttIhaad H. Abdul  Aziz  Lubis selaku Shohibul Bait dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih dan menyampaikan kegiatan di Yayasan Al-Ittihaadurrohmah. 

"Kami tentunya berterima kasih kepada Ketua FKRW H. Yoyo dan H. Irfangi kami bisa ikut dalam kegiatan santunan Anak yatim, dan hari ini kami DKM Masjid yang ke-6, kami sampaikan juga bahwa Kami ada di dalam Yayasan  Al-Ittihaadurromah, kegiatan kami ada di Masjid Al-Ittihaad yang juga dalam pemberdayaan Masjid Melalui Kegiatan TPA dan Bimbingan Belajar." ucap H. Abdul Aziz Lubis.

Sementara itu dalam sambutan mewakili 6 DKM Ir. H. Hengki Brahmantio menyampaikan, bahwa kegiatan santunan anak yatim adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan, selain itu disisi tausiah. kegiatannya menjadi ajang silaturahmi dengan para DKM, Para Ketua RW, pemerintahan dan  para jamaah,  DKM Masjid Al-Ittihaad merupakan DKM yang ke - 6 yang mendukung kegiatan santunan  anak yatim.

H. Yoyo Sutaryo, ketua FKRW dalam sambutanya menyampaikan dukungan dan apresiasinya bahwa kegiatan santunan rutin itu semakin bertambah dan mendukung apabila ada kegiatan lanjutanya. Menurut H. Yoyo bagi anak-anak yang berprestasi hapal 30 juzz juga akan dipermudah dalam urusan pendidikan dan pekerjaan. H. Yoyo berharap kegiatan santunan dan tausiah ini bisa terus ada dan bisa diikuti oleh DKM yang lain.

Seperti setiap santunan sebelumnya, disampaikan tausiyah oleh Ustadz Husein Usman. Dalam ceramahnya Ustadz Husein mengajak masyarakat pentingnya bersedekah untuk pada memahami sesama terutama kepada anak yatim. Sebab, kata dia kita tidak bisa hidup sendiri, makan sendiri, minum sendiri tanpa berbagi kepada sesama.

"Menjadi muslim tidak cukup dengan salat namun juga harus diimbangi dengan infak dan sedekah terutama memberi makan anak yatim jika tidak mau disebut sebagai pendusta agama," terang Ustad Husein.

Ustadz Husein juga menyampaikan cerita rasul tentang Jibril yang mendoakan jelek orang yang melewati ramadhan tanpa diampuni dosanya, anak yang durhaka kepada orangtuanya, dan ketika nama rasul disebut tidak bersalawat. kewajiban dan keutamaan puasa ramadhan serta anjuran menjaga sunnah selama ramadhan, kewajiban berbakti terhadap orang tua dan mengingatkan 4 kalimat yang disukai Allah.

Ricky Suhendar Lurah Kayuringin Jaya mengapresiasi konsistensi melakukan santunan yatim setiap bulannya tanpa putus. sebelumnya Camat Bekasi Selatan Karya Sukma Jaya saat menghadiri acara syukuran kantor FKRW dan santunan sabtu 04 maret 2023 menyampaikan apresiasi atas konsistennya kegiatan santunan yang sudah berjalan beberapa tahun ini. 


"Alhamdulillah ini (Santunan) bersama 6 DKM Masjid yang ada di Kayuringin Jaya sudah bergabung dalam kegiata santunan rutin tiap bulan, in inkonsistensi yang luar biasa, tidak pernah putus tapi rutin setiap bulannya," kata Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar.

Lurah Ricky Suhendar juga menyampaikan informasi, pada Selasa 11 April nanti akan ada shalat tarawih bersama di masjid Al- Ittihaad dengan Plt. Wali Kota dan pejabat terkait.
 
Seperti biasanya lurah Ricky memberikan hadiah pada anak-anak yang berani tampil dii depan yang berani membaca hafalan surat, melantunkan adzan atau Doa. 

"Alhamdulillah masjid ini telah bergabung dalam kegiatan santunan anak yatim. Kita juga menghimbau kepada adik-adik, saya berharap setelah shalat tarawih atau mengajk langsung pulang jangan nongkrong ataupun ngumpul di luar, karena sudah ramai sekali kriminalisasi dan kegiatan negatif seperti perang sarung, perang sarung ini sangat berbahaya, sarung isinya bukan lagi barang yang ditutupi, tapi terkadang sampai benda-benda keras bahkan benda tajam. kita himbau kepada adik-adik tidak melakukan hal itu takutnya nanti ada pemicu keributan.Isi dengan kegiatan ibadah seperti membaca Alquran dan lain lain InshaAllah itu lebih berkah." tutup Ricky Suhendar.