Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Jelang Hut Kota Bekasi, Kecamatan Pondok Melati Gelar Lomba Hadroh




REFORMASI-ID 🇮🇩 | Bekasi - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi Ke-26, Kecamatan Pondok Melati menggelar lomba Hadroh yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Pondok Melati. Acara diadakan di Pendopo Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Selasa, (14/02/2023). 

Kesenian Hadroh adalah salah satu kesenian khas islami yang mendapat tempat di hati umat Islam. Seni ‘terbang’ yang berirama menghentak, rancak, dan variatif membuat kesenian ini banyak digandrungi. 

Hadroh merupakan budaya yang tumbuh bersama-sama asimilasi antara budaya Timur Tengah dengan Indonesia khususnya Sunda. Seni Hadroh paling banyak diminati dan bahkan menjadi ekskul di sekolah-sekolah, pondok pesantren dan mulai semarak pula di kampus-kampus.

Lomba Hadroh yang digelar di Pendopo Kecamatan dihadiri Camat Pondok Melati, Heni Setiowati, Sekretaris Kecamatan Sudarsono, Kasie, Kasubag dan jajaran, dewan juri, Lurah se-Kecamatan Pondok Melati, Ketua RW, Ketua RT dan para tokoh.



Camat Pondok Melati Heni Setiowati berharap dalam penilaian harus sportifitas dan jadikan momen ini sebagai penguat mewujudkan Kota Bekasi sebagai Kota Ihsan dan Pacasila. Lomba Hadroh ini bukan sekedar sebagai ajang kreatifitas namun juga sebagai syiar nilai-nilai luhur agama Islam.

“Menjunjung tinggi sportifitas, jadikan momentum ini sebagai penguat untuk terwujudnya Kota Bekasi yang Ihsan. Selain sebagai ajang berkreatifitas namun ini juga bagian dari syiar nilai luhur agama Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin, semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat dan kedepan lebih maju lagi, karena selain memeriahkan kami juga memberdayakan segala potensinya," kata Heni Setiowati. 

Heni juga mengungkapkan rasa apresiasi dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Lomba Hadroh se-Kecamatan Pondok Melati.

“Bangga, rasa apresiasi dan terimakasih kepada penyelenggara, panitia, para Lurah, peserta dan semua yang terlibat dalam kegiatan lomba ini, semangat kebersamaan jelang HUT ke-26 Kota Bekasi," ungkap Heni. 

Heni juga mengucapkan selamat berlomba kepada para peserta dan meminta agar siapapun yang keluar sebagai juara untuk tidak berpuas diri, terus mengasah potensi yang dimiliki, sedangkan yang belum menjadi juara tidak perlu berkecil hati tetap semangat dan terus berlatih.



Sementara itu Sudarsono Sekretaris Kecamatan Pondok Melati menyampaikan bahwa Seni Hadroh merupakan ciri khas kesenian yang identik dengan kultur masyarakat Kota Bekasi. Lomba ini sebagai ajang silaturahmi antar peserta serta mengasah bakat dan minat dibidang seni Hadroh yang pada hakikatnya merupakan media atau sarana untuk syi’ar dan dakwah Islam. Sebuah strategi dakwah yang penuh kelembutan dan menjunjung kearifan lokal.

"Selain dari apa yang disampaikan bu Camat tadi, program ini dalam rangka meningkatkan kegiatan Pondok Melati, kegiatan bu Camat sangat padat, dan setelah Hadroh akan ada kegiatan-kegiatan lain menyusul, seperti futsal, gerak jalan massal dalam rangka menyambut HUT Kota Bekasi, Pondok Melati akan terus eksis, akan terus mendukung program pembangunan Kota Bekasi untuk menciptakan Kota Bekasi yang keren. Jadi kami berlomba dengan Camat dalam rangka mendukung program Plt. Wali Kota Bapak Tri Adhianto," Jelas Sudarsono. 

Sementara Lurah Jatiwarna Karyadi yang hadir mendampingi peserta Hadroh menyampaikan, bahwa masyarakat Kota Bekasi dalam rangkaian HUT Kota Bekasi ini melalui perlombaan Hadroh untuk selalu menumbuhkan rasa jiwa patriotisme.

"Dengan Hadroh masyarakat terhibur, selain itu sebagai ajang silaturahmi. Kegembiraan ini bukan hanya perorangan, melainkan seluruh warga Kota Bekasi Khususnya Pondok Melati harus senang dan gembira,” katanya. 

Lomba Hadroh disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Pondok Melati dimana diikuti sebanyak 5 grup Hadroh (Khairukum, Arroyani, Al Falah, Darul Ilmu, Al Amanah).

Setelah melalui penilaian oleh Dewan Juri, seni Hadroh Al Falah dari Kelurahan Jatirahayu meraih juara pertama, disusul seni Hadroh Arroyani dari Kelurahan Jatiwarna juara Kedua dan seni  Hadroh Khairukum dari Kelurahan Jatimelati juara ketiga. Dengan demikian para juara akan mengikuti Lomba Seni Hadroh tingkat Kota Bekasi.

(Agus W)