Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Jaga Transparansi, Ketua RW 020 Kayuringin Jaya Dipilih Secara Langsung






REFORMASI-ID ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ | Kota Bekasi - Pemilihan  Ketua Rukun Warga (RW) 020 Kelurahan Kayuringin Jaya berlangsung layaknya pemilihan umum Legislatif dan pemilihan umum presiden. Pemilihan ketua RW dilaksanakan di sekretariat RW 020 Jalan Intan lll Bumi Satria Kencana, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (15/01/2023).

Warga RW 020 Bumi Satria Kencana Kelurahan Kayuringin Jaya dengan Heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakatnya hari ini mengikuti pesta demokrasi tingkat Rukun Warga (RW). Salah satu cara panitia agar warga merasa nyaman dan mengikuti sampai penghitungan suara selesai adalah dengan melibatkan pelaku UMKM yang menjajakan berbagai macam makanan, minuman dan pakaian, sehingga warga dengan nyaman menunggu sampai akhir acara. Kesigapan panitia terlihat saat mendatangi rumah warga yang sakit yang tidak bisa hadir untuk melakukan pencoblosan.

Ketua panitia pelaksana Rizky Novadi dalam bincang dengan LUGAS usia acara mengatakan, pelaksanaan pemilihan ketua RW berhasil atas kerjasama panitia dan semua warga yang mendukung sampai acara pemilihan RW selesai. Untuk mensukseskan acara Rizky Novadi yang di daulat menjadi ketua panitia pelaksana melibatkan semua ketua RT dan Karang Taruna. 

" Alhamdulillah dalam rapat-rapat persiapan kami selalu kompak dan memberikan ide-ide yang baik dan masuk akal dan muncul inovasi kreatif sehingga acara pemilihan RW berlangsung dengan penuh semangat kekeluargaan dan warga merasa senang. Seperti sebelum masuk lokasi pemilihan RW kami arak kedua calon ketua RW keliling komplek dengan naik delman dan diringi alat musik angklung. Sambil keliling komplek kami woro-woro mengingatkan ke warga untuk hadir melakukan pencoblosan di kantor sekretariat RW. Dengan upaya yang dilakukan panitia menambah semarak pesta demokrasi di RW 20 yang kami lakukan secara langsung dan transparansi terjaga," Kata Rizky.

Selain calon ketua RW diarak dengan delman diringi angklung, warga RW 20 gelar pesta makan bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur sumsum. Untuk memeriahkan pesta demokrasi RW 20 digelar bazar UMKM dengan berbagai makanan, minuman dan pakaian yang dijual.

Walaupun warga yang melakukan pemilihan Ketua RW hanya perwakilan satu orang dalam satu kepala keluarga (KK), namun dalam pelaksanaannya terlihat antusias.

Kandidat ketua RW 020, Daryanto dan Ridwan Bawie duduk di kursi yang sudah disediakan panitia pemilihan untuk dilihat oleh warga pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ricky Suhendar Lurah Kayuringin Jaya menyampaikan bahwa pemilhan Ketua RW dengan cara aklamasi ataupun langsung tidak memiliki perbedaan signifikan.

"Asalkan masing-masing calon dan Ketua terpilih bisa menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tidak amanah warga yang menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan kehidupan sosial menjadi kacau. Dalam pemilihan RW 020 ini saya mengapresiasi, tampak sekali antusias warga dan kelihatan matang persiapanya. Bahkan lihat melibatkan  pelaku UMKM, ini menurut saya sangat baik dan bisa menjadi contoh. Untuk yang terpilih maupun tidak terpilih yang pasti tetap menjaga amanah untuk kemajuan wilayahnya, seperti adanya banjir di sini karena memang ada di dataran rendah, walaupun begitu tetap kita berupaya terus dan alhamdulilah sekarang mulai  berkurang. 
Pemilihan RW dengan antusias warga dan kerapihan acaranya menjadi barometer tentunya, dan berharap nanti saat pileg dan pilpres juga seperti ini. Saya berharap siapapun yang jadi Ketua RW tetap amanah dan siap bersinergi dengan semua pihak," tandas Ricky.

Pemilihan ketua RW 020 dihadiri Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya, Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar dan jajaran, staf dan pamor, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua RW 020 Ridwan Bawie, para Ketua RT, para tokoh masyarakat dan tokoh agama, linmas, kader PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna dan warga RW 20 Bumi Satria Kencana.

Pada kesempatan itu, Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya mengajak Ketua RW dan RT bersama-sama membangun wilayah Kelurahan Kayuringin Jaya .

“Saya berharap Ketua RW terpilih  tetap amanah dan mampu menjalankan program-program dan kebijakan Pemerintah, yang mana tanpa ada dukungan dari para RW dan RT semua program itu tidak dapat berjalan. Maka dari itu mari kita bersama-sama membangun  Kelurahan Kayuringin Jaya khususnya RW 20 Bumi Satria Kencana menuju yang lebih baik dan lebih maju lagi,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada RT dan RW agar kembali membudayakan gotong royong dan kerja bakti dilingkungan masing-masing. Hal itu dimaksudkan agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Salah satu warga, Oyok Sulasiyo mengungkapkan bahwa pemilihan ketua RW 020, yang diikuti warga dari sembilan (9) RT ini berlangsung  ramai dan meriah seperti pemilihan legislatif dan presiden

"Sangat demokratis, bahkan mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan," tutur Oyok Sulasiyo. 

Dalam pemilihan Ketua RW 020, Daryanto memperoleh suara 155 dan Ridwan Bawie 92 suara. Dengan demikian Daryanto terpilih menjadi ketua RW periode 2023-2028.

Menjadi ketua terpilih Daryanto  mengucapkan terimakasih kepada warga RW 020  yang telah mempercayakan untuk memimpin lingkungan.

"Saya berharap kita bisa bersinergi dalam membangun lingkungan, karena tanpa kerjasama tentunya saya bukan siapa siapa. kedepanya kita kembali tingkatkan seperti gotong royong, menjalin silaturrahmi dalam hal ke agamaan dan kemasyarakatan dan kita tingkatkan keamanan lingkungan. Mudah- mudahan semua elemen masyarakat lingkungan RW 020 bisa bersinergi dengan semua pihak terkait," pungkas Daryanto.